7 Cara Mengganti Background Belakang Dengan Photoshop Paling Mudah

Adobe Photoshop adalah salah satu jenis aplikasi pengolah gambar yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan yang kita miliki. Aplikasi buatan Adobe ini menjadi salah satu aplikasi terlaris dan yang paling terkenal atau mainstream digunakan untuk melakukan editing berbagai macam foto dengan berbagai kelebihan dan kekurangan Photoshop. Oleh karena itulah, kamu bisa menggunakan aplikasi yang satu ini untuk mengedit gambar atau foto yang kamu miliki dengan mudah.

ads

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dengan Adobe Photoshop adalah mengubah background belakang suatu gambar dengan warna yang lain ataupun dengan gambar yang lain. Mengubah background belakang suatu gambar biasanya sangat diperlukan untuk mengedit foto KTP, STNK dan berbagai macam foto lainnya yang kamu butuhkan. Daripada foto ulang, tentunya lebih praktis apabila kamu mengedit foto yang sudah ada dengan syarat foto yang kamu butuhkan. Dengan menggunakan Photoshop, kamu bisa mengedit dengan mudah, tapi apabila kamu ingin mendesin lebih lanjut, kamu bisa menggunakan Adobe Illustrator yang memiliki berbagai macam kelebihan Adobe Illustrator.

Tetapi, kamu belum tahu bagaimana cara mengganti background belakang dengan Photoshop? Tenang saja, apabila kamu belum mengetahuinya, dalam kesempatan kali ini akan kita bahas beberapa teknik sederhana yang bisa kamu gunakan untuk mengubah background belakang foto atau gambar yang kamu miliki dengan Photoshop. Dengan demikian kamu bisa mengubah background belakang foto yang kamu miliki dengan lebih cepat.

Bagaimana cara mengganti background belakang dengan Photoshop? Berikut ini adalah beberapa cara di antaranya.

1. Membuat proyek baru atau mengimport gambar yang mau diedit

Cara mengganti background belakang dengan Photoshop pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mengimpor gambar yang ingin kamu edit pada lembar kerja Photoshop yang kamu miliki. Dengan demikian, kamu perlu membuat lembar kerja proyek bau pada Photoshop. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu membuka jendela Photoshop kemudian mengklik File, kemudian pilih New.

Pada jendela baru yang muncul, kamu akan diberikan opsi untuk memilih jenis kertas, jenis warna, ukuran area kerja dan lain sebagainya. Konfigurasi standar pada menu yang muncul sudah cukup untuk kamu gunakan mengedit gambar yang kamu miliki. Setelah kamu memilih ukuran kertas dan lain sebagainya, maka kamu akan dibawa pada area kerja yang baru. Kamu bisa mengimport gambar yang ingin kamu edit ke tempat kerja tersebut untuk kemudian kamu lakukan proses pengeditan.

2. Menggandakan layer

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan dalam langkah untuk mengubah background belakang dengan Photoshop yang kamu miliki adalah dengan menggandakan layer. Layer bisa dianggap sebagai lapisan kerja tempatmu melakukan berbagai macam editing. Dengan menggandakan layer, kamu bisa menciptakan area kerja baru yang tidak bersentuhan dengan area kerja yang lain dan bisa melakukan editing dengan mudah.

Dengan menggandakan layer, maka kamu bisa mempersiapkan dan mengedit dengan lebih leluasa karena apabila terjadi kesalahan, kamu bisa menggunakan layer yang lain untuk melakukan proses pengeditan, dan layar yang salah tersebut hanya perlu dihapus saja agar nanti tidak ikut ter-merge ketika kamu selesai mengedit background belakang dari gambar yang kamu pilih. Jangan lupa untuk memilih tipe layer yang tepat karena terdapat perbedaan bitmap dan vektor yang bisa mempengaruhi proses editing yang kamu miliki.

3. Memilih tools

Untuk bisa mengedit gambar background belakang dengan Photoshop, tentunya kamu perlu mengetahui apa saja tools yang bisa kamu gunakan untuk mengedit gambar belakang Photoshop tersebut. Pada dasarnya ada banyak sekali variasi teknik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan editing gambar belakang. Akan tetapi, dalam artikel kali ini akan kita pilih salah satu tools yang cukup mendasar dan bisa kamu temukan dengan mudah.


