4 Cara Memotong Video di Instagram yang Harus Kamu Tahu

Instagram adalah salah satu aplikasi sosial media yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak fitur-fitur yang dimiliki oleh Instagram dan dimanfaatkan oleh user-user atau pengguna-penggunanya. Salah satunya adalah adanya instastory dan juga upload video dengan durasi waktu yang terbatas sesuai dengan batasan yang diberikan oleh Instagram.

ads

Hal tersebut di atas mendatangkan keuntungan sekaligus kerugian tertentu bagi para pengguna Instagram yang ingin mengupload video atau story dengan batasan waktu video tertentu yang dimiliki oleh Instagram. Oleh karena itulah, para pengguna Instagram harus tahu bagaimana cara memotong video di Instagram baik instastory ataupun video yang lainnya. Selain itu, tentunya kita juga perlu mempelajari bagaimana cara menghapus akun Instagram tapi lupa password ketika kita menghadapi masalah tersebut, dan juga berbagai macam masalah yang lainnya.

Memangnya bagaimana saja caranya? Buat kamu yang ingin tahu lebih dalam, maka kamu harus membaca artikel ini sampai tuntas supaya kamu bisa mengetahui apa saja yang bisa dilakukan sebagai cara memotong video di Instagram.

Menggunakan Aplikasi Story Split

Salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai cara memotong video di Instagram meskipun secara tidak langsung adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama story split. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk memecah video yang kamu miliki dengan cara yang mudah dan cepat hanya dengan memanfaatkan telepon genggam yang kamu miliki. Tentu saja ada keterbatasan-keterbatasan yang harus kamu pahami sehingga kamu bisa menempatkan aplikasi ini sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Untuk menegunakan Story Split, cara yang perlu dilakukan cukup mudah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi tersebut, kemudian menginstallnya dan membukanya. Di jendela aplikasi Story Split yang muncul, kamu bisa memulai memilih video yang manakah yang ingin kamu bagi durasi waktunya. Pilihlah salah satu di antara berbagai macam video yang kamu miliki dan ingin kamu bagi ke Insta story atau ingin kamu bagi ke Instagram dalam bentuk video.

Setelah melakukan langkah di atas, tentukan berapa lama part tiap potongan video yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih banyak variasi, termasuk di antaranya memilih ukuran 15 detik tiap video. Setelah itu kamu bisa memilih next dan memilih kualitas video yang akan kamu potong. Kamu bisa memilih yang paling high agar kualitas video yang kamu upload benar-benar bagus. Setelah itu, maka langkah selanjutnya yang diperlukan adalah menyelesaikan dan menunggu proses editing selesai kemudian mengupload video tersebut sesuai dengan keinginanmu. Dengan pilihan video dan hasil yang bagus, maka kamu bisa menggunakan hal ini sebagai cara menambah like di Instagram tanpa hashtag.

Memanfaatkan Pemotong Video Instagram

Aplikasi Instagram sendiri sebenarnya memiliki beberapa fitur dasar yang bisa digunakan untuk melakukan pengolahan video secara mendasar, termasuk salah satu di antaranya adalah melakukan pemotongan video di Instagram. Cara memotong video di Instagram dengan memanfaatkan aplikasi Instagram itu sendiri relatif mudah dilakukan karena tidak diperlukan tambahan aplikasi lain ataupun prasyarat-prasyarat lainnya. Biasanya para pengguna baru yang baru saja melakukan cara mendaftar Instagram sudah bisa menemukan fitur ini.

Untuk melakukan pemotongan video langsung di Instagram, cara yang bisa kamu lakukan adalah membuka aplikasi Instagram yang kamu miliki, kemudian kamu hanya perlu memilih video mana yang ingin kamu jadikan sebagai instastory atau ingin kamu upload di Instagram.


