Home » Tekno » Youtube » Inilah Cara Mengembalikan Akun Youtube Suspend dengan Cepat

Inilah Cara Mengembalikan Akun Youtube Suspend dengan Cepat

by Elang Hendy Subrata

Beberapa tahun ini di jagat dunia maya tengah fenomenal para youtuber-youtuber baru yang cukup menyita perhatian. Hal tersebut tida terlepas dari perkembangan jaringan komputer di seluruh dunia. Beberapa alasan orang menjadi Youtuber pun bermacam-macam. Mulai dari cara membuat akun youtube channel yang mudah dilakukan hingga dapat menjadi salah satu profesi yang cukup menggiurkan.

Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika banyak sekali Youtuber-Youtuber baru yang bermunculan. Akan tetapi, keuntungan dan kerugian jadi Youtuber tetaplah harus diperhatikan. Khususnya ketika berhadapan dengan kasus hak cipta atau copyright. Salah satu penyebab video youtube di cekal di berbagai negara adalah karena melanggar hak cipta.

Akibat dari pelanggaran hak cipta dari Pihak Youtube adalah akun Youtube kamu akan dihentikan atau suspend. Otomatis, aliran dana dari akun yang telah dimonetisasi juga akan diblokir. Meskipun seperti itu, pada dasarnya akun yang terkena suspend masih bisa diajukan banding untuk dapat diaktifkan kembali. Oleh karena itu, untuk dapat mengembaikan akun Youtube yang telah kena suspend, berikut tahapan-tahapannya.

Masukan data-data lengkap

Pada dasarnya, Youtube menyediakan sebuah fitur untuk dapat mengajukan banding terhadap akun yang telah kena suspend akibat melakukan pelanggaran. Pertama-tama, masuklah ke akun Youtube menggunakan akun yang sudah terkena suspend. Jika sudah, maka akan muncul halaman yang menyatakan “penghentian akun”.

Di halaman tersebut, kamu dapat memasukan biodata secara lengkap yang isinya meliputi hal-hal berikut:

  1. Nama lengkap

Isilah nama lengkap kamu atau gunakan nama yang kamu isi pada akun yang telah terkena suspend. Untuk bagian ini kamu harus benar-benar teliti. Jangan sampai ada satu huruf yang berbeda dengan huruf yang digunakan pada akun yang telah terkena suspend.

  • Alamat Gmail

Masukan alamat Gmail yang telah terkena suspend dari Youtube. Sama halnya dengan poin pertama, tuliskan alamat Gmailnya sesuai dengan alamat gmail yang telah terkena suspend.

  • Alamat email yang dapat dihubungi

Untuk bagian ini, ada tiga pilihan yang bisa kamu ambil. Pertama, kamu bisa menggunakan alamat email yang sama dengan alamat email yang terkena suspend. Sebab, meskipun akun tersebut telah terkena suspend, alamat email tersebut masih dapat mengakses gmail maupun fitur lainnya kecuali Youtube.

Pilihan kedua adalah menggunakan alamat email lain dari akun yang sama. Contohnya saja, kamu memiliki akun Google lebih dari satu, maka kamu dapat menggunakan akun Google lainnya untuk ditambahkan ke alamat email yang bisa dihubungi.

Dan pilihan yang ketiga adalah menggunakan akun email dari platform yang berbeda. Contohnya saja kamu memiiki akun dari Yahoo, Hotmail, atau Platform yang lainnya. Kamu dapat menggunakan email tersebut untuk dijadikan pilihan berikutnya.

  • URL Channel Youtube

Bagian berikutnya yang tidak kalah penting adalah URL channel Youtube yang sudah terkena suspend. Bagian ini sangatlah penting untuk dapat mengembalikan channel Youtube yang telah terkena suspend. Jika kamu sampai tidak mengingat alamat URL-nya maka, channel Youtube tidak akan pernah bisa dikembalikan. Namun, janganlah khawatir, setiap kegiatan yang kamu lakukan di channel Youtube, pasti akan selalu masuh ke dalam Gmail. Cobalah kamu cek satu-persatu email yang berhubungan dengan channel Youtube yang terkena suspend.

Kirim Data

Setelah kamu memasukan data-data yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah kamu tinggal mengirimkannya dengan klik tombol “Kirim”. Jika berhasil, maka kamu akan masuk ke dalam halaman yang berisi data kamu sudah berhasil dikirimkan ke pihak Youtube. Pada umumnya, setelah kamu mengirimkan data-data tadi, maka akan ada sebuah email yang masuk. Isinya mengenai akun Youtube kamu benar-benar disuspend dan sedang dalam masa banding.

Untuk dari sisi waktu untuk kembali dipulihkan sangat tergantung dari respon pihak Youtube sendiri. Pada umumnya, paling cepat akun kembali aktif adalah satu bulan dari masa pengajuan banding. Akan tetapi, itu pun juga tidak pasti. Sebab, pihak Youtube akan kembali meninjau ulang akun Anda apakah benar melanggar peraturan mengenai hak cipta atau tidak. Jika bukti-buktinya kurang kuat, maka akun Youtube kamu akan dapat kembali diaktikan.

Perlu kamu perhatikan bahwa Youtube sangatlah ketat terhadap channel-channel yang melanggar hak cipta. Oleh sebab itu, kamu harus mempelajari cara lolos copyright Youtube agar kamu dapat lebih memahami bagaimana caranya membuat konten Youtube tanpa harus melakukan pelanggaran hak cipta.

Selain itu, jika kamu menginginkan tambahan subcriber baru, kamu dapat mempelajari cara mendapatkan subscriber gratis dengan cepat dan tentunya tidak akan melanggar peraturan Youtube yang telah dibuat. Buatlah manfaat Youtube dapat dirasakan oleh para penonton dan tidak terlalu mengejar keuntungan semata. semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan dan juga informasi yang berguna untuk kamu semua.    

You may also like