8 Cara Memulihkan Akun Google Yang Lupa Kata Sandi

Sebagai pengguna akun Google bukan tidak mungkin suatu saat anda akan melupakan password atau kata sandi pada akun Google anda. Disini saya akan berbagi tentang cara memulihkan akun Google yang lupa kata sandi dengan mudah.

ads

Sebagai akun utama, kehilangan akses terhadap akun Google akan memberikan dampak yang sangat buruk terhadap akun – akun website lainnya yang anda gunakan yang berkaitan dengan akun Google anda. Besar kemungkinan akun anda akan diretas jika anda tidak melakukan apa – apa tentang hal tersebut.

Fungsi search engine Google juga tidak akan dapat bekerja dengan maksimal apabila tida terhubung dengan akun Google anda. Oleh karena itu selalu jaga keamanan dan gunakan dengan baik akun Google anda. Kehilangan akses kepada akun anda juga dapat membuat anda tidak bisa mendapatkan performa yang maksimal dari fitur – fitur yang terhubung dengan Google seperti manfaat Youtube .

Untuk dapat memulihkan akun Google anda, sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Kalau begitu langsung saja berikut merupakan cara untuk memulihkan akun Google yang lupa kata sandi.

Cara Memulihkan Akun Google yang Lupa Kata Sandi

Sebelum memasuki ke langkah selanjutnya, anda perlu menyiapkan nomor HP pemulihan yang terhubung dengan akun Google anda, pertanyaan yang anda buat pada awal pembuatan akun Google (saat anda melakukan cara membuat email baru) untuk  memverifikasi diri anda. Atau dengan menggunakan email alternatif yang anda buat ketika pertama kali anda membuat akun Google. Anda perlu memperhatikan hal tersebut ketika anda melakukan cara mendaftar akun Google.

Beberapa hal tersebut merupakan hal yang harus anda siapkan untuk dapat melakukan proses pemulihan akun Google anda, jika anda tidak memiliki salah satu dari dua hal tersebut. Anda tidak akan bisa dengan mudah memulihkan akun Google anda. Dan satu – satunya cara untuk bisa mengembalikan akun Google anda adalah dengan menghubungi help support yang dimiliki oleh Google untuk membantu memulihkan akun Google anda.

Dalam pembahasan selanjutnya, kita akan mengasumsikan anda telah memiliki salah satu dari beberapa perangkat pemulihan yang sudah dibahas sebelumnya.

Berikut merupakan langkah – langkah untuk memulihkan akun Google yang lupa kata sandi.

  1. Buka halaman login untuk masuk ke akun Google anda.
  2. Masukkan email akun Google anda yang ingin anda pulihkan.
  3. Setelah anda memasukkan email pada akun Google yang anda miliki, nanti anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun tersebut.
  4. Setelah itu pilih lupa kata sandi
  5. Dari sana nantinya, akan muncul sebuah kotak dialog yang meminta anda untuk memasukkan email pemulihan anda atau nomor HP anda yang terhubung dengan akun Google.
  6. Jika anda tidak mengetahui nomor HP anda pilih coba cara lain, nantinya ini akan mengganti cara untuk memverifikasi diri anda dengan menggunakan email alternatif ataupun pertanyaan tertetnu.

  7. Apabila anda menggunakan email alternatif periksa email tersebut untuk mendapatkan cara memulihkan akun Google anda, dan apabila anda menggunakan pertanyaan keamanan jawab pertanyaan yang diberikan dengan benar untuk mendapatkan akses kembali ke akun Google anda.
  8. Jika anda sudah  berhasil masuk ke akun Google anda, jangan lupa untuk mencari tahu atau mengganti password anda demi meningkatkan keamanan akun Google anda.

Cara Melindungi Akun Google Anda di Masa Depan

Jika anda sudah berhasil memulihkan akun Google anda. Disini saya juga akan berbagi cara bagaimana mencegah anda kehilangan akses ke akun Google anda di masa depan dan meningkatkan keamanan akun Google anda.

Google menawarkan beberapa fitur yang dapat membantu anda membuat akun Google anda menjadi lebih aman dan menghindarkan akun Google anda dari orang – orang yang tidak diinginkan. Fitur – fitur ini akan bekerja dengan baik jika anda mengaktifkannya dan menggunakannya secara berkala. Berikut merupakan beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk dapat melindungi akun Google anda di masa depan.

  • Selalu pastikan perangkat pemulihan akun Google anda selalu terbaharui. Ini termasuk nomor HP, akun email alternatif, emai pemulihan dan pertanyaan keamanan.
  • Gunakan verifikasi dua langkah untuk membuat akun anda menjadi lebih aman. Cara ini merupakan cara individu terbaik yang dapat melindungi akun Google anda. Jadi dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, ketika anda ingin login ke akun Google milik anda dari sebuah perangkat yang tidak dikenali atau tidak dipercaya, anda akan dihadapkan tidak hanya dengan kata sandi anda akan tetapi bersama dengan 6 digit angka yang akan dikirimkan ke perangkat yang sudah dipercayai oleh akun email anda untuk membantu proses verifikasi dua langkah.
  • Jadi meskipun orang lain telah memiliki kata sandi anda, jika mereka tidak memiliki akses ke perangkat tambahan dimana kode 6 digit angka tadi dikirimkan, mereka tidak akan dapat melakukan login ke akun anda.

  • Dalam kasus darurat (jika anda kehilangan HP anda atau baterai HP anda habis), anda bisa membuat dan menceteak sepuluh kode tambahan sekali pakai yang dapat digunakan utnuk membantu anda mausk melewati proses verifikasi dua langkah dari perangkat yang tidak dikenali oleh akun Google anda.
  • Selalu gunakan password yang kuat dan juga unik. Di internet ada banyak saran yang bisa anda gunakan sebagai panduan bagaimana cara membuat password yang kuat dan unik. Dengan menggunakan password yang kuat dan juga unik tentu akan meningkatkakn lagi keamanan akun Google yang anda miliki.
  • Ketika anda menggunakan komputer publik atau komputer bersama. Selalu gunakan mode “private” atau “incognito” pada browser yang anda gunakan. Dengan menggunakan mode ini akan mencegah penyimpanan data pada riwayat web ataupun data – data lainnya yang berhubungan dengan akun Google anda. Jika anda tidak menggunakan mode ini, selalu ingat untuk menghapus riwayat dan cookies yang anda miliki pada komputer anda. Dan jangan lupa juga untuk selalu log out dari akun Google anda dari komputer yang anda gunakan tadi jika anda sudah selesai menggunakannya.
  • Jangan pernah memasukkan password anda ke website selain akun Google anda.
  • Perhatikan perangkat apps, atau aplikasi yang terhubung denga akun Google anda. Dan jangan biarkan aplikasi yang tidak memiliki kredensial yang baik terhubung dengan akun Google anda. Selalu ingat juga untku melakukan pemeriksaan ini secara berkala.

Itu tadi pembahasan mengenaicara memulihkan akun google yang lupa kata sandi. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya. Dengan mengetahui hal ini semoga anda dapat membantu anda  melihat dampak positif dan negatif internet.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Google