Yuk Pelajari 3 Fungsi Bahasa Pemrograman ini Sebelum Belajar Programming

Menurut Wikipedia, bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda. Sedangkan secara harfiah, bahasa adalah hasil kebudayaan yang dimanfaatkan agar setiap makhluk bisa berkomunikasi satu sama lain. Dengan adanya bahasa, akibatnya baik itu manusia, hewan, tumbuhan, dan bahkan makhluk lain sekalipun, jadi bisa saling berkomunikasi antara satu sama lain.

ads

Di zaman perkembangan komputer dan mesin seperti saat ini, muncul sebuah masalah. Banyak teknisi mesin dan komputer zaman dahulu yang mungkin tidak mengerti bagaimana cara memberikan perintah ke dalam sebuah mesin atau komputer. Oleh karena itu, tercetuslah ide untuk menciptakan bahasa yang bisa digunakan oleh manusia utnuk mengontrol mesin atau komputer. Bahasa mesin, yang kelak kita kenal saat ini sebagai bahasa pemrograman, kemudian digunakan secara luas oleh masyarakat.

Saat ini, sudah banyak bahasa pemrograman yang digunakan oleh banyak orang di dunia. Pengembangannya tentu saja mengikuti inovasi yang tercipta di dalam dunia teknologi, yang kini bisa menciptakan komputer generasi kelima. Contoh bahasa pemrograman yang ada di sekitar kita antara lain, banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat aplikasi permainan, antivirus, website, dan inovasi-inovasi teknologi lainnya.

Macam-macam bahasa pemrograman komputer pun seiring waktu juga semakin banyak dan menawarkan keunggulan masing-masing. Mulai dari C++, Java, Visual Basic, Delphi, Cobol, PHP, mySQL, dan ratusan bahasa pemrograman lainnya. Tentu saja, bahasa pemrograman tersebut menyesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

Pada awalnya, bahasa pemrograman yang diciptakan hanya terdiri dari kode biner, yang terdiri dari angka 0 dan 1. Kode inilah adalah satu-satunya kode yang dimengerti oleh mesin kala itu. Namun, seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, saat ini tingkatan bahasa pemrograman sudah mencapai level bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang mana bahasa pemrograman pada level tersebut lebih mudah dimengerti oleh manusia dan mesin (atau komputer).

Pada dasarnya, fungsi bahasa pemrograman adalah untuk memerintah komputer atau mesin, agar dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian atau pengolahan yang telah ditentukan oleh pembuat program atau programmer. Dalam membangun suatu sistem, programmer memegang kontrol penuh agar sistem yang akan dibangun bisa melaksanakan tugas dengan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Mari kita ambil contoh dari kegiatan kita sehari-hari, yaitu mendengarkan musik. Tentu saja, di zaman modern saat ini, masyarakat akan mendengarkan musik menggunakan aplikasi pemutar musik. Sebagai programmer, Anda akan membuat aplikasi pemutar musik. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan fungsi dari tombol Play, Pause dan Stop. Setiap tombol tersebut pasti memiliki langkah-langkah penyelesaian yang berbeda antara satu tombol dengan yang lain. Dan pastinya setiap tombol memiliki hasil penyelesaian yang berbeda-beda juga.

Oke, mari kita ulas lebih lengkap mengenai fungsi bahasa pemrograman ini. Secara umum, ada beberapa fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman, di antaranya adalah sebagai berikut:


  • Sebagai media komunikasi antara operator dengan mesin
  • Sebagai media bagi programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi
  • Sebagai media bagi pengguna untuk mengoperasikan mesin atau komputer

Lalu, bagaimana penjelasan lengkap dari tiap fungsi tersebut? Berikut ini penjelasannya.

1. Media Komunikasi antara Operator dengan Komputer atau Mesin

Secara umum, fungsi bahasa adalah sebagai media komunikasi antara satu pihak dengan pihak lain. Begitu pula dengan bahasa pemrograman. Namun, bahasa yang dimengerti oleh mesin atau komputer berbeda dengan bahasa yang dimengerti oleh manusia. Mesin atau komputer hanya bisa mengerti penggunaan bilangan biner untuk menerjemahkan perintah yang diberikan. Manusia sebagai operator bisa berkomunikasi dengan mesin menggunakan bahasa pemrograman. Selanjutnya, bahasa pemrograman akan menerjemahkan perintah yang diberikan oleh manusia menjadi kode biner yang selanjutnya dilakukan oleh mesin atau komputer.

