Home » Ilmu Komputer » Tips & Trick Komputer » Inilah 4 Cara Merubah JPG ke JPEG Dengan Mudah

Inilah 4 Cara Merubah JPG ke JPEG Dengan Mudah

by Elang Hendy Subrata

Format gambar JPG maupun JPEG saat ini merupakan format gambar standar yang sudah diterapkan pada beberapa standar file foto. Hal tersebut bisa kita lihat saat membuka file foto pada komputer, laptop, smartphone, bahkan kamera digital. Terkadang, kita pun ingin mengubah beberapa format dari JPG ke JPEG maupun pada format gambar lainnya. Nah, untuk memudahkan hal tersebut, kita akan bahas cara-cara termudah untuk melakukan format gambar JPEG  ke bagian JPG berikut ini.

1. Memakai program edit bawaan Windows

Biasanya, di dalam Sistem Operasi Windows, sudah ada aplikasi bawaan yang dapat mengedit file gambar. Contoh program tersebut adalah Paint. Sedangkan pada Sistem Operasi Mac, terdapat program yang bernama Preview. Kedua program tersebut memang memudahkan pengguna untuk dapat melakukan pengeditan file gambar ataupun mengubah atau convert JPG ke JPEG atau ke format gambar lainnya.

Caranya sendiri cukup mudah, pertama-tama masuklah ke dalam program edit gambar seperti Paint pada Windows atau Preview pada sistem Mac. Jika sudah, selanjutnya adalah bukalah gambar dengan cara klik File lalu Open. Cara tersebut sama dilakukan baik melalui Windows maupun Mac. Setelah gambarnya telah terbuka, selanjutnya adalah klik “File” kembali lalu pilih “Save as”.

Di sinilah kita baru bisa memilih format gambar yang kita inginkan. Apakah ingin mengubah gambar menjadi versi JPEG atau versi lainnya. setelah itu, ubahlah namanya lalu pilih tempat disimpannya hasil konversi gambar. Anda juga bisa atur kualitas gambarnya dari yang terkecil hingga kualitas terbaik. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada ukuran gambar tersebut. Semakin bagus kualitas gambarnya maka semakin besar ukurannya. Jika sudah Anda tinggal klik “OK” dan tunggu hingga proses konversi selesai. Jika sudah, maka gambar telah berhasil terkonversi.

2. Menggunakan program konversi gambar secara online

Untuk yang satu ini, Anda harus menggunakan jaringan internet untuk dapat melakukan konversi gambar. Saat ini sudah banyak beberapa aplikasi online yang dapat kita gunakan secara gratis. Contohnya saja situs compresjpeg.com atau freefileconvert.com. di sana Anda dapat melakukan banyak konversi gambar dengan format lainnya dengan sangat mudah.

Untuk caranya sendiri Anda bisa kunjungi salah satu situs yang sudah disebutkan sebelumnya. Misalnya saja kita kunjungi compressjpeg.com. Di sana kita tinggal unggah file yang sesuai dengan keinginan apakah akan konversi pada JPEG, PNG atau PDF. Jika sudah mengetahui file mana yang akan dipilih, selanjutnya adalah Anda tinggal unggah file sesuai dengan keinginan. Selanjutnya adalah tunggu sampai unggah filenya selesai. jika sudah selesai, maka Anda tinggal unduh file yang sudah dikonversi tadi dan Anda telah berhasil melakukan convert file.

Situs yang kedua adalah freefileconvert.com. di sana Anda pun juga dapat melakukan konversi gambar dari JPG ke JPEG atau ke format file lainnya. caranya sendiri cukup mudah, Anda bisa melakukan tiga cara untuk input file yakni unggah dari komputer, melakukan insert link file, atau mengunggah file dari versi cloud. Jika Anda memilih unggah dari komputer, maka selanjutnya adalah input file dari komputer. Setelah itu, Anda pilihlah output format yang diinginkan. Keunggulan dari situs ini adalah kita dapat melakukan convert file dengan banyak format. Mulai dari convert ke audio, film, file, gambar, dan lain-lain. Jika sudah memilih jenis output yang diinginkan, selanjutnya adalah Anda tinggal klik convert dan tunggulah hingga proses selesai. jika proses selesai, maka file kini sudah berhasil dikonversi,

3. Konversi file melalui smartphone

Anda juga dapat melakukan konversi gambar menggunakan ponsel smartphone. Apalagi di Play Store dan Apple Store sudah banyak beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk konversi gambar dari JPG ke JPEG maupun format lainnya. Contohnya saja aplikasi Image file format Converter. Yang perlu Anda lakukan adalah tinggal mengunduhnya saja dan jalankan aplikasinya. Di sana anda cukup ubah gambar yang ada di dalam smartphone dan lakukan konversi. Jika sudah, maka gambar sudah berhasil diubah formatnya.

 4. Menggunakan Photoshop

Apabila Anda memiliki aplikasi Photoshop, Anda juga bisa melakukan konversi gambar dengan lebih cepat. seperti yang sudah diketahui bahwa Photoshop merupakan salah satu aplikasi edit gambar yang paling populer saat ini. maka dari itu, kita pun mudah dalam mengkonvert gambar sesuai dengan keinginan.

Caranya sendiri cukup mudah, pertama kita buka terlebih dahulu aplikasi Photoshop yang dimiliki. Setelah itu, bukalah gambar yang akan kita convert formatnya. Jika sudah, selanjutnya adalah simpan file tersebut dengan format “Save as”. Di sana Anda baru bisa ubah format filenya sesuai dengan keinginan.

Itulah cara merubah jpg ke jpeg dengan mudah. Anda pun bisa coba beberapa referensi lainnya seperti lebih bagus JPEG atau JPG, pengertian JPG,  perbedaan JPG dan JPEG, dan masih banyak lagi lainnya. semoga artikel ini bisa membantu Anda.

You may also like