Cara Merotasi Video di Instagram dengan Cepat dan Mudah

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang sangat populer sekarang ini. Cara mendaftar akun instagram pun tergolong mudah. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk membagikan foto, video, lokasi, polling, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, aplikasi ini digunakan untuk mereka yang hobi dengan fotografi. Membagikan hasil jepretan dengan instan atau cepat. Instagram terus mengalami perkembangan atau update. Yang awalnya hanya bisa membagikan foto, kini instagram bahkan bisa membagikan polling, pertanyaan, dam sebagainya.

ads

Kelebihan instagram dibanding yang lain adalah kecepatan dalam uploading foto. Ini terjadi karena memang awalnya instagram digunakan untuk mereka yang hobi dengan fotografi. Namun sekarang instagram bisa digunakan untuk siapapun yang ingin menyampaikan pesan secara visual. Cara merotasi video di instagram pun semakin akrab oleh para pengguna instagram.

Instagram juga merupakan media promosi yang menjanjikan. Pengguna internet memang cenderung tertarik dengan bahasa visual. Dibandingkan dengan media sosial yang lain, instagram memiliki lebih banyak fitur misalnya filter gambar untuk memaksimalkan foto anda sebelum diunggah.

Semakin menarik foto anda, semakin pesan yang ingin anda sampaikan tercapai. Ketika banyak yang tertarik dengan bahasa visual yang dipersembahkan, maka peluang bisnis akan lebih terbuka. Misalnya kepemilikan online shop. Online shop yang telah maju pasti memiliki foto-foto dengan visual yang bagus.

Selain berfungsi sebagai media promosi, banyak pengguna instagram yang terobsesi dengan follower atau pengikut. Semakin banyak pengikut, maka seorang pengguna instagram akan merasa populer. Kepopuleran pun sekarang bisa menjamin kehidupan yang lebih mudah. Misalnya, jika seorang selebgram telah memiliki banyak pengikut, maka dia akan menerima banyak vendor. Bukan tidak mungkin penghasilan anda akan terus bertambah dengan banyaknya vendor yang anda terima.

Jika anda seorang youtuber, penggunaan instagram akan mendukung kepopuleran anda sehingga video anda bisa memiliki banyak vieswers di youtube. Kita semua tahu bahwa viewers youtube juga mempengaruhi kesejahteraan seorang youtuber. Itu adalah salah satu manfaat youtube .

Untuk mendapatkan followers instagram yang banyak, tentu akun instagram anda disarankan memiliki ciri khas yang menarik. Foto-foto maupun video yang diupload pun harus dibuat sebagus mungkin. Aplikasi ini sudah memiliki banyak filter atau fitur edit untuk file foto maupun video yang ingin anda bagikan.

Apa yang bisa diupload di instagram? Untuk postingan, sementara instagram dapat mengupload foto dan video. Sedangkan untuk fitur story instagram memungkinkan anda membagikan lebih banyak. Story instagram telah memiliki fitur untuk membagikan foto dengan berbagai filter, video pendek dengan berbagai efek, lokasi, suhu, waktu, polling, dan banyak lagi. Baru-baru ini instagram telah menambahkan fitur ask me question pada storynya. Sayangnya story hanya bertahan selama 24 jam sejak diposting. Tapi anda bisa menyimpannya di halaman profil anda untuk story-story yang berkesan.


Sedangkan untuk postingan, instagram menawarkan fitur upload foto berbagai filter dan upload video dengan editing minimal. Misalnya cara memotong video di instagram sebelum diposting. Ketika kita mengambil video dengan handphone maupun mendownloadnya melalui internet, video dalam keadaan terbalik. Karena itulah kita perlu memutar video tersebut. Anda akan membutuhkan cara memutar video di instagram dengan beberapa aplikasi di bawah ini :

