Home » Kuliah IT » 6 Cara Mengajar TIK yang Menyenangkan di Sekolah

6 Cara Mengajar TIK yang Menyenangkan di Sekolah

by Elang Hendy Subrata

TIK atau bernama lengkap Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah sau bidang yang selalu ada dalam mata pelajaran sekolah. Mulai dari tingkat dasar hingga ke tingkat menengah atas, mata pelajaran yang satu ini cukup populer di kalangan siswa. Sebab perkembangan jaringan komputer telah memberikan dampak yang berbeda dengan anak-anak zaman sekarang. Apalagi ujian tingkat menengah ke atas sudah menggunakan sistem komputer sebagai metode penilaiannya.

Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika mata pelajaran satu ini cukup penting diginakan pada sekolah. Meskipun seperti itu, tidak semua siswa menyukai pelajaran TIK. Susahnya memahami istilah-istilah yang dipakai dalam dunia komputer membuat sebagian siswa malas dalam mengikuti pelajaran TIK. Oleh sebab itu, peran guru sangatlah penting agar siswa dapat memahaminya.

Agar siswa dapat memahami setiap pelajaran TIK, tentunya harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Seperti apakah metodenya? Berikut ulasannya.

1.Siapkan materi untuk pelajaran besok harinya

Persiapan materi yang diberikan harus sudah dipahami oleh semua guru, termasuk juga guru TIK. Jangan sampai ketika tiba di kelas, guru tidak memahami apa yang harus diajarkan pada murid. Jika hal tersebut terjadi maka, tidak guru tersebut tidak akan ada wibawa dalam memberikan pelajaran pada siswa. Akibatnya murid-akan kebingungan dan pastinya akan membuat bosan dalam mengikuti peljaran TIK.

Ditambah lagi, untuk guru TIK tingkat sekolah dasar, guru tersebut harus membuat rancangan materi yang disusun untuk satu semester. Sebab, pada sekolah dasar, TIK kebanyakan belum termasuk ke dalam kurikulum sekolah. Oleh sebab itu, dengan mempersiapkan materi ajar yang disusun oleh guru, maka dia akan memahami materi apa yang cocok diberikan pada murid-murid. Sehingga para siswa pun dapat memahami materi pelajarannya.

2.Perbanyak praktek

Teori saja tentu akan membosankan untuk siswa. Maka dari itu, lebih banyak praktek akan lebih meningkatkan semangat pada siswa. Sama halnya dengan pelajaran olahraga yang lebih banyak menggunakan praktek. Pelajaran komputer pun akan jauh lebih dipahami oleh siswa dengan menggunakan praktek.

3.Pastikan fasilitas pun memadai

Ketika menggunakan metode praktek, maka pastikanlah fasilitas di sekolah pun mendukung hal tersebut. Guru juga harus memastikan semua fasilitas komputer dapat siap digunakan untuk siswa. Untuk hal ini, Anda bisa bertanya pada bagian kepala lab komputer jika ada. Apabila tidak ada, maka Anda sendirilah yang harus mengecek komputernya hingga benar-benar siap.

4.Gunakan kreatifitas tanpa melanggar peraturan SOP

Meskipun kurikulum TIK hanya digunakan beberapa sekolah saja. akan tetapi, aturan di TIK telah diatur berdasarkan SOP sekolah maupun menteri pendidikan. Maka dari itu, guru tetap boleh melakukan kreativitas maupun inovasi selama hal tersebut tidak melanggar aturan.

Menggunakan kreativitas dan inovasi dalam belajar dapat memberikan suntikan semangat pada para siswa. Tentunya hal tersebut dapat memberikan stimulus dari pembelajaran yang dirasa monoton pada siswa. Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran, siswa akan sangat antusias dalam mempelajari TIK

5.Belajar sambil bermain

Cara mengajar setiap anak tentunya berbeda-beda tergantung pada tingkat levelnya. Akan tetapi ada satu metode yang memiliki kesamaan apapun stratanya, yakni menggunakan konsep belajar sambil bermain. Konsep semacam ini tentunya berbeda caranya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika pada tingkat dasar, maka perbandingan belajar dan bermain adalah 70:30. Lalu pada tingkat menengah pertama antara 50:50. Terakhir pada tingkat menengah atas yang lebih ke 60:40. Metode semacam ini sangatlah ampuh untuk membuat nuansa belajar menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Akan tetapi, seperti yang telah dijelaskan pada poin keempat, yakni tidak melanggar SOP yang sudah ditetapkan.

6.Berikan pujian

Salah satu hal yang bisa memotivasi siswa untuk bersemangat adalah diberikan hadiah. Tidak harus dalam berbentuk barang. Anda bisa memberikan hadiah dalam bentuk nilai. Contohnya saja, jika ada siswa yang mampu mempraktekan materi dari awal hingga akhir dengan benar, maka siswa tersebut akan mendapatkan nilai yang tertinggi. Dengan pemberian nilai tersebut, maka siswa dapat lebih termotivasi kembali untuk mengejar nilai dalam pelajaran TIK.

Manfaat jaringan komputer di bidang pendidikan saat ini telah banyak dirasakan. Mulai dari ujian yang berbasis komputer hingga bidang administrasi pun sudah menggunakan konsep digitalisasi. Ditambah lagi, meskipun jaringan internet pun dapat memberikan  dampak buruk, namun, peran internet terhadap prestasi belajar siswa pun tidak bisa dianggap remeh. Contohnya saja bisa kita lihat adanya aplikasi e-learning berbasis Android untuk para siswa.

Untuk Anda yang ingin menjadi guru TIK disekolah, maka pastikan Anda sudah memahami syarat jadi guru TIK sekolah. Anda juga bisa mencoba pelajari cara menjadi dosen untuk lulusan SMA, SMP, SD untuk lebih memperluas wawasan Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan untuk Anda.

You may also like