Home » SEO » 14 Cara Mempercepat Artikel Website/Blog Terindex Google (Blogger)

14 Cara Mempercepat Artikel Website/Blog Terindex Google (Blogger)

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu Untuk membaca sebuah artikel yang berisi informasi dan inspirasi, biasanya pengguna akan membaca artikel tersebut di sebuah Koran, Buku, Majalah dan jenis Surat Kabar lainnya dalam bentuk kertas.

Baru Pada tahun 90’an akhir & 2000’an awal saat teknologi internet mulai berkembang, maka di barengi dengan kemunculan situs berita online yang bisa di akses oleh pengguna melalui perangkat komputer. Karena saat itu tidak banyak teknologi handphone yang memiliki fitur untuk internetan.

Karena kemajuan dunia internet pula membuat artikel berita di situs online tidak hanya bisa di buat oleh kalangan jurnalis profesional, tapi juga bisa di buat oleh kalangan amatir dan pribadi. Dan untuk membuat sebuah artikel di situs online, seseorang harus membuat dan memiliki situs web atau blog pribadi terlebih dahulu di sebuah platform blogging seperti Blogger & WordPress.

Dunia Blogger sendiri di Indonesia baru mulai muncul dan populer sejak tahun 2007, dengan di bukanya Pesta Blogger Nasional pertama oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI kala itu bernama Muhammad Nuh. Dan sejak saat itu dunia tulis menulis di blog pun semakin populer di Indonesia.

Dahulu di tahun 2007 karena pengguna blogger masih sedikit maka artikel yang kita buat di blogger bisa dengan mudah muncul dan terindex di mesin pencari Google karena saingannya masih sedikit. Dan para Blogger saat itu menulis artikel di blog tujuan nya hanya untuk sekedar tempat curhat saja.

Namun Hal itu tentunya berbeda dengan sekarang dimana dunia blog mulai memasuki dunia bisnis dan industri, yang membuat para Blogger harus menerapkan tehnik SEO yang tinggi agar artikel bisa terindeks Google dan bisa bertengger di halaman pertama Google.

Hal itu pula yang membuat para blogger pemula dan awam harus menerapkan beberapa tehnik SEO agar artikel Web / Blog yang di miliki bisa cepat terindeks Google. Sebelum menjelaskan cara mempercepat artikel web / blog terindeks Google, pada kali ini kami akan membahas apa itu SEO dan Index Google.

Lalu Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah Serangkaian Usaha dan Proses yang di lakukan secara sistematis, yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan orang lain melalui mesin pencari, menuju situs web pengguna dengan memanfatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut (Google).

Lalu Apa itu Index Google?

Index Google Adalah sebuah database yang berisi Informasi dan Halaman Website yang di kumpulkan oleh Google. Database tersebut di dapatkan dari proses Crawling (perayapan) dan indexing yang di lakukan oleh mesin pencari Google. Dan selanjutnya data yang telah tersimpan akan di tampilkan ke halaman mesin pencari Google untuk keperluan pengguna yang sedang berseluncur dan melakukan browsing di halaman situs Google.

Setelah kita mengetahui apa itu SEO dan Index Google. Pada kali ini kami akan menjelaskan beberapa cara agar artikel website dan blog yang kita buat cepat terindeks oleh Google sehingga nantinya berpeluang menempati halaman pertama mesin pencari Google dan berpotensi meningkatkan traffic penggunjung. Adapun caranya seperti di bawah ini.

14 Cara Mempercepat Artikel Website / Blog Terindeks Google

Daftarkan Webstite / Blog ke Google Search Console

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website & blog terindeks di Google adalah dengan mendaftarkan terlebih dahulu website / blog yang kita miliki ke layanan Google Search Console.

Google Search Console sendiri adalah layanan gratis yang di sediakan oleh Google untuk para Webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan atau terindeksnya situs dan artikel di pencarian Google. Selain itu layanan ini juga akan menampilkan laporan data indeks dan traffic pengunjung website. Adapun cara mendaftarkan website ke Google Search Console akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mendaftarkan Website ke Google Search Console

