12 Kelebihan dan Kekurangan adobe After Effect Terbaru

Aplikasi Adobe After Effects adalah aplikasi video editing yang dibesut oleh Adobe yang berfungsi untuk pengolahan citra digital motion graphics. Berbeda dengan aplikasi Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects lebih ditujukan untuk editing video tingkat lanjut, yang mana membutuhkan fitur dan kemampuan lebih , software Adobe After Effect ini untuk mengedit dan membuat Efek-efek video. Adobe after effecs sebelumnya merupakan aplikasi besutan Macromedia yang kemudian diakuisisi oleh Adobe sebagai bagian dari aplikasinya untuk kemudian dikembangkan lagi sehingga namanya menjadi Adobe After Effects.

ads

Baca Juga :

Adobe after effects merupakan aplikasi yang cukup handal, dengan banyak efek yang tersedia dan siap pakai. Kemampuan adobe after effects diantaranya mampu mengubah membuat animasi melalui objek. Selain itu juga after effects didukung dengan ada nya fitutr scripting dan dukungan expression untuk menghasilkan animasi yang lebih dinamis.

Fitur-fitur adobe After Effects antara lain : Pembuatan shape, Keyframe (untuk melakukan animasi),  Action Script (untuk dukungan skripting sehingga memungkinkan animasi yang lebih dinamis dan atraktif), dan masih banyak lagi.

Kelebihan Adobe After Effect

1. Dukungan efek yang melimpah

Ini menjadi kunci penting dari aplikasi adobe after effect yaitu banyaknya dukungan efek untuk pembuatan motion grafik. Ada puluhan efek siap pakai yang diolah dan diaplikasikan pada video atau graphics yang akan Kita buat di workspace.

2. Dukungan native untuk arsitektur CPU 64-bit

Hal ini berarti menjadikan aplikasi adobe after effects bisa digunakan pada basis prosesor 64-bit yang tentu saja menjadikan aplikasi ini lebih cepat, responsif, dan mendukung RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

3. Dukungan Keyframe dan Scripting

Keyframe merupakan fitur kunci animasi dan video sedangkan scripting merupakan fitur yang memungkinkan pergerakan dinamis animasi berdssarkan event dan trigger yang ada pada saat animasi atau video dijalankan saat runtime. Ini tentu menjadi kelebihan adobe after effecs sehingga Kita bisa bukan hanya menciptakan video dengan efek motion graphic yang baik tetapi juga dinamis karena didukung oleh adanya scripting. Tentu hal ini menuntut Kita untuk memiliki pemahaman dasar pemrograman dan algoritma. 


4. Mampu melakukan konversi file vektor ke shape

Ini juga merupakan kelebihan after effects dimana ia mampu membuat file shape dari vektor dengan cara melakukan file import untuk dimasukkan ke dalam workshape. Untuk diketahui vektor merupakan jenis graphic yang menggunakan titik koordinat sebagai satuan terkecil yang membentuk garis bantu gambar.

5. Populer sebagai aplikasi editing video untuk kalangan professional

Adobe After effects merupakan aplikasi skala besar yang sudah banyak digunakan oleh kalangan professional. Mulai dari keperluan membuat animasi, penyuntingan movie, penambahan efek motion grafic sederhana sampai yang komplek, dan media Training melalui piranti Audio Visual bisa dijalankan dengan adobe after effects. Ini membuktikan kredibilitas adobe after effects sebagai aplikasi editing video yang patut diperhitungankan keberadaannya di pasar industri software besar saat ini.

6. Mempertahankan detail gambar  agar halus saat kompresi

Kelebihan lain dari adobe after effects ini adalah kemampuannya untuk tetap menjaga agar kualitas graphic tetap apik dan halus saat dikompressi, demikian terhadap compression ratio dan quality nya pun berimbang. Hal ini bukanlah mudah mengingat fitur kompressi umumnya akan mengurangi detail tekstur graphics sehingga menjadi tidak halus lagi.

Kekurangan Adobe After Effects

1. butuh waktu lebih lama untuk belajar

Dikarenakan kompleksitas fitur dan efek yang tersedia, menjadikan user aplikasi after effects ini perlu waktu lebih lama untuk mempelajarinya. Ditambah dukungan scriptingnya menjadikan Kita perlu waktu lebih untuk mempelajari berbagai konsep pemrograman script di after effect ini, jika akan menggunakan script.

2. Dibutuhkan PC berspesifikasi tinggi

Untuk aplikasi dikelasnya, after effects ini cukup memakan banyak resource CPU dan RAM, oleh karena itu disarankan untuk memastikan dan mengupdrade spesifikasi PC Kita agar lebih tinggi karena jika tidak maka akan mempersulit pengoperasional program dan tentunya crash dan freeze bisa terjadi.

3. Dibutuhkan ketelitian dalam pengoperasian Software

Penggunaan aplikasi editing video sekelas adobe after effects yang bisa dibilang cukup kompleks, menuntut Kita sebagai user untuk memiliki ketelitian lebih dalam pengoperasiannya. Berbagai teknis editing, selecting, keyframing, dan lain lain menuntut keterampilan teknis dalam pengoperasiannya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

4.  Adobe after effects bukan program animasi 3D

Perlu dipahami bahwa aplikasi adobe after effects bukanlah aplikasi animasi berbasis 3D sehingga berbagai fungsi dimensional animasi 3D  tidak akan ditemui di aplikasi editing video ini. Ini menjadi satu kekurangan dimana aplikasi sekelasnya yang berbasis Open Source seperti Blender sudah menerapkan dimensional 3D, meskipun secara fitur dan performa belum bisa mengungguli aplikasi adobe after effects secara keseluruhan.


5. Fungsi rendering teks yang kurang optimal

Salah satu kekurangan Adobe after effects yang lain adalah pada fungsi penanganan teks dan pemformatan yanh kurang optimal. Ini dikarenakan Adobe after effects tidak memiliki basis atau menerapkan fungsi rendering teks dengan baik sebaik aplikasi word processor. Tetapi belakangan semenjak versi terakhir dan update versi sinambungan untuk aplikasinya menjadikan aplikasi adobe after effect mampu menangani rendering teks dengan lebih baik.

6. Tidak support Linux

Adapun ini merupakan opsional yang bisa dipertimbangkan mengingat penggunaan Linux juga banyak. Kelihatannya adobe tidak menyediakan versi porting aplikasi after effects untuk para pengguna sistem operasj Linux

Demikianlah ulasan dari artikel kelebihan dan kekurangan Adobe After Effects. Semoga bisa memberi pengetahuan dan wawasan tambahan terkait  aplikasi editing video dan motion gtaphics ini. Adobe After Effects ini merupakan aplikasi editing video yang banyak digunakan oleh para Professional, karena kaya akan fitur dan efeknya. Namun demikian, penggunaan aplikasi ini menuntut pembelajaran lebih, oleh karena itu untuk pemula disarankan sering mempelajari tutorial yang ada di Internet tentang pengoperaian ini sehingga mempermudah pemahaman dan mempercepat penguasaan aplikasi editing video besutan adobe ini.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 04th, September 2017 / 04:24 Oleh :
Kategori : Video Editing