13 Aplikasi Edit Background Video yang Bisa Anda Coba

Rasanya, saat ini sudah banyak kreator video yang membuat video-video keren. Mulai dari unboxing gadget terbaru, review gadget, review tempat wisata, dan lainnya. Beberapa dari mereka menggunakan beberapa teknik agar videonya kece dan terlihat menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan background khusus untuk video mereka.

ads

Yup, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mengedit background video. Yang pertama, menggunakan green screen, dimana syuting video dilakukan di depan tampilan berwarna hijau. Hal ini bertujuan karena warna hijau jarang digunakan pada benda-benda buatan manusia. Selain itu, warna hijau menyerap cahaya yang cukup untuk proses pengambilan video.

Setelah dilakukan teknik green screen, teknik mengedit background video selanjutnya adalah dengan menambahkan gambar atau animasi buatan sendiri. Nah, di tahap inilah Anda mulai bisa menuangkan kreatifitas Anda untuk menambahkan background menarik pada video Anda.

Lalu, apa aja sih aplikasi edit background video yang bisa Anda gunakan? Berikut ini ulasan dari kami untuk Anda:

1. Adobe Photoshop

Loh, Photoshop bisa dipakai untuk mengedit background video? Bisa dong. Tapi hal ini berlaku jika Anda hendak mengubah background video Anda dengan foto koleksi Anda. Anda cukup mengedit foto Anda seperti biasa di Photoshop, lalu Anda masukkan foto hasil editan Anda tersebut menjadi background video Anda. Cara mengganti background belakang dengan Photoshop telah kami bahas sebelumnya di situs ini.

2. Corel Draw

Sama halnya dengan Adobe Photoshop, Anda juga bisa membuat background video kreasi Anda dengan Corel Draw. Malahan, dengan Corel Draw, Anda bisa mengeksplorasi bentuk background yang lebih dinamis, mengingat fungsi Corel Draw sebagai aplikasi pengolah gambar vektor.

3. Movie Maker

Aplikasi video editor buatan Microsoft ini juga bisa digunakan untuk mengedit background video loh. Cara edit video dengan Movie Maker untuk mengedit backgroundnya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan video yang akan dihilangkan backgroundnya
  • Lalu, masukkan video atau foto yang akan dijadikan background
  • Pilih Transition
  • Lakukan drag and drop pada “Rehan FX Chroma Green” ke video yang akan dihilangkan backgroundnya
  • Atur agar background baru dan video bisa sinkron.

4. Adobe Premiere

Sebagai aplikasi video editor yang dikenal banyak orang, Adobe Premiere juga menawarkan fitur untuk mengedit background video. Berikut ini cara untuk mengganti background pada video:


  1. Buka aplikasi Adobe Premiere Pro
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan “New Project”. Beri nama project sesuai keinginan Anda, lalu pilih OK.
  3. Di bagian “Timelines”, klik pada “Import Video”. Pilih video green screen (video berlatar belakang hijau) yaitu video yang akan dihilangkan backgroundnya. Lalu masukkan juga video yang akan dijadikan background video.
  4. Selanjutnya drag video yang ada di timeline ke track video. Masukkan video background di track video 1, sedangkan video berlatar belakang hijau dimasukkan di track video 2.
  5. Di menu “Video Effect”, pilih Chroma Key. Kemudian drag efek tersebut ke video yang ber-background hijau.
  6. Di jendela “Chroma Key”, ubah color menjadi hijau (sama dengan warna bakcground).
  7. Atur similarity, blend, Threshold, Cutoff  hingga bakcground video  terhapus dengan sempurna dan halus.
  8. Kemudian render video dengan cara klik file eksport movie ok.

5. Kinemaster

Aplikasi edit video satu ini memiliki ukuran file sebesar 39 MB. Aplikasi rilisan NexStreaming Corp ini telah didownload lebih dari 10 juta pengguna. Populernya aplikasi ini cukup beralasan, mengingat banyaknya fitur yang tersedia untuk keperluan editor video, seperti fitur untuk memangkas dan menggabungkan video, memberi efek, menambahkan teks, memberikan stiker pada video, dan juga tulisan tangan kita sendiri ke dalam video. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol pengaturan cahaya dan kontras pada video, mempercepat video, membuat video tampak lebih blur, mosaic, dan efek lainnya.

Berikut ini cara mengedit background video dengan aplikasi Kinemaster

  1. Buka aplikasi Kinemaster.
  2. Buat proyek baru dengan memilih “Empty Project”.
  3. Pilih “Media Browser”, kemudian pilih video yang akan dijadikan background pengganti.
  4. Setelah selesai dipilih, pilih layer kemudian pilih “Video”, lalu pilih video yang akan diganti backgroundnya, Ingat, videonya harus berlatar belakang hijau atau warna lainnya. Intinya, harus polos dan kontras dengan objeknya.
  5. Setelah video dipilih, aktifkan layer video yang akan diubah backgroundnya. Lalu pada menu efek pilih “Chroma Key”, lalu aktifkan fitur tersebut.
  6. Atur warna background video Anda. Pilihlah warna yang paling tepat dan atur tingkat transparansinya sedetail mungkin agar warna background tidak terlihat secara sempurna.

