15 Kelebihan Adobe Illustrator Bagi Pengguna

Adobe Illustrator atau bisa disebut AI, merupakan software desain grafis yng dikembangkan oleh perusahaan ternama, Adobe, yang menyasar segmen menengah-keatas. Kira-kira kemampuannya boleh disejajarkan dengan Coreldraw dari sisi fitur meskipun platform penggunaan dari keduanya berbeda, AI lebih diperuntukkan untuk desain grafis yang bersifat abstak, photo-retouching, dan professional editing on-fly, Coreldraw lebih ditujukan untuk desain dan rancang bangun objek 2D dan vektor.

ads

Adobe Illutrator termasuk satu dari Macam-macam software grafis yang ada di pasar indstri sofware multimedia global saat ini. Banyak kelebihan adobe illustrator, baik dari sisi fitur, performa aplikasi, graphic caching, buffering, dan masih banyak lagi. Di artikel kali ini akan dicoba diulas beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh software AI atau Adobe Illustrator ini. Selamat membaca.

1. Terintegrasi dengan produk Adobe yang lain sebagai Adobe Creative Suite
Kelebihan adobe illustrator yang pertama adalah, aplikasi ini memiliki kelebihan dalam hal sifatnya yang terintgerasi dengan banyak poduk adobe dalam satu kesatuanya yang dinamakan adobe creative suite. Hal ini berarti, beberapa fitur adobe illstrator terintegrasi dengan fitur pada aplikasi adobe yang lain, fleksibel pada berbagai aplikasi adobe lainnya seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Adobe After Effect, Adobe Bridge, dan berbagai produk Adobe lainnya.

2. Memiliki kualitas gambar yang tajam
Mengingat adobe illustrator merupakan soffware grafis vektor, maka akan ada perbedaan dengan software grafis berjenis piksel seperti adobe photoshop dimana kualitas gambar yang dihasilkan lebih tajam.
Sehingga bisa dikatan, adobe illustrator memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dibandingkan dengan adobe photoshop, meski demikian, mirip fungsi photoshop lightroom, software vektor umumnya membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan software piksel sejenis adobe photoshop seperti telah disebutkan sebelumnya. Dari sisi kepraktisan, tentunya software lain sejenis seperti photoshop agaknya mempunyai nilai yang lebih baik dibandingkan dengan adobs illustrator ini. Meski demikian, tak mengurangi peminat grafis untuk menggunakan aplikasi AI ini.

3. Pilihan yang tepat untuk menggambar ilustrasi dan kartun
Salah satu kegunaan yang paling menonjol di software AI adalah pembuatan ilustrasi, selain itu juga drop shadow yang diberikannya cukup baik dan apik. Sehingga mampu menciptakan desain ilustrasi dan kartun yang terlihat lebih maksimal.

4. Dapat menangani file berukuran besar
Salah satu kelebihan dari aplikasi design grafis ini adalah mampu menangani file RAW berukuran besar, selain aplikasi tetap berjalan dengan stabil. Selain itu juga aplikasi tetap mampu menangani dengan baik proses rendering yang ada. Selain itu juga tidak mempengaruhi kualitas RAW yang di render. Adobe Illustrator memang dioptimasikan untuk penggunaan high-end dimana kebutuhan akan processig dan rendering huge file berkualitas tinggi sangat dibutuhkan.

5. Mampu mencetak print out beresolusi
kelebihan adobe illustrator yang kelimat adalah fitur print out yang dihasilkan oleh software grafis yang satu ini bisa dibilang sangat baik, mirip dengan salah satu kelebihan dan kekurangan coreldraw. Selain itu juga software grafis ini mampu mencetak gambar yang memiliki resolusi tinggi tanpa khawatir kehilangan resolusi gambar atau loss-resolution pada saat proses print out terjadi.

6. Mampu menampilkan grafis print out dengan baik
Adobe Illustrator dioptimasikan dalam hal grafis, dimana output gang berupa print out dj AI sendiri bisa dibilang memiliki kualitas yang baik hampir mendekati tampilan di layar monitor atau LCD saat di edit. Hal ini sama seperti true type font dalam tipoGrafi Windows yang mana tampilan saat di print out sama dengan tampilan di layar saat diketik.