  1. Pertama – tama Persiapkan terlebih dahulu Akun Google (Gmail) yang kita miliki. Bila belum punya maka silahkan buat terlebih dahulu di Google dengan kata kunci “Gmail Signup”
  2. Setelah memiliki Akun Google. Lalu kita Buka situs https://search.google.com/search-console/about melalui browser hp android (chrome)
  3. Setelah situs search console terbuka. Lalu Muncul 2 pilihan yaitu Domain New (Kiri) dan URL Prefix Kanan. Lalu kita Pilih menu Domain (Kiri)
  4. Kemudian pada Kolom yang ada kita Ketikan Nama Domain Web / Blog kita tanpa URL yang lengkap. Contohnya dosenit.com. Lalu kita Klik tombol Continue yang ada di bawahnya
  5. Selanjutnya Halaman situs akan menampilkan Code TXT Record. Lalu kita Klik tombol Copy yang ada di sebelah kanan
  6. Lalu Pastekan ke Panel Penyedia Domain. Caranya Buka Situs Penyedia Domain > Manage DNS > Klik tombol Edit Zone > Klik tombol Add Record > Kemudian Munculah Jendela Add New Record. Lalu Isikan Kolom Name : @, Type : TXT, TTL : 14440 dan Pastekan TXT Record yang di copy tadi ke Kolom RDATA
  7. Kemudian Klik tombol Add Record
  8. Setelah berhasil menyalin Code TXT. Lalu kita kembali ke halaman Google Search Console dan Klik tombol Verify / Verifikasi
  9. Selesai. Setelah itu Munculah Jendela Popup berwarna hijau dengan tulisan Ownership Verified yang menandakan proses pendaftaran website / blog kita ke Google Search Console telah berhasil

Membuat Sitemap

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website & blog terindeks google adalah dengan membuat Sitemap. Sitemap sendiri adalah sebuah alat Bantu untuk para Webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam situs Web.

Dimana Peta Situs (Sitemap) terbagi 2 yaitu bisa berbentuk file XML (untuk mesin pencari mendeteksi konten web) maupun sitemap berjenis file HTML (untuk memudahkan pembaca dalam hal navigasi menu di website). Dimana kita hanya perlu mendaftarkan Peta situs berjenis file XML ke Google agar Mesin Pencari mudah melakukan crawling (perayapan). Adapun caranya seperti di bawah ini.

Cara Membuat Sitemap (Peta Situs) XML

  1. Pertama – tama Pastikan kita telah Login menggunakan Akun Google (Gmail) kita
  2. Selanjutnya Buka Situs https://search.google.com/search-console/about
  3. Setelah halaman terbuka. Lalu kita Klik tombol Mulai Sekarang
  4. Setelah berada di Halaman Google Search Console Munculah Grafik Kinerja Penelusuran web. Lalu kita Klik tombol Tiga Garis Datar di kiri atas layar
  5. Setelah itu kita Pilih menu Peta Situs
  6. Setelah berada di halaman Peta Situs. Lalu kita Masukan URL halaman website kita dan di tambah akhiran /sitemap.xml. Contoh : https://dosenit.com/sitemap.xml
  7. Kemudian kita Klik tombol Kirim
  8. Proses Pengiriman peta situs pun berjalan hingga selesai
  9. Selesai. Lalu Muncul Jendela Popup dengan tulisan “Peta Situs Berhasil di kirimkan”. Lalu kita Klik tombol OK.
  10. Kini di halaman peta situs pun sudah ada keterangan baru mengenai peta situs yang baru saja di kirimkan ke Google beserta jenis dan tanggal pengiriman

Membuat File Custom Robots.Txt

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website dan blog terindeks google adalah dengan membuat file robot.txt. Robot.txt sendiri adalah sebuah file yang berisi sekumpulan intruksi untuk menjalankan bot mesin pencari (google) dan mengelola akrifitas bot seperti crawler.

Sehingga selain di gunakan untuk mengelola aktifitas perayapan oleh mesin pencari, robot.txt juga bisa di gunakan sebagai security dari tindakan yang merugikan halaman web kita (seperti tindakan Jingling) dengan cara memodif (custom) kode robot.txt. Adapun cara membuat kode robot txt akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat File Custom Robot.txt

