10 Cara Setting Speaker Di Komputer Windows 7 Paling Benar dan Mudah

Sound yang tidak berbunyi menjadi masalah tersendiri bagi pengguna komputer. Selain menjenuhkan, notifikasi yang masuk ke komputer kadang terabaikan. Kita tahu bahwa notifikasi biasanya masuk ke komputer disertai dengan bunyi tertentu. Anda akan melihat video anda sebagai pantomim tanpa speaker yang aktif pada komputer. Jadi sebenarnya, mengaktifkan speaker pada komputer itu harus. Kali ini kami akan menguraikan bagaimana cara setting speaker di komputer Windows 7.

ads

Jika membandingkan tampilan Windows XP dan Windows 7, memang mengalami banyak perubahan. Windows XP memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satunya yaitu Windows XP terkesan simpel, dan bisa jadi sangat simpel. Sehingga untuk mengatur menu-menu pada hardware haru lewat control panel terlebih dahulu. Sedangkan Windows 7 diberikan desain yang sudah cukup modern. Efek-efek yang timbul pada Windows 7 lumayan membuat mata tidak sebosan menatap Windows XP. Namun Windows 7 mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri dibanding Windows XP.

Poin yang penting dalam Windows 7 adalah, disediakannya kemudahan ketika kita ingin mengakses sesuatu. Misalnya untuk sound, anda cukup mengklik kanan icon speaker pada taskbar bagian kanan bawah. Maka akan tersedia menu pilihan. Jika anda ingin mengatur sound speaker anda, cukup klik sound. Anda bisa mengatur speaker sound pada komputer sesuai dengan keinginan anda. Jika anda sering membuka aplikasi pemutar video tertentu, misalnya vlc, media player, dsb, maka akan tersedia ikon-ikon pilihan untuk pengaturannya.

Cara Setting Speaker Windows 7 setelah Upgrade Windows XP

Windows 7 diciptakan sebagai penyempurna Windows XP. Tapi perbedaan kedua windows ini tidak terlalu banyak. Sehingga ketika anda baru saja mengupdate windows anda ke versi Windows 7, anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti.

Ketika anda menginstal Windows 7 dari XP, biasanya anda langsung bisa menjalankan komputer anda sesuai dengan fungsinya. Dari printer, monitor, speaker. Namun jika sound tidak langsung bisa dimunculkan bagaimana? Perhatikan cara-cara di bawah ini :

  • Memasang Soundcard dan Jack Audio dengan Benar

Soundcard adalah kartu suara pada sebuah komputer. Fungsi soundcard untuk mengolah data berupa audio dan suara. Kemudian data dikeluarkan melalui speaker. Soundcard bisa berupa onboard atau dedicated soundcard. Soundcard yang berjenis dedicated soundcard menghasilkan kualitas suara yang lebih baik karena bekerja lebih maksimal.

Memeriksa soundcard pada komputer adalah langkah pertama yang penting dalam setting speaker pada komputer anda. Pastikan anda memasang soundcard pada CPU dengan benar. Periksa keadaan motherboard juga untuk memastikan bahwa soundcard memang sesuai. Hardware yang penting lainnya adalah jack audio. Ini penting karena berfungsi untuk mengirim suara ke speaker.

  • Setting BIOS

Setelah langkah pertama anda lakukan, cara setting speaker di komputer Windows 7 selanjutnya adalah setting BIOS pada komputer anda. BIOS adalah kependekan dari Basic Input Output System. BIOS merupaka software yang mengatur hardware pada komputer misalnya CPU, RAM, VGA Card, Keyboard, Hardisk Drive, DVD/CD drive, dan hardware lainnya. BIOS bekerja ketika komputer mulai dinyalakan. BIOS akan melakukan inisialisasi terhadap perangkat keras apa saja yang ada dan terhubung dengan komputer.


