Home » Software » 9 Contoh Perangkat Lunak Aplikasi Khusus pada Komputer dan Android

9 Contoh Perangkat Lunak Aplikasi Khusus pada Komputer dan Android

by Elang Hendy Subrata

Perkembangan jaringan komputer saat ini telah memberikan dampak yang signifikan pada kelangsungan hidup manusia. Dengan adanya komputer, kini manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya. Bisa kita lihat manfaat komputer dalam berbagai bidang seperti pendidikan, pemerintahan, ekonomi, bahkan industri pun bisa terbantu dengan baik berkat adanya perkembangan teknologi.

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa semua bidang yang terbantu oleh perkembangan komputer menggunakan aplikasi-aplikasi khusus. Tidak seperti kita-kita yang hanya menggunakan komputer sebagai alat untuk menerima hasil jadinya saja. pada bidang-bidang tertentu, mereka juga menggunakan aplikasi-aplikasi khusus untuk menunjang usahanya maupun tujuannya agar bisa tercapai. Penasaran seperti apa saja aplikasi khusus tersebut, berikut contoh perangkat lunak aplikasi khusus di komputer dan Android.

1. Aplikasi pengolah grafis

Industri-industri kreatif membutuhkan alat atau perangkat lunak yang dipergunakan untuk memaksimalkan hasil kerjanya. Oleh sebab itu, diperlukan adanya aplikasi-aplikasi pengolah grafis  yang memiliki fungsi untuk mempercepat serta merapikan hasil di dalam industri kreatif. Aplikasi semacam Photoshop maupun Corel merupakan aplikasi edit foto kartun yang paling populer. Meskipun begitu, masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kamu coba untuk melakukan pengolah grafis lainnya.

2. Aplikasi pengolah Video

Sama halnya dengan poin pertama, aplikasi pengolah video pun juga termasuk ke dalam perangkat lunak yang khusus untuk menghasilkan produk-produk tertentu. Dengan adanya aplikasi pengolah video ini, maka user dapat menghasilkan video sesuka hatinya. Contohnya saja seperti aplikasi edit bacground video, maupun aplikasi android edit video untuk youtube. Movie maker dan Adobe premier merupakan aplikasi pengolah video yang populer digunakan banyak user.

3. Aplikasi pemrograman komputer

Pernahkan kamu mendengar istilah HTML, Javascript, coding, dan lain semacamnya? Istilah-istilah tersebut banyak digunakan secara khusus untuk membuat sebuah program komputer. Bahkan tidak jarang bahasa program pun dapat dijalankan pada aplikasi-aplikasi tertentu saja. Fungsi bahasa pemrograman sendiri adalah media komunikasi antara user dengan komputer. Contoh aplikasinya kebanyakan ada di Notepad Plus atau Sublime untuk memudahkan programmer.

4. Aplikasi Akuntasi

Berikutnya adalah aplikasi akuntansi. Aplikasi akuntansi digunakan untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah yang berhubungan dengan neraca keuangan. Oleh sebab itu, fungsi aplikasi komputer untuk administrasi keuangan sangatlah penting bagi perusahaan. Kamu bisa melihat macam-macam software akuntansi di berbagai sumber referensi terpecaya.

5. Aplikasi pendidikan

Aplikasi selanjutnya adalah pada bidang pendidikan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dengan adanya aplikasi komputer di dalam bidang pendidikan, kini siswa dapat belajar tanpa harus melalui buku cetak saja. selain itu, dengan adanya ujian berbasis komputer, maka pihak guru pun dapat menilai hasil jawaban siswa menjadi lebih cepat. Salah satu contoh aplikasi untuk belajar para siswa adalah Ruangguru.com. dengan adanya aplikasi Ruangguru.com, siswa dapat belajar layaknya di sekolah namun hanya bermodalkan smarthphone dan jaringan internet saja.

6. Aplikasi toko online

Untuk yang satu ini, pastinya kamu yang sering berbelanja secara online sudah familiar dengan nama-nama toko online seperti Bukapalak.com, Tokopedia, Shoppe, dan lain-lain. Aplikasi toko-toko online tersebut telah didesain khusus untuk user yang ingin berbelanja di seluruh Indonesia meskipun jaraknya memisahkan mereka. Fungsi dari toko online ini adalah sebagai jembatan antara user pembeli dan user penjual dalam transaksi jual beli barang.

7. Aplikasi Industri

Di dalam industri seperti pabrik-pabrik, pastinya menggunakan aplikasi khusus untuk dapat menjalankan mesin-mesin yang ada di dalam pabrik. Mesin-mesin tersebut telah diprogram menggunakan perintah-perintah tertentu yang ada di dalam aplikasi tersebut. Dengan begitu, mesin dapat dijalankan sesuai denga perintah komputer. Hal semacam ini sudah banyak digunakan oleh pabrik-pabrik.

8. Aplikasi pengolah transaksi

Penahkah kamu memperhatikan mesin kasir di sebuah supermarket? Nah, mesin kasir yang ada di supermarket menggunakan sebuah aplikasi khusus untuk dapat menghitung belanja seseorang secara cepat. Dengan menggabungkan scanner dengan aplikasi pengolah transaksi, maka para kasir dapat terbantu dalam menghitung total jumlah belanja tanpa takut akan mengalami kesalahan atau istlahnya human error. Saat ini, kasir-kasir di supermarket telah menggunakan aplikasi pengolah transaksi dalam mesin kasir.

9. Aplikasi Absensi

Saat ini sudah ada aplikasi absensi yang bisa digunakan untuk mengetahui jam kerja para karyawan. Aplikasi ini secara khusus digunakan oleh berbagai instansi untuk dapat mengurangi tingkat kebolosan para karyawannya. Contohnya saja, bisa dilihat pada software untuk membuat jadwal kerja shift karyawan yang dilakukan oleh beberapa pabrik di seluruh Indonesia.

Itulah 9 contoh perangkat lunak aplikasi khusus pada komputer dan Android. Dengan semakin banyaknya aplikasi-aplikasi khusus ini, semakin membuktikan bahwa teknologi komputer dapat digunakan pada banyak bidang. Hal tersebut semakin memudahkan user untuk dapat mempercepat waktu serta efisiensi tenaga untuk keperluan yang lebih penting. Semoga bisa memberikan manfaat untuk semua.

You may also like