  1. Pertama – tama Buka situs https://www.blogger.com melalui browser Hp android kita (chrome)
  2. Selanjutnya Login menggunakan Akun Google (gmail) kita
  3. Setelah berhasil masuk ke Dashboard Blogger. Lalu kita Klik tombol Tiga Garis datar yang ada di pojok kiti atas layar
  4. Kemudian Pilih Menu Setelan
  5. Selanjutnya Scroll ke bawah layar hingga menemukan menu Crawler dan Pengindeksan
  6. Setelah itu kita Klik tombol Edit > Ya. Hingga kolom robot.txt muncul
  7. Selanjutnya Copy Code File robot txt di bawah ini
  8. User-agent: Mediapartners-Google Disallow: User-agent: * Disallow: /p/about.html Disallow: /p/contact.html Allow: / Sitemap: https://dosenit.com/sitemap.xml
  9. (Keterangan : Ubah URL Website berdasarkan alamat website kalian)
  10. Lalu Paste (tempel) ke kolom robot.txt di website kita
  11. Setelah semua kode berhasil di paste. Lalu Klik Simpan perubahan
  12. Selesai. Kini halaman website kita telah terpasang file robot.txt sehingga halaman website dapat cepat terindeks dan di crawling oleh mesin pencari Google. Selain itu kini halaman web kita jadi lebih aman dari serangan virus Jingling

Membuat dan Mengupdate Konten (Artikel)

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website & blog terindeks oleh mesin Google adalah dengan membuat konten yang selalu di update secara berkala. Hal ini bertujuan agar mesin pencari Google mengetahui bahwa website kita memiliki konten yang fresh dan up-to-date untuk para pengunjung.

Selain itu konten dan artikel yang di buat pun tidak boleh asal dan harus bersifat informatif yang memiliki jumlah kata di sesuaikan dengan kriteria artikel tersebut. Contoh bila kita ingin menulis informasi singkat maka cukup (300 – 400 kata), bila artikel tips edukatif maka (500 – 800 kata), Informasi detail (800 – 1200 kata) dan penulisan ilmiah (+1600 kata).

Kemudian konten yang memiliki tulisan artikel panjang di harapkan memiliki jeda (pemisah) tiap paragrafnya agar pengunjung web kita tidak merasa bosan. Selain itu berikan pula Heading dan Bullet & Numbering agar tulisan kita tampak lebih rapih dan menambah kualitas tulisan sehingga bisa cepat di indek oleh mesin pencari Google.

Membuat Meta Deskripsi dan Keyword

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website & blog terindeks mesin pencari google adalah dengan membuat meta deskripsi penelusuran. Meta deskripsi sendiri adalah sebuah tag html yang biasanya di letakan pada bagian <head> pada struktur blog yang mencakup ringkasan pada sebuah halaman atau artikel blog dan terdiri dari 20 – 30 kata saja.

Sehingga nantinya meta deskripsi akan tampil di bawah nama alamat blog atau juga di bawah judul artikel blog sehingga mampu memberi ringkasan informasi kepada pengguna yang sedang melakukan browsing di situs google. Adapun cara membuat meta deskripsi pada halaman dan artikel blog akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat Meta Description pada Postingan Blogger

  1. Pertama Buka situs https://www.blogger.com melalui browser Hp android kita (Chrome)
  2. Selanjutnya Login menggunakan akun Google kita (gmail)
  3. Setelah berhasil masuk Dashboard Blogger. Lalu kita Buka postingan yang ingin di beri meta description
  4. Setelah postingan terbuka. Lalu kita Klik menu Pengaturan berupa icon roda bergerigi yang ada di pojok kanan atas postingan
  5. Kemudian Scroll ke bawah dan Klik Opsi Deskripsi Penelusuran
  6. Setelah itu kita Isi Kolom Deskripsi Penelusuran berdasarkan keyword (kata kunci) dari isi artikel postingan yang kita buat. Dimana Google membatasi kata kuncinya dengan maksimal 150 huruf
  7. Setelah Deskripsi telah di buat. Lalu kita Klik tombol panah ke kanan berwarna orange yang ada di pojok kanan atas layar
  8. Selesai. Kini artikel dan postingan website kita telah berhasil di berikan meta deskripsi sehingga Google dapat cepat mengindeks artikel website kita
  9. Cara di atas adalah membuat meta description pada platform Blogger, bila pengguna menggunakan platform WordPress bisa membuat meta description melalui Yoast SEO

Membuat Halaman Kategori (Label) Konten

Cara ke enam yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website terindeks oleh mesin pencari google adalah dengan membuat halaman kategori (label) konten. Hal ini di perlukan bila website yang kita miliki sudah terdapat banyak artikel, sehingga untuk memudahkan pengunjung dalam navigasi. Maka kita bisa membuat halaman kategori artikel berdasarkan tema yang sama. Contohnya tema tutorial, komputer, sport, tekno dll.