6. InShot

Aplikasi ini juga tak kalah populernya di kalangan pengguna Android. Di ranah Instagram sendiri, aplikasi ini cukup bisa diandalkan untuk membuat video keren. Di dalam aplikasi ini tersedia berbagai pilihan efek filter yang cukup bagus untuk mempercantik tampilan video Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan musik, teks, emoticon, hingga menambahkan efek blur.

7. VivaVideo

Aplikasi edit video Android tanpa watermark rilisan QuVideo Inc. ini memiliki ukuran file sekitar 39 MB dan telah didownload lebih dari 100 juta pengguna. Aplikasi ini memiliki fitur untuk memangkas dan memotong video, menambahkan teks, filter, stiker dan juga musik lainnya. Selain itu, aplikasi ini menyediakan efek transisi untuk berganti video. Kemudian Anda juga bisa mengganti background belakang video menjadi lebih keren.

8. VidTrim

Aplikasi edit video Android untuk Instagram rilisan Goseet ini memiliki ukuran sekitar 15 MB dan telah didownload lebih dari 10 juta pengguna. Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan aplikasi sejenisa. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memangkas dan juga menggabungkan beberapa video. Anda juga bisa memberikan bingkai untuk video. Selain itu, fitur lainnya adalah Anda bisa memberikan efek video dan juga mengubah audio dari MP3 menjadi MP4.

9. Sony Vegas

Sony Vegas adalah aplikasi video editor alternatif untuk Anda pengguna PC atau laptop. Berikut ini cara mengedit background video dengan Sony Vegas:

  • Buka Sony Vegas di komputer Anda.
  • Pilih Import Media
  • Lalu masukkan video berlatar belakang warna polos atau green screen ke dalam “Track Video”
  • Pilih “Video Effect”
  • Pilih “Chrome Keyer”
  • Pilih Blue Screen / red Screen / Green Screen. Sesuaikan dengan warna background pada video Anda.
  • Masukkan video atau foto yang dijadikan background video Anda.

10. After Effect

Aplikasi pembuat animasi 3D pada komputer ini bisa Anda jadikan aplikasi pengedit background video pada komputer atau laptop. Berikut ini caranya:

  • Pastikan Anda sudah punya video berlatar belakang hijau (green screen)
  • Lakukan “Import” video dan background tersebut ke dalam After Effect, dan kemudian seret ke komposisi baru
  • Pilih effect pada bagian atas, lalu pilih Keying > Keylight. Setelah itu, pilih gambar seperti pena. Kemudian klik pada bagian hijau video
  • Sesuaikan agar warna background bisa menghilan secara sempurna.

11. Magix Movie Edit

Aplikasi video editor satu ini memang jarang terdengar. Namun ternyata aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengedit background video. Caranya? Ini dia..

  • Pilih video yang hendak dihilangkan backgroundnya
  • Pilih Effects > Chroma Key
  • Pada jendela Chroma Key, pilih warna background asal dari video tersebut
  • Anda bisa memilih mode lainnya, antara Stamp, Color, dan Mix.

12. Filmora

Aplikasi satu ini memang dikenal sebagai aplikasi editor video terbaik. Berikut ini adalah cara untuk mengedit background video di Filmora:

  • Siapakan video rekaman anda yang green screen. Jika Anda tidak memiliki video green screen, untuk bahan praktek anda dapat mendownload dari Youtube.
  • Jalankan aplikasi Filmora.
  • Impor video Anda tadi ke Filmora, lalu tarik video ke area time line.
  • Posisikan video atau gambar di bagian atas. Lalu di bawahnya baru Anda tempatkan video green screen.
  • Berikutnya klik kanan di video green screen, pilih “Green screen”
  • Centang atau klik “Make Parts of the clip transparent”. Kemudian arahkan mouse ke background video transition yang bewarna hijau.
  • Selanutnya akan muncul jendela “PiP edit”. Klik atau centang “Make parts of the clip transparent”.
  • Untuk memberikan effect lainya, Anda cukup mengaktifkannya (Apply) pada effect yang dipilih. Klik “OK” untuk mengatifkan semua effect.
  • Secara otomatis, latar hijau pada video sudah hilang, Selanjutnya Anda tinggal menyesuaikan posisi dan ukuran videonya.

13. Corel Video Studio

Berikut ini adalah cara mengedit background video dengan Corel Video Studio:


  • Buka aplikasi Corel Video Studio.
  • Masukan video dengan latar background hijau.
  • Pindahkan video tadi ke slide yang kedua atau baris kedua . Lalu klik Option
  • Pilih “Atribute” > “Mask and Chrome Key”
  • Beri tanda untuk “Apply Overlay Option”, dan berikan warna hijau sesuai dengan latar belakang videonya
  • Jika sudah terseleksi, masukkan background video yang akan digunakan.
  • Tarik background yang sudah dimasukan tadi ke kotak atau tempatnya tepat di atas layer yang sudah diedit sebelumnya.
  • Anda sudah berhasil mengedit background video di Corel Video Studio.

Sekian informasi kami kali ini seputar aplikasi edit background video dan cara-caranya. Semoga Anda terinspirasi untuk membuat video setelah membaca artikel kami ini. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Software