7. Dukungan filter dan plugin yang apik dan menarik
Satu hal yang tak ketinggalan di AI atau Adobe Illistratoe ini, yaitu dukungan untuk plugin dan fikter yang cukup banyak, untuk mempermusah dalam meng extend fitur dan kapabilitas software Adobe Illistrator agak memiliki kemampuan yang lebih apik dan menarik. Tidak sedikit plugin di AI ibi yang tersedia sebagai bagian dari Adobe Photoshop.

8. Bisa digunakan untuk mendesain logo
Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Adobe Illustrator adalah kemampuannya yang dapat digunakan untuk membuat desain logo, sama halnya seperti coreldraw. Dengan menggunakan AI ini, Kita juga bisa merancang logo sesuai keinginan.

9. Membuat konten publishing
Sama hal nya seperti diatas, AI juga bisa digunakan untuk membuat konten publishing seperti map creation, favicon untuk keperluan web development, object grafis, dan masih banyak lagi. Jadi bisa disimpulkan fitur yang dimiliki AI bukan sebatas sketch creation saja.

Adobe Ilustrator mampu menangani banyak desain dari yang sederhana sampai rancang bangun yang terbilang kompleks, selain itu kemampuan penyimpanan format file ke berbagai format populer juga didukung.

10. Dukungan komunitas dan forum yang banyak

kelebihan adobe illustrator atau AI yang lain adalah AI merupakan aplikasi desain grafis tingkat Internasional, yang artinya penggunaannya sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang, selain itu juga aplikasi ini menjadi perangkat penunjang yang menjanjikan bagi mereka professional yang bergelut dalam bidang grafis, karena penggunaannya yang sudah menjadi standar software grafis tingkat dunia.

11. Fasilitas Export ke vektor yang baik
AI mendukung fitur export ke format vektor ddngan format SVG (Scalable Vector Graphic) yang baik dan akurat. Ini berarti Kita bisa melakukan konversi grafis yang dibuat menggunakan AI ini ke format SVG langsung dari aplikasi AI. Harap diperhatikan bahwa ada perbedaan bitmap dan vektor.

12. Ketersediaan fitur layer


 Fitur layer ini sama halnya seperti photoshop, membuat image grafis yang Kita buat dipecah menjadi beberapa bagian terpisah yang saling bertumpuk (stack), guna memudahkan dalam pengorganisasian element, namun dapat dilihat secara utuh atau satu kesatuan jika dibutuhkan.
Fitur layer ini tentunya akan memberikan kenyamanan bagi mereka yang menggunakan aplikaai AI ini. Apalagi dengan adanya layer inia akan memberikan kemudahakan saat digunakan untuk membuat desain grafis atau vektor yang kompleks.
13. Penggunaan yang user friendly bahkan untuk pemula
Aplikasi AI ini dikenal memiliki tampilan user interface serta penggunaan yang user friendly. Artinya untuk pemula sekalipun, aplikasi ini mudah untuk digunakan dan dioperasikan. Dengan menu dan toolbarnya yang tidak terkesan membuat ribet, aplikasi ini menawarkan interface sederhana dan intuitif.

14. Mampu menghasilkan warna yang smooth
Warna yang dihasilkan oleh software AI atau Adobe Illustrator ini mempunyai kualitas yang baik, dimana warna yang dihasilkan mempunyai tekstur dan finishing yang halus. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk aplikasi desain grafis Adobe Illustrator yang satu ini.

15. Image refining yang baik
kelebihan adobe illustrator yang terakhir adalah kualitas resolusinya yang baik, selain itu, aplikasi ini mampu mempertahankan kualitas resolusi gambar saat save dan export di tingkat yang paling baik, sehingga gambar yang dihasilkan pun tidak akan kehilangan resolusi terbaiknya.

Demikianlah ulasan artikel 15 kelebihan adobe illistrator, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan tambahan dalam hal referensi aplikasi grafis sekelas adobe dan mampu memahami apa saja yang menjadi kelebihan aplikasi ini. Untuk lebih mudahnya, sebaiknya mengikuti tips memilih laptop untuk desain grafis, agar memudahkan dalam mengoperasikan software adobe illustrator ini.  Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 10th, November 2017 / 02:39 Oleh :
Kategori : Desain