Selain itu dengan membuat halaman kategori, membuat mesin crawling Google (Googlebot) dapat lebih mudah memahami beberapa judul artikel dengan tema yang sama saat melakukan perayapan, sehingga artikel jadi cepat terindex. Adapun cara membuat halaman kategori akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat Halaman Kategori (Label) Artikel Website

  1. Pertama –tama Buka situs https://www.blogger.com melalui browser Hp android kita (Chrome)
  2. Setelah situs terbuka. Lalu kita harus Login menggunakan akun Google kita (gmail)
  3. Setelah berhasil masuk ke Dashboard blog. Lalu kita Buka Artikel yang hendak di berikan label atau kategori
  4. Setelah postingan artikel terbuka. Lalu Klik tombol menu Pengaturan berbentuk roda bergerigi di pojok kanan atas layar
  5. Selanjutnya klik Menu Label
  6. Kemudian Isi kolom Label berdasarkan kategori artikel yang hendak kita buat di website sesuai keinginan. Contohnya Seperti kategori tutorial, food, sport, tekno, education dll
  7. Setelah kolom di isi. Lalu. Klik tombol done dan tanda Panah berwarna orange yang ada di pojok kanan atas layar
  8. Selesai. Kini satu artikel website kita berhasil di masukan ke halaman kategori. Selanjutnya kita bisa menerapkan langkah yang sama pada artikel lain agar website kita tertata rapih dan artikel cepat terindeks oleh Google

Membangun Backlink Berkualitas

Cara ke tujuh yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website terindeks oleh mesin pencari Google adalah dengan membangun Backlink berkualitas. Backlink sendiri adalah sebuah link yang terpasang pada website dan nantinya link tersebut mengarah ke link website milik kita, baik link artikel maupun link halaman website.

Dengan Backlink maka Googlebot dapat menemukan halaman baru yang selanjutnya di simpan di database Google. Sehingga Google mampu dengan mudah melakukan perayapan halaman situs milik kita dan artikel kita cepat terindeks.

Dahulu untuk membangun backlink kita cukup memberikan komentar pada halaman website lain di kolom Guest (komentar). Baik website dengan custom domain yang terbilang professional seperti (.com, .id, .gov, co.id, dll) maupun subdomain gratisan seperti blogspot.com maupun wordpress.com.

Namun seiring dengan perubahaan algoritma Google yang semakin ketat, membuat pengguna kini tidak bisa membuat backlink sembarangan. Pengguna harus membuat backlink yang relevan antara situs yang di pasang backlink dengan artikel yang kita miliki.

Selain itu kita juga harus memilih situs yang berkualitas dengan otoritas tinggi untuk menaruh link kita seperti situs facebook, youtube, wikipedia, quora, slideshare, academia, deviant art dll. Walau untuk membangun backlink di semua situs tersebut kita harus membuat akun dan mendaftar, namun website kita nantinya memiliki nilai tambah oleh Google. Dan memiliki nilai DA & PA yang tinggi sehingga artikel kita kedepannya jadi lebih cepat di indeks google.

Memasang RSS Feed Pada Halaman Website

Cara ke delapan yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website terindeks google adalah dengan memasang RSS Feed pada halaman website kita. RSS sendiri adalah singkatan dari Really Simple Syndication atau Rich Site Summary. RSS Feed merupakan tipe webfeed yang mengizinkan user dan aplikasi menerima update regular dari website yang di pilih. Dimana fungsinya menggantikan fitur bookmark di masalalu.

Selain itu dengan memasang RSS Feed pada website kita, maka RSS secara otomatis akan memberitahu ke Googlebot apa bila ada konten atau halaman baru pada suatu website yang selanjutnya siap untuk di crawling & di index. Dan salah satu RSS Feed yang populer di gunakan adalah RSS Feedburner milik google. Adapun cara daftar RSS Feedburner sekaligus memasangnya di website akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Daftar RSS Feedburner Pada Halaman Website