Tools yang kamu perlukan untuk mengedit gambarmu adalah sebuah tools yang bernama pen tools. Alat tersebut bisa digunakan untuk menyeleksi area dari gambar tertentu dan membuatnya menjadi area kerja yang baru dan terpisah dari layer yang lain. Ringkasnya, dengan pen tools kamu bisa meng-cut background belakang dari gambar yang ingin kamu ubah, kemudian mengubahnya secara mandiri tanpa harus repot mengubah bagian gambar yang lain.

Dengan menggunakan pen tools, kamu harus menyeleksi area mana saja yang ingin kamu edit. Cara menggunakannya pun cukup sederhana, cukup klik dan gunakan kombinasi tombol shift untuk menambah luas atau seleksi dari pen tools yang kamu miliki. Perlu diketahui bahwa versi Photoshop yang berbeda mungkin menanamkan perintah dan kombinasi tombol yang berbeda untuk menggunakan pen tools, sehingga untuk mencari operasionalisasi yang terbaik, kamu bisa mencobanya sendiri.

4. Mengganti background

Setelah kamu memilih tools yang sesuai, dan memisahkan bagian yang perlu diedit tersebut dengan cara menggandakan layer, maka yang perlu kamu lakukan berikutnya hanyalah mengganti background yang telah kamu filter tadi. Untuk mengganti warna kamu bisa menggunakan alat fill ataupun menggunakan berbagai macam alat yang lain dan tersedia di Photoshop. Walaupun demikian, menggunakan tools fill saja sudah pasti akan cukup untuk membuat background warna gambar yang ingin kamu tersebut berubah.

Kalau kamu mencoba aplikasi yang lain, kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan Corel Draw sebagai salah satu alternatif dari aplikasi pengedit foto selain Adobe Photoshop.

5. Merge layer

Setelah kamu selesai mengedit background, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengembalikan layer tadi agar menjadi satu kesatuan gambar. Caranya adalah dengan melakukan merge pada layer yang telah kamu gandakan. Tentunya hal ini juga tergantung dengan teknik apa yang kamu gunakan untuk mengolah gambar. Apabila kamu tidak melakukan penggandaan layer maka kamu tidak perlu melakukan merge layer karena gambar yang telah kamu edit pun cuma satu.

6. Finishing touch

Setelah selesai menggabungkan ataupun mengedit gambar latar belakang, maka selanjutnya kamu perlu melakukan sentuhan akhir untuk membuat gambarmu jadi lebih halus. Perhatikan bagian-bagian kecil yang masih luput dan memungkinkan pencampuran warna yang belum sempurna. Dengan menggunakan tools seperti brush ataupun tools yang lain, kamu bisa memperhalus warna yang belum tergabungkan dengan baik pada gambar jadi yang kamu hasilkan. 


Setelah puas melakukan sentuhan akhir, maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan, tentu saja adalah menyimpan gambar yang baru saja kamu edit tersebut.

7. Menyimpan gambar baru

Setelah selesai mengedit gambar, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah menyimpan gambar atau mengeksport proyek yang kamu kerjakan dalam file gambar. Kamu bisa memilih apakah kamu ingin mengekspor gambar dalam bentuk JPG, atau PNG, ataupun GIF dan berbagai macam format gambar yang lain. Dengan banyaknya pilihan inilah kamu bisa memilih jenis gambar sesuai dengan jenis gambar yang kamu inginkan.

Itulah beberapa macam cara mengganti background belakang dengan Photoshop. Kamu bisa mengembangkan teknik di atas sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Dengan menggunakan berbagai macam teknik, tentunya kamu bisa mengedit gambar belakang Photoshop dengan lebih bagus lagi. Apabila kamu ingin mengubah video, maka kamu bisa melirik kelebihan dan kekurangan Adobe After Effect dan kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere sebagai salah satu aplikasi editing video dari Adobe.

Selamat menggunakan Photosop!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 03rd, December 2017 / 05:07 Oleh :
Kategori : Desain