BIOS bisa diakses dengan menekan tombol F2 dan Delete secara bersamaan. Ini bisa berbeda pada setiap merk komputer. Biasanya ketika pertama kali dinyalakan, akan ada ‘Press F2 to enter setup’. Berarti cara masuk ke BIOS pada komputer adalah dengan menekan tombol F2. Kemudian anda harus mempelajari cara setting BIOS untuk sound dengan benar. Jika anda tidak masuk bisa masuk bios, silahkan pelajari penyebab mengapa tidak masuk ke bios .

  • Uninstal Driver dan Update Driver Sound

Pengupdatean windows anda mempengaruhi versi driver sound juga. Sehingga driver anda tidak lagi kompatibel dengan Windows 7. Anda bisa mendownload driver sound untuk Windows 7 di internet secara bebas. Instal, kemudian cobalah speaker anda. Driver untuk sound yang umum digunakan di windows 7 adalah Realtek Audio Driver. Namun jika anda ingin mencoba yang lain, bisa saja. Tapi untuk segera mengaktifkan speaker anda, disarankan menggunakan driver sound yang paling umum ini.

  • Periksa Jumper Sound Motherboard

Jika cara-cara di atas belum berhasil mengaktifkan speaker anda, waktunya anda memeriksa motherboard anda. Lepaskan front jack audio, lalu pasang sesuai dengan tutorial pemasangan jumper sound pada motherboard yang banyak diulas di internet.

Jumper berfungsi seperti konektor. Perangkat ini menghubungkan CPU dengan hardwarenya, antara lain motherboard, Hard disk, optical disk, vga card, soundcard, dan sebagainya yang ada dalam sebuah CPU. Jumper sound terdiri dari 10 pin yang masing-masing pin memiliki fungsi tertentu. Tidak normalnya 1 pin saja dari 10 pin ini bisa menyebabkan speaker tidak mengeluarkan suara. Biasanya masalah jumper sound ini dianggap sebagai masalah pada motherboard, karena menyambung langsung. Tapi anda jangan gegabah dengan menganggap motherboard bermasalah sebelum memeriksa koneksi jumper sound ini.

Itulah beberapa cara mengaktifkan speaker pada Windows 7 jika anda baru saja menginstal windows anda dari XP ke 7. Cara yang kedua adalah jika anda memang baru saja mau mengaktifkan sound pada Windows 7. 


Cara Mengaktifkan Speaker pada Windows 7 :

Jika anda memang baru saja akan mengaktifkan speaker pada Windows 7. Maka ikuti langkah berikut ini :

  1. Instal aplikasi yang dapat mengaktifkan suara pada windows. Dalam hal ini, aplikasi yang sering digunakan adalah Realtek Audio Driver. Anda bisa mendapatkan drivernya di internet dan mendownloadnya secara bebas. Karena aplikasi ini digunakan hampir di semua windows 7, 8, 10. Untuk windows 7, anda mendownload Realtek 64bit.
  2. Cara instal Realtek seperti biasa, anda tinggal mengikuti petunjuk saja. Next, next, next, sampai selesai.
  3. Ketika ada perintah mematikan komputer, merestart komputer, lebih baik anda abaikan saja dahulu.
  4. Setelah Realtek Audio Driver Terinstal, cek lah audio anda di control panel. Bisa juga lewat C kemudian Program Files – Realtek – Audio – HDA.
  5. Carilah file dengan nama “RAVCpl64”. Kemudian open, atau klik dua kali.
  6. Carilah icon di sebelah kanan atas bergambar folder. Lalu klik
  7. Kemudian akan muncul box petunjuk yang lain berbunyi “Disable front panel jack detection”. Kotak yang berada di kanan tulisan, silahkan dicentang. Setelah itu klik ok.
  8. Jika tidak ada masalah, maka speaker anda sekarang sudah aktif.

Itulah beberapa ulasan kami tentang cara mengaktifkan speaker pada Windows 7. Windows 7 adalah OS yang paling banyak digunakan pengguna komputer saat ini. Bahkan jika dibandingkan dengan windows di atasnya, orang lebih memilih Windows 7 karena penggunaannya lumayan mudah.

, ,
Oleh :
Kategori : Hardware