Home » Software » 7 Contoh Perangkat Lunak Aplikasi Umum di Komputer dan Android

7 Contoh Perangkat Lunak Aplikasi Umum di Komputer dan Android

by Elang Hendy Subrata

Dengan semakin majunya perkembangan jaringan komputer, banyak kalangan yang dapat menikmati fasilitas yang diberikan oleh komputer. Hal tersebut bisa kita lihat di berbagai bidang, komputer telah menjadi sebuah media yang dapat memudahkan setiap orang dalam menyelesaikan kegiatannya.

Hanya saja, fungsi komputer pada bidang-bidang tersebut sangat berhubungan dengan aplikasi khusus. Aplikasi khusus tersebut memang didesain secara khusus untuk mengerjakan kebutuhan-kebutuhan instansi tertentu. Bisa dikatakan bahwa untuk dapat menggunakan aplikasi khusus, maka usernya sendiri harus memiliki skill khusus untuk dapat mengerjakannya. Jika usernya tidak memahami skill khusus tersebut, maka dia akan kesulitan mengoperasikannya.

Nah, jika ada aplikasi khusus, maka ada aplikasi umum. Biasanya, aplikasi umum ini lebih ditujukan pada user yang sifatnya client. Artinya, user tersebut tidak perlu memiliki skill khusus untuk dapat mengoperasikan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut. Untuk dapat memahami apa saja contoh perangkat aplikasi umum di komputer dan Android, berikut ulasannya.

1. Aplikasi Office Manajement

Aplikasi office management merupakan salah satu aplikasi umum yang sering digunakan pada komputer maupun Android. Aplikasi office management merupakan aplikasi standar yang ada di dalam sebuah komputer untuk menghasilkan data-data bisa dalam bentuk file maupun dalam bentuk cetakan.contohnya saja Microsift Word, Excel, Power Point, dan sejenisnya. Untuk dapat mengoperasikan aplikasi tersebut memang tidak terlalu membutuhkan skill khusus untuk membuatnya.

2. Aplikasi Electronic Mail

Electronic mail atau sering disingkat Email adalah salah satu platform yang digunakan untuk mengirimkan atau membuka surat elektronik. Kelebihan dari Email sendiri adalah dapat mengirimkan berkas-berkas dalam bentuk file. Baik itu dalam bentuk dokumen, foto, maupun video. Salah satu contog platform email yang populer adalah Gmail, Ymail, Hotmail, dan lain-lain.

3. Aplikasi media sosial

Pastinya kamu sudah mengenal beberapa media sosial yang saat ini sering digunakan oleh beberapa masyarakat. Aplikasi media sosial pun termasuk ke dalam aplikasi umum sebab tidak perlu skill khusus untuk dapat mengoperasikan sebuah aplikasi media sosial. Di dalam media sosial, seseorang dapat mengirimkan pesan dalam bentuk status ke semua orang yang telah menjadi temannya atau masuk ke dalam subscribenya. Di dalam media sosial pun setiap akun dapat menyebarkan hal-hal apapun sebebas mungkin selama hal tersebut tidak melanggar peraturan yang ada. Contohnya saja Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

4. Aplikasi Web Browser

Web browser merupakan sebuah aplikasi yang diujukan untuk dapat menjelajahi dunia internet. Tanpa adanya web browser, maka user akan kesulitan dalam membuka berbagai situs-situs website yang ada. Untuk dapat menjalankan web browser, memang tidaklah diperlukan sebuah skill khusus untuk dapat menjalaninya. Beberapa contoh web browser terbaik saat ini adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lain-lain.

5. Aplikasi pemutar Video

Berikutnya adalah aplikasi pemutar video. Untuk dapat memainkan sebuah file dalam format video, tentunya kamu harus membutuhkan sebuah aplikasi untuk dapat memainkannya. Nah, aplikasi tersebut adalah aplikasi pemutar video. Dengan menggunakan aplikasi pemutar video, semua format video dapat dimainkan dengan baik. Pada beberapa aplikasi ada juga aplikasi pemutar video yang dapat memainkan sebuah file musik. Contoh paling mudah untuk memutar video adalah Media player, Gom Player, VLC Player, dan lain-lain.

6. Aplikasi pemutar musik

Jika ada aplikasi pemutar video, maka ada aplikasi pemutar musik. Sama halnya dengan poin kelima, apikasi pemutar musik adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk dapat memutar sebuah file yang formatnya untuk musik sepertu MP3, Flac, WAV, dan lain-lain. Selain dapat memutar file musik, pada beberapa kasus ada aplikasi pemutar musik yang dapat memainkan suara rekaman. Contoh paling mudah untuk aplikasi pemutar musik adalah Winamp, AIMP3, Spotify dan lain-lain.

7. Aplikasi membuka file gambar

Untuk dapat membuka file-file gambar, tentunya harus menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi pembuka file-file gambar ini dapat membuka berbagai jenis file-file gambar dalam format apapun seperti JPEG, PNG, GIF, dan lain-lain. Hal tersebut tentunya memudahkan user untuk dapat membuka file gambar tersebut. Contohnya saja Windows Photo Viewer.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan manfaat perkembangan komputer dalam kehidupan sehari-hari membuat banyak perubahan yang cukup besar. Tujuan diciptakannya aplikasi umum tersebut adalah untuk memudahkan user yang tidak memiliki skill khusus dapat menjalankan aplikasi tersebut dengan mudah.

Hal ini juga dapat membantu adanya simbiosis mutualisme baik dari client maupun server. Aplikasi khusus disebut sebagai server atau penyedia layanan dan aplikasi umum disebut sebagai client atau sebagai pengguna layanan. Oleh sebab itu, manfaat mempelajari ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan baik dan tentunya aman digunakan oleh siapapun. Semoga dapat memberikan inspirasi untuk kamu semua.

You may also like