7 Jenis Kerusakan Keyboard Laptop dan Penyebabnya

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada laptop adalah adanya kerusakan pada keyboard. Berbagai penyebab bisa menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Keyboard yang menjadi salah satu perangkat keras dari laptop tentu akan sangat mengganggu ketika tidak bisa digunakan dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Apalagi bagi anda yang menggunakan keyboard sebagai alat utama untuk mengerjakan kebutuhan tentu akan sangat terganggu ketika keyboard tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Ada beragam jenis kerusakan keyboard yang menjadikan keyboard tidak berfungsi. Berikut ini beragam jenis kerusakan keyboard pada laptop lengkap dengan bagaimana cara mengatasinya.

ads

Baca Juga:

Jenis jenis Kerusakan Pada Keyboard Laptop

  1. Sebagian Keyboard tidak berfungsi

Pada saat anda mengetik anda bisa menggunakan sebagian tombol keyboard laptop namun sebagian lagi mati alias tidak bisa digunakan. Tombol yang tidak berfungsi tersebut tetap tidak bisa memunculkan huruf, meksipun sudah anda tekan dengan keras.

  1. Keyboard Mengetik Sendiri

Keyboard yang rusak juga biasanya bermasalah dalam kondisinya. Meskipun tidak digunakan dan tidak digunakan untuk mengetik namun keyboard bisa beroperasi sendiri. Misalnya saja saat anda menyalakan atau menggunakan keyboard tiba-tiba tombol A pada keyboard melakukan aktivitas sendiri hingga muncul huruf A dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan sangat menganggu apalagi jika tombol yang melakukan fungsinya sendiri merupakan tombol yang rawan seperti tombol delete ataupun tombol enter.

  1. Keyboard tidak berfungsi sama sekali

Jenis kerusakan yang satu ini bisa dikatakan menjadi kerusakan yang paling parah yang terjadi pada keyboard laptop anda. Keyboard laptop sudah tidak bisa digunakan sama sekali baik itu untuk tombol angka, huruf, symbol ataupun fungsi sekalipun.

  1. Tombol yang ada pada keyboard tertukar

Kondisi kerusakan ini bisa dilihat dimana semua tombol keyboard bisa digunakan saat ditekan namun tidak berfungsi sebagai mestinya. Misalnya saja jika anda menekan huruf H, J, K L, O, I, P justru yang muncul malah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Meskipun sangat sepele namun tentu saja akan sangat menganggu terutama bagi anda yang memiliki pekerjaan dengan laptop yang sangat membutuhkan keyboard.

Baca Juga:

  1. Laptop Tidak Bisa Dihidupkan

Ketika keyboard mengalami konrsleting bisa saja berakibat pada kondisi laptop yang kemudian tidak mau dinyalakan sehingga laptop menjadi mati. Ketika laptop dinyalakan malah justru akan membuat laptop menjadi blank dan tidak bisa menyala. Dan ketika keyboard tidak dipasang laptop bisa menyala dan normal. Hal ini menjadi tanda jika keyboard mengalami masalah dan menyebabkan laptop tidak bisa berjalan dengan baik.

  1. Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Kondisi laptop yang sudah rusak namun terlalu dipaksakan bisa merembet ke software dari laptop itu sendiri. Laptop membutuhkan ditekan terlebih dahulu untuk bisa booting dan masuk ke menu windows. Meskipun bukan kerusakan yang berarti, namun hal ini jika dibiarkan juga akan menimbulkan kerusakan yang semakin parah pada laptop terutama pada keyboard.

Baca Juga:

Penyebab Kerusakan Keyboard Laptop

  1. Laptop Terlalu Panas

Penggunaan yang terlalu lama pada laptop akan menimbulkan panas. Hal ini jika dibiarkan saja akan menarik debu ataupun kotoran kecil lainnya untuk masuk kedalam keyboard dan membuatnya menempel pada bagian keyboard. Celah-celah yang ada pada keyboard menjadi satu jalan utama untuk debu-debu bisa masuk kedalam keyboard laptop tersebut dan menghalangi papan keyboard untuk ditekan dan menyebabkan keyboard laptop menjadi tidak berfungsi.

  1. Cara Menggunakan yang Salah

Kerusakan keyboard laptop juga sering diakibatkan karena penggunaan yang salah. Menggunakan keyboard dengan terlalu kasar ataupun menekan tooth keyboard dengan keras bisa menyebabkan keyboard pada laptop mudah untuk rusak. Hal ini diakrenakan ketika penggunaan terlalu kasar akan menyebabkan tooth pada keyboard menjadi menempel pada papan elektronik keyboard. Hal ini bisa mengakibatkan adanya bunyi beep yang panjang saat dihidupkan, tombol pada keyboard tidak berfungsi dengan baik hingga adanya tombol yang menekan secara terus menerus.

  1. Masuknya Benda Asing pada Keyboard

Benda-benda yang kecil seperti rambut, debu ataupun berbagai benda lainnya juga bisa menjadi penyebab kerusakan pada keyboard laptop. Benda-benda asing ini akan menjadi debu dan sampah yang tertimbun pada tooth keyboard sehingga menimbulkan masalah yang baru dari keyboard tersebut. Apalagi jika yang masuk kedalam keyboard laptop tersebut adalah air, sudah dipastikan akan menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi lagi.

Cara Memperbaiki Kerusakan Keyboard Laptop

  • Cari Penyebab Kerusakan

Sebelum memulai membongkar dan melakukan tindakan yang lebih lanjut, diagnosis terlebih dahulu apa yang menjadi kerusakan pada keyboard laptop tersebut. Apakah kerusakan terjadi diseluruh keyboard, hanya sebagian keyboard saja, keyboard yang terus tertekan ataupun permasalahan lainnya. Cara untuk mendeteks ini bisa anda lakukan dengan cara menekan tombol keyboard satu persatu dan analisa kerusakan yang terjadi pada laptop tersebut.Dengan mengetahui kerusakan ini maka anada bisa membenarkan keyboard pada laptop dengan cara yang tepat.


  • Lakukan Restart Laptop

Sebelum anda melakukan tindakan yang lebih lanjut lagi, anda bisa melakukan restart laptop anda terlebih dahulu. Dengan melakukan restart laptop ini bisa mengatasi berbagai masalah salah satunya juga berhubungan dengan kerusakan pada keyboard. Melakukan restart juga bisa anda lakukan dengan cara yang menggunakan menu shutdown ataupun anda juga bisa untuk langsung menekan tombol power yang ada pada laptop.

  • Periksa Num Lock

Jika permasalahan yang muncul pada keyboard adalah tombol yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, anda bisa memeriksa terlebih dahulu Num Lock yang ada pada keyboard. Biasanya Num Lok akan aktif secara tidak sengaja karena dalam penggunaannya anda juga tidak sadar menekan tombol yang menyebabkan fungsi tombol menjadi aktif. Jika dibiarkan tentu saja hal ini akan menjadikan keyboard menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik. Cara untuk mengembalikan keyboard kedalam fungsi yang baik dan benar adalah dengan menekan tombol “Fn” atau “Numlk” seccara bersamaan dalam waktu yang cukup lama.

  • Bersihkan Debu dan Kotoran

Debu dan juga kotoran yang bisa menutup pada keyboard akan membuat keyboard menjadi cepat rusak. Oleh karena itu ada baiknya untuk terus memeriksa dan membersihkan keyboard dari berbagai debu dan juga kotoran. Semakin hari tentu akan semakin banyak kotoran yang mengendap pada keyboard oleh karena itu bersihkan secara berkala untuk keyboard yang bisa digunakan secara terus menerus.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Keyboard