Home » Tekno » Youtube » 4 Cara Membersihkan Youtube History di PC dan Android

4 Cara Membersihkan Youtube History di PC dan Android

by Elang Hendy Subrata

Youtube merupakan salah satu platform yang saat ini digandrungi oleh hampir setiap orang. Di dalam Youtube, Anda dapat menonton berbagai konten yang sesuai dengan keinginan Anda. Mulai dari musik, film, video clip, dan masih banyak lagi kategori lainnya.

Bagi Anda yang sudah memiliki Anak atau keponakan yang masih kecil, terkadang suka meminjam perangkat kita untuk sekadar menonton video di Youtube. Hal tersebut tentunya membuat kita was-was karena anak yang masih dibawah umur akan bisa mengetahui konten-konten yang belum layak untuk usianya. Maka dari itu, kita harus membersihkan history ataupun riwayat Youtube. Untuk caranya sendiri, Anda bisa coba berikut ini.

Menghapus riwayat Youtube melalui PC

Platform Youtube sejak awal memang digunakan untuk PC maupun Laptop. keunggulan dari menonton Youtube dengan PC ataupun laptop tentunya adalah dari sisi layar yang lebih luas dibandingkan menggunakan smartphone. Akan tetapi, menonton Youtube pada komputer dapat membuat komponennya panas atau hangat jika komponen PC termasuk barang lama. Untuk menghapus riwayat pada Youtube versi PC adalah sebagai berikut.

  1. Pertama adalah masuk ke dalam Youtube menggunakan web browser terbaik yang Anda gunakan.
  2. Setelah masuk ke dalam Youtube, langkah selanjutnya adalah login terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, lihatlah bagian “History” yang berada di samping kiri yang bisanya menggunakan ikon jam pasir. Anda klik saja bagian tersebut.
  4. Nantinya, Anda akan melihat daftar history atau riwayat selama Anda menggunakan Youtube selama ini. Di sana juga, Anda tinggal memilih “Hapus semua histori pencarian”.
  5. Kemudian akan  muncul pemberitahuan untuk menghapus semua riwayat menonton Anda. Di bagian ini, Klik “hapus semua”.
  6. Dengan begitu semua history akan terhapus semuanya.

Jeda riwayat video Youtube

Mungkin Anda berpikiran bahwa setiap kita menonton video di Youtube, maka kita diharuskan melakukan aktivitas di atas secara terus-menerus. Akan tetapi, ada satu trik agar jejak riwayat menonton di Youtube dapat dihilangkan. Untuk mengetahui caranya, berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk kembali pada website Youtube. Jika Anda telah Logout, maka kembalilah melakukan login.
  2. Setelah itu, kembali klik bagian History yang menggunakan ikon jam pasir.
  3. Selanjutnya adalah klik “Watch History”. Di sana ada dua pilihan, yakni “Clear All watch History dan “Pause watch history”. Anda bisa pilih bagian “Pause Watch History”.
  4. Nanti, akan muncul sebuah pop up yang berisi himbauan mengenai riwayat video akan sulit ditemukan apabila menggunakan mode pause watch ini. Anda tinggal klik bagian “jeda”.
  5. Dengan begitu, riwayat video tidak akan muncul pada daftar History.

Menghapus riwayat video Youtube menggunakan akun Google

Apabila cara yang pertama kita harus masuk ke channel Youtube, maka cara kedua ini kita bisa menghapus riwayat video Youtube yang telah ada melalui akun Google milik kita sendiri. Untuk langkah-langkahnya sendiri, Anda bisa lihat dibawah ini.

  1. Masuk ke dalam akun Google. Apabila Anda lupa passwordnya, Anda bisa coba pelajari cara memulihkan akun Google.
  2. Setelah masuk ke dalam akun Google, selanjutnya adalah masuk ke bagian “Kontrol Aktivitas”.
  3. Anda tinggal scroll ke bawah sampai Anda menemukan “Histori Riwayat Youtube” lalu klik.
  4. Selanjutnya, Anda pilih bagian “Kelola Aktivitas” dan di sana Anda dapat melihat seluruh Aktivitas Anda selama menggunakan Youtube.
  5. Berikutnya, Anda pilih menu “Hapus Aktivitas Menurut…”. di sana Anda dapat menghapus riwayat video berdasarkan waktu yang ditempuh. Misalnya saja, Anda bisa menghapus riwayat video sejak kemarin, seminggu yang lalu, sebulan yang lalu, atau bahkan hingga semua waktu yang pernah di lalui.
  6. Jika Anda sudah menentukan waktunya, Anda tinggal klik hapus maka senua video berdasarkan waktu yang dipilih akan terhapus.

Menghapus riwayat Youtube di smartphone

Setelah membahas cara menghapus riwayat Youtube pada PC, kini kita bisa menghapus riwayat video Youtube pada smartphone. Untuk langkah-langkahnya, bisa Anda ikuti di bawah ini.

  1. Masuklah ke aplikasi Youtube, apabila Anda belum Login, segera lakukan login pada akun Youtube.
  2. Selanjutnya masuklah pada kategori Account dan pilih “History”.
  3. Jika berhasil, Anda bisa melihat berbagai macam video yang Anda tonton selama ini menggunakan akun Youtube. Hal ini tidak jauh berbeda dengan cara melihat riwayat pada versi PC atau laptop.
  4. Berikutnya, Anda tinggal menekan ikon tong sampah yang letaknya ada dibagian pojok kanan atas.
  5. Setelah ditekan, maka akan muncul pop up mengenai peringatan penghapusan history. Anda bisa tekan kembali “Clear History”.
  6. Dengan begitu, semua riwayat video akan terhapus.

Itulah 4 cara membersihkan Youtube History pada PC dan Android dengan mudah. Anda pun bisa pelajari beberapa referensi mengenai Youtube seperti bahaya menghapus  video Youtube yang memiliki hak cipta, ciri akun Youtube kena hack, alasan orang menjadi Youtuber, dan masih banyak lagi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

You may also like