  1. Pertama –tama Buka situs https://feedburner.google.com melalui browser Hp Android kita (Chrome)
  2. Selanjutnya kita di haruskan Login menggunakan akun Google (gmail) kita
  3. Kemudian kita Ketikan Alamat website / blog kita pada kolom yang tersedia dan Klik tombol Next
  4. Setelah itu Munculah halaman Identity Feed Source. Lalu kita Pilih salah satu feed source sesuai dengan yang di inginkan. Bila ingin default pilih yang paling atas saja. Lalu Klik tombol Next
  5. Selanjutnya Muncul halaman “Welcome! Lets us burn a feed for you”. Lalu pada Feed Title dan Feed Address kita Isi nama dan alamat website kita. Contoh: Feed Titel : Dosen IT dan Feed Address : DosenIT.com
  6. Kemudian kita Klik tombol Next
  7. Setelah itu Muncul halaman baru dengan tulisan “Congrats! Your FeedBurner feed is now life”. Yang berarti Feedburner telah berhasil di buat dengan alamat RSS Feedburner “Tulisan Berwarna Biru
  8. Kemudian kita Klik tombol Next
  9. Lalu Muncul Halaman Get More Gusto From Your Feed. Dan kita Klik tombol Next saja
  10. Selesai.  Kemudian Munculah tulisan Your Feed is Already for the World yang berarti Feedburner bisa langsung di pasang pada website kita

Cara Memasang RSS Feedburner di Website

  1. Pertama – tama Buka situs https://www.blogger.com melalui browser Hp android kita (chrome)
  2. Selanjutnya Login menggunakan Akun Google kita (Gmail)
  3. Setelah berada di halaman Dashboard Blog. Lalu kita Klik Tiga Garis datar di Pojok kiri atas layar
  4. Kemudian kita Pilih Opsi Setelan
  5. Selanjutnya Scroll trus ke bawah layar. Hingga pada Menu Feed Situs, lalu kita Klik Opsi URL alihan Feed Postingan
  6. Kemudian pada Kolom URL alihan Feed Postingan kita Isi dengan Alamat RSS Feedburner yang telah kita buat di atas. Lalu kita Klik tombol Simpan
  7. Selanjutnya Buka situs Feedburner dan Login menggunakan akun Google kita
  8. Setelah berada di Halaman Feedburner. Lalu kita Klik tab Menu Publicize. Lalu Klik Menu Ping Shot dan Klik tombol Activate
  9. Selesai. Kini RSS Feedburner kita telah aktif di blog kita dan artikel website yang kita buat pun bisa di index oleh google lebih cepat

Inspeksi URL dan Minta Pengindeksan

Cara ke sembilan yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website terindeks Google adalah dengan menginspeksi URL dan meminta Pengindeksan. Untuk menggunakan cara ini tentunya kita harus menggunakan layanan Google Search Console yang telah kita buat seperti di atas. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Menginspeksi URL dan Meminta Pengindeksan

  1. Pertama – tama Buka situs https://search.google.com/search-console/about melalui browser Hp android kita (Chrome)
  2. Selanjutnya Login menggunakan Akun Google kita
  3. Lalu Klik tombol Mulai Sekarang
  4. Setelah berada di halaman Google Search Console. Lalu kita Klik tombol 3 Garis Datar yang ada di pojok kiri atas layar
  5. Kemudian kita Klik Menu Inspeksi URL
  6. Kemudian kita Ketikan URL Postingan Artikel pada kolom yang tersedia
  7. Bila URL belum ada di Google, maka Klik tombol Uji URL Aktif
  8. Setelah URL terdeteksi dengan tanda centang hijau. Lalu kita Klik tombol Minta Pengindeksan
  9. Proses Pengujian dan Pengindeksan URL artikel Website kita pun berjalan hingga selesai
  10. Kemudian Muncul Jendela Popup dengan tulisan “Pengindeksan di Minta” dan Klik tombol Ok
  11. Selesai. Proses Inspeksi URL dan meminta Pengindeksan pun selesai di lakukan. Kini kita tinggal menunggu 1-2 hari hingga artikel kita berhasil di indeks dan muncul di mesin pencari Google

Cek Error dalam Indeks

Cara ke sepuluh yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel Web terindeks adalah dengan mengecek error dalam indeks. Hal ini bertujuan agar kita mengetahui penyebab artikel kita tidak terindeks Google. Untuk mengeceknya kita juga harus menggunakan layanan Google Search Console. Adapun caranya seperti di bawah ini.

