Home » Tekno » Youtube » Begini 4 Ciri Ciri Akun Youtube Kena Banned, Wajib Paham !

Begini 4 Ciri Ciri Akun Youtube Kena Banned, Wajib Paham !

by Elang Hendy Subrata

Youtube merupakan sebuah platform untuk melakukan aktivitas berbagi video sebebas-bebasnya. Namun, seiring dengan perkembangan jaringan komputer, manfaat Youtube sedikit mengalami pergeseran. Kali ini tidak hanya digunakan untuk berbagi video semata, namun juga dapat digunakan sebagai media tutorial, iklan, bsinis, bahkan blogger atau yang sering disebut Youtuber.

Beberapa alasan orang menjadi seorang Youtuber antara lain sebagai mata pencaharian sampingan atau sebagai media untuk menyalurkan hobinya. Dari hal-hal semacam itu, bisa kita lihat semakin banyak Youtuber-Youtuber baru yang bermunculan hampir setiap harinya. Sayangnya tidak semua para Youtuber ini bernasib mujur.

Buat yang konten-kontennya lebih banyak reupload video, maka siap-siap saja, akunnya akan rawan terkena pelanggaran hak cipta atau pelanggaran copyright dari pihak Youtube. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa Youtube sangat ketat terhadap karya hak cipta, khususnya channel-channel milik perusahaan. Apabila ada youtuber baru dinyatakan bersalah karena melanggar hak cipta, maka akun youtubenya akan mendapatkan peringatan sebanyak tiga kali.

Apabila dia sampai melanggar lebih dari tiga kali, akunnya akan dihentikan. Otomatis, akun yang telah terkena suspend tidak akan mendapatkan hak untuk mengakses fitur Youtube, Adsense, serta hak-hak lainnya yang berhubungan dengan Youtube.

Mungkin kamu pernah berpikir, seperti apa ciri-ciri akun yang telah terkena banned dari pihak Youtube. Untuk dapat mengetahuinya, berikut ulasannya dibawah ini.

  • Keluar dari akun Youtube secara tiba-tiba

Ciri yang paling umum ketika akun Youtube kamu terkena banned adalah akan keluar dari akun Youtube secara tiba-tiba. Contohnya saja, ketika kamu mencoba buka aplikasi Youtube pada smartphone atau melalui PC, ternyata kamu sudah “logout”. Padahal sebelumnya kamu tidak melakukan logout sama sekali.

Ditambah lagi, ketika kamu mencoba login kembali menggunakan akun tersebut, maka halaman yang diarahkan bukanlah ke halaman Youtube, namun ke halaman yang berisi informasi bahwa akun kamu telah dibanned oleh pihak Youtube.

  • Tidak dapat masuk ke akun Google

Hal ini akan terlacak pada smartphone karena untuk dapat mengunakan fasilitas yang ada di dalam smartphone, maka tentunya harus menggunakan akun Google untuk dapat mengaksesnya. Nah, jika kamu melihat layar smartphone tiba-tiba tidak dapat diakses dan muncul halaman login Google, maka hal tersebut bisa dipastikan ada masalah pada akun Google yang kamu gunakan, khususnya pada akun Youtube.

Meskipun pada dasarnya hanya terjadi pada akun Youtube saja, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akun juga diblokir pada fitur-fitur yang berhubungan dengan Google. Contohnya saja, seperti Gmail, Google Maps, Google Drive, dan berbagai fitur Google lainnya. Namun ada juga hanya akun yang disuspen hanya pada platform Youtube saja, sedangkan pada fitur yang lain, masih bisa diakses dengan mudah.

  • Tidak ada komentar di cahnnel Youtube lain

Jika sebelumnya kamu pernah berkomentar di sebuah video milik orang lain, cobalah kamu cari video tersebut. Pada dasarnya, jika akun belum mendapatkan suspend, maka komentar masih bisa dilihat dengan mudah. Akan tetapi, jika kamu tidak melihat ada komentar dari akun Youtubemu, maka bisa dipastikan akun Youtube milikmu sudah terkena suspend dari pihak Youtube.

Untuk melakukan hal ini tentunya akan sangat sulit dilakukan. Sebab, jika video tersebut sangat ramai maka bisa jadi komentarmu akan tenggelam dan akan semakin sulit untuk dicari. Hal ini berbeda jika akun Youtubemu masih aktif. Ketika kamu sudah login dan mencari komentar dari video lain, maka secara otomatis komentarmu akan di pin paling atas oleh sistem. Dengan begitu kamu dapat melihat komentarmu sendiri dengan mudah.

  • Mendapatkan email dari pihak Youtube

Hal ini sudah sangat jelas jika akun Youtube yang kamu gunakan sudah terkena suspend dari pihak Youtube. Biasanya isi email masuk ke dalam folder “kotak masuk”. Meskipun begitu, ada juga yang isi emailnya masuk ke dalam folder ”Spam”. Pada saat sebuah email masuk ke dalam folder spam, maka tidak ada notifikasi yang muncul pada peberitahuan di smartphone kamu. Maka dari itu, kamu harus sering rajin mengecek email. Baik itu di folder “kotak masuk” ataupun di folder “Spam”.

Isi email dari pihak Youtube sendiri berisikan informasi mengenai akun google yang kamu gunakan dihentikan sementara waktu. Meskipun tidak menyebutkan seara spesifik akun bagian apa yang disuspended, aan tetapi, pastinya pada bagian ini kamu bisa menebak fitur mana yang akun Googlenya dinonaktifkan.

Sebenarnya dengan dinonaktikannya akun Youtubemu bukan berarti akunmu hilang selama-lamanya. Kamu dapat mengajukan banding kepada pihak Youtube untuk mencabut suspend tersebut seperti cara memulihkan akun Google yang lupa kata sandi. Hanya saja, hal tersebut butuh waktu yang tidak sedikit, serta berbau keberuntungan. Jika pihak Youtube menginvestigasi akun Youtubemu dan benar-benar dinyatakan bersalah karena melanggar peraturan, maka ucapkanlah selamat tinggal apa akun tersebut dan harus mempelajari kembali cara mendaftar akun Google baru.

You may also like