Inilah beberapa cara merotasi video di Instagram

  • Menggunakan iMovie

iMovie adalah aplikasi edit video untuk iphone. Aplikasi ini sudah ada dan disematkan ke iphone. Jika anda belum memilikinya, anda bisa mendownloadnya dengan cara IOS. Cara merotasi video dengan aplikasi ini adalah :

  1. Buka aplikasi iMovie pada handphone anda.
  2. Kemudian pilihlah video yang ingin anda rotasi. Jika sudah ketemu, tekan pilihan “share” atau biasanya perintah ini disimbolkan dengan tombol anak panah ke atas.
  3. Lalu pilihlah “Buat Film” pada iMovie.
  4. Video anda akan muncul di layar, kemudian anda bisa langsung merotasinya. Caranya adalah dengan meletakkan dua jari anda (jari telunjuk dan jari tengah), jangan lupa memberi jarak antara kedua jari tersebut sekitar 1 inchi. Setelah itu, drag dua jari anda berputar sehingga video yang anda drag juga ikut berputar. Anda bisa memutarnya 90 derajat, 180 derajat, atau lebih, sesuai dengan keinginan anda.
  5. Setelah selesai memutar, lepas kedua jari dari layar, kemudian pilih “sharing” atau disimbolkan dengan anak panah keluar ke atas.
  6. Akan ada pilihan “Simpan Video”, dan pilihlah pilihan tersebut.
  7. Anda akan disediakan berbagai pilihan apakah anda akan menshare video (facebook, twitter, instagram, dan sebagainya) atau memilih menyimpan di galery saja.
  8. Jika anda ingin memposting langsung ke instagram, anda bisa memilih share ke instagram pada pilihan nomor 7 di atas.
  9. Tetapi anda juga menyimpan video dalam galery untuk kemudian anda post di instagram anda dengan cara manual.
  • Menggunakan Video Show

Jika anda seorang yang hobi mengedit video, maka aplikasi Video Show pasti tidak lagi asing untuk anda. Bahkan bisa jadi aplikasi ini sudah tersemat di handphone anda. Aplikasi Video Show adalah aplikasi edit video terbaik android saat ini. Jika anda belum memasang aplikasi ini, anda bisa mendownload secara gratis di play store.

Selanjutnya cara untuk merotasi video agar bisa segera anda upload di instagram adalah sebagai berikut :

  1. Bukalah aplikasi Video Show.
  2. Carilah menu edit video.
  3. Anda akan diberi perintah untuk mencari video yang ingin diedit. Jika sudah menemukannya di galeri handphone anda, tekan start.
  4. Langkah berikutnya adalah pilih Pro Edit kemudian klik menu Klip Edit.
  5. Dalam menu klip edit ada beberapa pilihan. Jika anda ingin merotasi video anda, klik video rotate. 

  6. Setelah selesai, klik tombol centang pada kanan atas kemudian simpan video anda.
  7. Setelah video anda terputar, anda bisa mempostingnya ke instagram anda.
  • Menggunakan Vivavideo

Cara merotasi video di instagram yang selanjutnya adalah dengan VivaVideo. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Hanya saja anda akan sedikit terganggu dengan banyaknya iklan. Tapi itu tidak terlalu berarti jika anda mengabaikannya. VivaVideo adalah salah satu amacam macam software editing video. Pengguna internet bisa melakukan dengan cara memotong video dengan VivaVideo ini. Berikut ini cara merotasi video pada VivaVideo :

  1. Buka aplikasi VivaVideo.
  2. Pilihlah pilihan edit video.
  3. Akan muncul galeri anda, kemudian pilihlah video yang ingin anda rotasi.
  4. Pada pilihan edit video, carilah pilihan rotate. Anda bisa merotasi 90 derajat, 180 derajat, 270 derajat dan sebagainya.
  5. Pilihan menu pada VivaVideo banyak. Selain merotasi video, anda juga bisa memberikan filter pada video anda. Bahkan anda bisa mengganti audio background video anda.
  6. Setelah video anda berhasil terotasi, kini anda siap mengunggahnya di instagram.

, , ,