Setelah itu, kamu akan dihadapkan pada pilihan tampilan editing video standar Instagram mulai dari pemotongan video, dan lain sebagainya. Aturlah potongan video agar sesuai dengan bagian yang mana yang ingin kamu tampilkan di Instagram dalam waktu yang terbatas tersebut. Setelah itu kamu bisa melanjutkan proses upload video tersebut karena Instagram akan menyesuaikan video yang kamu upload sesuai dengan pengaturan yang telah kamu pilih.Seperti yang telah disebutkan, hasil posting video yang bagus bisa saja menjadi cara mendapatkan banyak like di Instagram tanpa perlu mengeluarkan sepeser uangpun.

Menggunakan Viva Video

Viva Video adalah salah satu aplikasi pengedit video yang cukup populer di sistem operasi Android. Aplikasi yang satu ini sudah didownload lebih dari 100 juta kali. Kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store.

Mengapa aplikasi yang satu ini begitu populer? Jawabannya ada pada kemampuan yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini dalam melakukan editing video. Ada berbagai macam fitur dan kelebihan dari Viva Video yang bisa kamu nikmati ketika kamu ingin melakukan proses editing Video. Beberapa fitur utama yang dimilikinya antara lain adalah kemampuan dalam memasukkan gambar, teks, menambah rekaman suara, membuat atau menggabungkan musik ke video yang telah kamu miliki, dan berbagai macam kemampuan yang lain.

Selain itu, semua efek, template, judul ataupun transisi antar video bisa kamu download secara gratis di internet. Namun demikian, ada beberapa kekurangan dari Viva Video seperti durasi maksimal video yang diedit hanya lima menit, kecuali kamu membeli Viva Video Pro.

Apabila kamu hanya memiliki kebutuhan untuk mengedit video untuk diupload ke Instagram, maka beberapa kelebihan dari Viva Video di atas tentunya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhanmu. Tentunya kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan yang lain juga.

Menggunakan VideoShow

Selain aplikasi Viva Video, aplikasi editing video lainnya yang juga sangat populer digunakan dan didownload di sistem operasi Android adalah aplikasi VideoShow: Video Editor & Maker. Aplikasi yang satu ini memiliki beragam fitur yang mirip atau mungkin bersaing dengan aplikasi editing video yang lain seperti Viva Video yang telah kita bahas di atas sebelumnya. Dengan VideoShow, kamu bisa melakukan berbagai macam pengolahan video termasuk di antaranya adalah melakukan proses pengolahan video untuk diunggah ke Instagram.

Aplikasi VideoShow memiliki berbagai macam kelebihan, mulai dari bisa mengedit video tanpa batas durasi (walaupun dalam versi free), bisa mengubah suara video ke MP3, tidak memiliki watermark, bisa memangkas beberapa video menjadi satu video, bisa menambahkan berbagai item di atas video seperti teks, gambar, animasi, dan berbagai macam keunggulan yang lain. Hanya saja materi atau fitur ekslusif hanya tersedia untuk pengguna pro saja, selain itu kamu harus upgrade ke pro apabila ingin mengupload atau mengeksport video yang kamu oleh ke kualitas 4K.

Untuk kebutuhan editing video untuk Instagram, sepertinya fitur dari versi free saja sudah sangat mencukupi. Oleh karena itulah, bagi kamu yang ingin mengupload ke Instagram, tidak perlu khawatir apabila memutuskan menggunakan VideoShow sebagai aplikasi dalam cara memotong video di Instagram untuk diupload ke Instagram. Walaupun menggunakan aplikasi pihak ketiga di luar Instagram, akan tetapi fiturnya sudah sangat lengkap dan mumpuni untuk kebutuhan editing yang kamu miliki.

Itulah berbagai macam cara memotong video di Instagram baik langsung ataupun tidak langsung. Semoga dengan informasi di atas bisa menambah wawasan buat kamu yang ingin melakukan editing video untuk keperluan di upload ke Instagram. Jangan lupa untuk mempelajari tips sosial media yang lain seperti misalnya cara memperbanyak followers Twitter ya.

Selamat mencoba berbagai macam cara di atas!

, , , ,