Home » Software » Mobile Software » Inilah 6 Cara Agar Instagram Tidak Memutar Video Otomatis

Inilah 6 Cara Agar Instagram Tidak Memutar Video Otomatis

by Elang Hendy Subrata

Instagram merupakan sebuah media sosial yang memilki keunikan karena dapat membuat status menggunakan video maupun sebuah gambar. Status yang menggunakan gambar atau video tersebut dinamakan instastories. Seiring dengan berjalannya waktu instagram pun mulai melakukan beberapa perubahan terutama pada bagian pemutaran video. Bagi kamu yang pernah melihat status seseorang yang menggunakan video, maka secara otomatis video tersebut akan diputar. Di sau sisi hal ini cukup menguntungkan untuk kamu. Sebab, kita tidak perlu mengetuk video tersebut untuk menontonnya.

Akan tetapi, di sisi lain, pemutaran video tersebut juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang pertama adalah hal tersebut merupakan penyebab kuota internet cepat habis. Perlu kamu ketahui bahwa pemutaran video membutuhkan data yang cukup besar. Semakin tinggi kualitas video yang diputar dan semakin panjang durasinya, maka data yang digunakan pun semakin banyak. Maka dari itu, jika kamu menggunakan internet dalam bentuk kuota akan sangat terkuras.

Kekurangan lainnya dengan memainkan video secara otomatis adalah ketika ada video yang kurang pantas ditonton. Sudah tidak mengherankan jika semua video yang dibagikan dalam media sosial itu dapat diakses secara bebas. Artinya video yang menampilkan kekerasan, maupun video yang berbau pornografi pun dapat diakses selama beberapa menit sebelum akhirnya diblokir atau disensor oleh media sosial bersangkutan. Bisa kamu bayangkan ketika kamu sedang asyik melihat-lihat status di Instagram tiba-tiba ada video yang tidak pantas otomatis diputar di khalayak umum. Tentunya hal tersebut membuat kamu kaget atau bahkan malu.

Oleh sebab itu, kita perlu untuk mematikan fitur video otomatis tersebut pada instagram. Untuk dapat mematikan fitur tersebut, maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama-tama bukalah intagram milikmu di smartphone
  2. Setelah itu, masuklah ke bagian profil dan klik bagian titik tiga dibagian pojok kanan
  3. Jika sudah membukanya, maka lihatlah pada bagian “Cellular Data Use”. Jika kamu menggunakan bahasa Indonesia maka tulisannya adalah “Penggunaan data Selular” lalu klik.
  4. Selanjutnya, kamu akan masuk ke halaman “Penggunaan Data Seluler” atau “Cellular Data Use”. Di sana kamu klik “Use Less Data” atau jika menggunakan bahasa Indonesia adalah “Gunakan sedikit data”.
  5. Jika icon centangnya sudah menyala, maka kamu telah berhasi mengaktifkannya
  6. Selesai.

Dengan mengaktifkan fitur “Use Less data” atau “gunakan data sedikit” maka video yang akan diputar secara otomatis akan terhenti dan hanya akan menampilkan sebuah preloading atau jika meminjam istilah Youtube adalah thumbnail. Perlu kamu perhatikan bahwa fitur ini tdak hanya menghentikan video dimainkan secara otomatis saja, tetapi juga foto pun terlihat kurang jelas.

Hal tersebut disebabkan oleh fitur penghematan tadi. Jika sebelumnya foto yang ditampilkan dalam resolusi yang tinggi, maka foto yang sudah di “kompres” ini akan menampilkan foto yang agak buram atau kualitasnya low quality. Jika kamu ingin melihat foto tersebut dalam kualitas yang tinggi maka kamu tinggal mengeklik foto tersebut. Jika kamu ingin mengunduhnya, kamu bisa mencoba cara download story instagram yang referensinya dapat kamu baca.

Begitu juga dengan video. Jika kamu menginginkan video diputar maka kamu dapat mengeklik tombol play yang bisanyan ada di tengah video. Dengan cara ini, kamu dapat menonton video sesuka hati secara manual. Akan tetapi, jika kamu ingin menonton video dengan kualitas yang lebih rendah, hal tersebut akan sulit dilakukan sebab kualitas video berdasarkan pengaturan sang pengunggah. Jika penggunanya mengunggah video yang low quality, maka kualitas video yang ditonton pun akan low quality juga. Hal ini juga berlaku jika video yang diunggah dalam high quality.

Jika kamu belum memiliki akun instagram, kamu dapat mempelajari cara mendaftar instagram melaui aplikasi di smartphone maupun di komputer. Selain itu, kamu juga dapat membuat video untuk  instastories menggunakan aplikasi edit video android untuk instagram, atau menggunakan cara merotasi video di instagram, dan cara memotong video di Instagram. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

You may also like