Nah, kode biner tersebut akan dimengerti oleh mesin atau komputer, yang selanjutnya akan dieksekusi menggunakan komponen-komponen yang terdapat pada mesin atau komputer tersebut. Sehingga bisa menghasilkan sebuah keluaran yang diinginkan oleh manusia selaku operator.

Sebagai operator, tentu saja mereka mengetahui hasil-hasil yang diinginkan dan dilihat juga dari kondisi ketika mesin atau komputer tersebut beroperasi. Itu mengapa, fungsi dari bahasa pemrograman pada operator agak sama dengan masyarakat sebagai pengguna. Bedanya, operator bisa menentukan kapan kendali sebuah mesin bisa dialihkan kepada komputer untuk dikendalikan secara otomatis. Jadi, kendali sepenuhnya ada di tangan operator. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut bisa berupa aplikasi ataupun program khusus, contohnya seperti lampu lalu lintas. Antara lampu merah, kuning, dan hijau memiliki urutan dan jeda waktu yang berbeda, sehingga para pengendara tahu kapan harus berhenti dan kapan harus jalan.

Perumpamaan lainnya adalah ketika Anda memanggang kue di dalam microwave. Anda sebagai operator hendak memanggang adonan kue selama 15 menit dengan suhu sekitar 80 derajat Celcius. Nah, satuan-satuan yang digunakan, yaitu waktu 15 menit dan suhu 80 derajat Celcius, adalah masukan yang diperlukan oleh microwave untuk melakukan proses pemanggangan adonan kue. Sehingga keluarannya adalah kue yang lezat dan nikmat.

2. Media bagi Programmer dalam Mengembangkan Suatu Sistem

Sekarang ini, Anda telah banyak mengenal berbagai macam sistem atau aplikasi, contohnya seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Corel Draw, Microsoft Excel, aplikasi pembuat animasi 3D, dan lainnya. Anda juga telah mengenal beberapa inovasi sistem dan aplikasi terbaru yang membantu kehidupan masyarakat, seperti Tokopedia, Go-Jek, dan lainnya. Aplikasi dan sistem tersebut dikembangkan dengan berbagai bahasa pemrograman.

Dari berbagai contoh tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa bahasa pemrograman bisa digunakan sebagai programmer untuk mengembangkan suatu sistem atau aplikasi yang bisa menjadi inovasi di dalam kehidupan masyarakat.

3. Media bagi Pengguna untuk Mengoperasikan Mesin atau Komputer

Tentu saja, hasil akhir dari pengembangan yang dilakukan oleh programmer adalah program atau aplikasi baru yang diperuntukkan bagi masyarakat selaku pengguna mesin atau komputer. Nah, bagaimana caranya masyarakat dapat menggunakan mesin atau komputer tersebut jika tidak dibantu oleh aplikasi?

Oleh karena itu, fungsi bahasa pemrograman pun juga berlaku bagi pengguna mesin atau komputer. Fungsi dari bahasa pemrograman pada kasus ini adalah untuk membantu pengguna dalam memerintah komputer atau mesin untuk mengolah data sesuai dengan hasil yang diinginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman biasanya dalam bentuk hasil pengolahan data oleh program atau aplikasi. Contoh penerapan fungsi bahasa pemrograman satu ini adalah program atau aplikasi yang digunakan oleh kasir di supermarket, penggunaan aplikasi tranportasi berbasis online, dan lainnya.


Dari ketiga fungsi bahasa pemrograman yang telah kami bahas di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa bahasa pemrorgraman pada dasarnya diciptakan agar manusia bisa memberikan perintah kepada mesin atau komputer agar dapat menghasilkan sebuah keluaran yang diinginkan.

Sekian ulasan kami kali ini seputar fungsi bahasa pemrograman. Jika Anda sedang mempelajari bahasa pemrograman, mungkin Anda bisa mencoba contoh-contoh bahasa pemrograman yang pernah kami bahas di situs ini. Salah satunya adalah contoh program Python. Selamat belajar dan semoga sukses

, , , ,
Oleh :
Kategori : RPL