Cara Mengecek Error Dalam Indeks

  1. Pertama – tama Buka situs https://search.google.com/search-console/about
  2. Selanjutnya Login menggunakan Akun Google
  3. Lalu kita Klik tombol Mulai Sekarang
  4. Setelah berada di Halaman Google Search Console. Lalu Klik tombol Tiga Garis yang ada di pojok kiri atas layar
  5. Lalu Pilih Opsi Cakupan yang ada di bagian Indeks
  6. Lalu Muncul 4 Kolom Menu (Kesalahan, Valid dengan perbaikan, Valid, dan Di kecualikan)
  7. Kemudian kita Pilih Menu Kesalahan dan Di Kecualikan, untuk mengetahui penyebab artikel website kita tidak terindeks.
  8. Dan selanjutnya kita bisa Mengedit postingan yang telah di buat dan menginspeksi URL kembali agar artikel kita kembali terindeks oleh Google
  9. Selesai. Kini Error dalam Indeks pun telah di ketahui

Share Artikel Ke Media Sosial

Cara ke 11 yang akan kami jelaskan untuk mempercepat artikel website terindeks oleh Google adalah dengan membagikan URL artikel yang kita buat ke media sosial. Selain efektif untuk mempercepat pengideksan oleh Google, cara ini terbukti jitu untuk menaikan traffic pengunjung website kita.

Walau traffic pengunjung yang meningkat hanya sesaat, namun setidaknya itu merupakan pengunjung organic yang sangat di sukai oleh algoritma Google. Sehingga nantinya Google semakin percaya dengan halaman website kita dan kedepannya artikel yang kita buat selalu cepat terindeks Google.

Sebelum membagikan artikel website ke media sosial pastikan artikel yang kita buat relevan dengan calon pembaca. Contohnya bila kita hendak membagikan artikel mengenai peralatan Camping, maka kita juga harus membagikan artikel tersebut ke Grup yang relevan seperti Grup Pendakian, Grup Jual beli outdoor dll. Dan Media Sosial yang memiliki traffic yang tinggi untuk membagikan URL artikel adalah Facebook dan Pinterest.

Perbanyak Internal Link

Cara ke 12 yang akan kami jelaskan untuk mempercepat pengindeksan artikel di Google adalah dengan memperbanyak internal Link. Internal Link sendiri Link yang mengarah dari satu halaman ke halaman lain sehingga Googlebot mengetahui hubungan setiap halaman pada Website kita. Contohnya bila kita memiliki artikel tentang pendakian gunung Cikuray, maka kita bisa menambahkan link artikel pendakian lain (Semeru) di bawah halaman artikel tersebut.

Menggunakan Template Website SEO

Cara ke 13 yang akan kami jelaskan untuk mempercepat pengindeksan artikel di Google adalah dengan menggunakan template Website SEO Friendly. Untuk mendapatkannya kita bisa membeli template tersebut di situs layanan SEO atau bisa juga dengan mendownloadnya secara gratis di Internet. Untuk memasang template sendiri adalah masuk ke Dashboard Blogger kita > Klik tombol Tiga Garis > Tema > Pulihkan > Upload > dan Pilih tema yang berhasil kita download.

Menggunakan Jasa Link Building

Cara terakhir yang akan kami jelaskan untuk mempercepat pengindeksan artikel website di Google adalah dengan menggunakan Jasa Link Building. Untuk menggunakan cara ini kita nantinya harus membayar biaya ratusan ribu rupiah ke penyedia jasa Link Building. Contohnya seperti Omni Rank, Raja Back Link, Link BPN dll. Sehingga selain artikel cepat terindeks google, tapi juga nilai DA & PA website kita ikut bertambah.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Google Indeks, SEO beserta manfaatnya. Selain itu di jelaskan pula beberapa cara mempercepat pengindeksan artikel website di Google. Seperti dengan Mendaftar Google Search Console, Membuat Sitemap, Custom Robot.txt, Kategori Postingan, Update Konten, Meta Deskripsi, Membangun Backlink, Internal Link, RSS Feed Burner, Inspeksi URL dan Meminta Pengindeksan, Cek Eror Indeks, Share ke Media Sosial, Template Web SEO, dan Membeli Jasa Link Building.

Dengan membaca penjelasan di atas tentu kini kita jadi lebih tahu mengenai apa itu SEO beserta fungsinya pada halaman website kita. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita tidak bingung lagi mengapa artikel website kita tidak muncul di Google. Cukup dengan menerapkan beberapa cara di atas maka kini Artikel kita pun cepat terindeks pada mesin pencari Google.

You may also like