13 Jenis jenis Ubuntu Linux

Ubuntu adalah salah satu sistem operasi berbasis linux. Ubuntu dikembangkan berdasarkan sebuah sistem operasi linux lainnya yang bernama debian. Sistem Operasi Ubuntu ini dikembangkan dari sistem operasi linux yang merupakan projek open source sehingga seluruh turunan dan jenis dari sistem operasi ini dapat diperoleh secara gratis. Sebagai sistem operasi berbasis linux yang paling populer, pembaca pasti pernah berhubungan dengan sistem operasi ubuntu ini baik secara sadar maupun tidak sadar. Menurut kegunaan dan juga variasinya terdapat beberapa macam jenis ubuntu yang ada hingga sekarang. Jenis-jenis ubuntu tersebut yang cukup dikenal antara lain adalah seperti berikut :

ads

1. Ubuntu Desktop
Ubuntu desktop merupakan versi standar dari ubuntu yang dikembangkan oleh Canonical Ltd. Ubuntu ini merupakan versi ubuntu paling standar dari jenis jenis ubuntu lainnya. Pada awal pengembangannya Ubuntu Desktop atau biasa disebut dengan Ubuntu menggunakan Gnome 2 sebagai desktop environment untuk menampilkan user interface. lalu pengunaan gnome 2 digantikan oleh unity desktop environment yang lebih modern. Hingga saat ini ubuntu yang telah dikembangkan adalah ubuntu versi 17.10 yang menggunakan desktop environment Gnome. ( baca juga : Macam Software Presentasi  )

2. Ubuntu Gnome
Ubuntu Gnome merupakan versi dari ubuntu yang menggunakan Gnome sebagai desktop environment untuk menampilkan user interface ke user. Pada saat awal munculnya ubuntu gnome adalah pada saat Canonical Ltd. sebagai pengembang utama ubuntu memutuskan untuk mengganti standar desktop environmentnya menggunakan Unity desktop environment untuk menggantikan Gnome 2. Sejumlah orang kemudian mengembangkan Ubuntu yang menggunakan Gnome 3 sebagai desktop environment dan menamainya Ubuntu Gnome. Mulai pada versi Ubuntu ke 17.10, Canonical Ltd. menggunakan Gnome 3 pada distribusinya sehingga pengembang Ubuntu Gnome menghentikan pengembangannya dan bergabung untuk mengembangkan Ubuntu.  ( Baca Juga: Jenis jenis Linux Debian )

3. Ubuntu Mate
Ubuntu Mate merupakan versi dari ubuntu yang menggunakan Mate sebagai desktop environment untuk user interfacenya. Mate merupakan desktop environment yang dikembangkan dari gnome 2. Pada awal kemunculannya Ubuntu Mate tidak mendapatkan pengakuan secara official dari Canonical Ltd. sehingga dianggap sebagai Ubuntu versi unofficial. namun setelah mendapatkan pengakuan dari Canonical Ltd. Ubuntu Mate berubah status nya menjadi salah satu varian atau jenis dari Ubuntu yang official. ( baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Linux Slackware  )

4. Ubuntu Budgie
Ubuntu Budgie merupakan versi dari ubuntu yang menggunakan Budgie sebagai desktop environment untuk user interfacenya. Sama seperti jenis ubuntu lainnya, para pengembang ubuntu ini memasangkan budgie yang merupakan desktop environment yang berkembang bersama Gnome. Pengembangan desktop environment budgie bertujuan untuk membuat pengalaman user interface yang berbeda daripada Gnome. Ubuntu budgie sudah mendapatkan pengakuan secara official dari Canonical Ltd. dan termasuk jenis ubuntu yang official. ( baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Linux Redhat )

5. Lubuntu
Lubuntu didapatkan dari penggabungan kata LXDE dan Ubuntu. Lubuntu memiliki kelebihan dari sisi pemaikaian sumber daya hardware dan juga pemakaian energy daripada jenis ubuntu yang lainnya. Dengan keterbatasan hardware dari komputer jadul sekalipun, jenis ubuntu ini dapat berjalan dengan baik. Karena kelebihan inilah Lubuntu banyak dipakai pada mikrokontroller, tablet, dan juga komputer komputer jadul yang memiliki spesifikasi rendah.


6. Kubuntu
Kubuntu merupakan singkatan dari KDE dan Ubuntu. Kubuntu menggunakan KDE sebagai dekstop environment untuk menampilkan interface ke user. Kubuntu pada awalnya disponsori oleh Canonical Ltd. dan dikembangkan sebagai salah satu jenis ubuntu official. Sejak tahun 2012, Kubuntu berganti sponsor menjadi Blue System.

7. Ubuntu Bussiness Desktop Remix
Versi Ubuntu ini merupakan versi ubuntu yang dibundle khusus untuk digunakan oleh enterprise. Berbeda dengan versi standar yang tidak dikhususkan penggunaannya. Versi ini memiliki beberapa fitur fitur yang tidak ada pada versi desktop dan dikhususkan untuk fungsi enterprise

8. Ubuntu TV
Versi ubuntu ini khusus dikembangkan untuk menjadi sistem operasi bagi televisi smart yang dapat menjalankan operating sistem untuk pengoperasiannya. Versi ubuntu ini dikembangkan oleh Canonical Ltd. karena melihat pasar dan kebutuhan dari smart TV sudah semakin berkembang dengan pesat.

9. Edubuntu
Versi Ubuntu ini merupakan versi ubuntu yang memiliki pengguna yang cukup banyak. meski versi ubuntu ini belum disupport secara official oleh Canonical Ltd. namun reputasinya sudah cukup banyak dikenal oleh para pengguna ubuntu. Edubuntu mengkhususkan pengembangannya untuk pengguna di lingkungan pendidikan khususnya sekolah dan juga di rumah.

10. Mythbuntu
Versi ubuntu ini adalah versi ubuntu  yang dikhususkan untuk home theater komputer yang digunakan bersama dengan Myth TV. Jenis ubuntu ini menggunakan Xfce sebagai desktop environmentnya. Pada awalnya Mythbuntu digunakan untuk mempermudah proses pemasangan sebuah aplikasi untuk home theater yaitu MythTV pada komputer. Projek itupun berkembang dan menjadi dikenal di kalangan Ubuntu dengan nama Mythbuntu

11. Ubuntu Studio
Jenis Ubuntu ini memiliki fungsi yang sangat khusus yaitu dikhususkan untuk para editor video maupun foto dan juga audio. Fitur fitur khusus seperti real-time kernel, low-latency kernel, tampilan dan juga suara dari thema yang khusus, serta akses khusus ke repository ubuntu membuat jenis ubuntu ini tidak ada tandingannya untuk digunakan bagi profesional editor baik itu editor foto maupun editor video.

12. Ubuntu Touch
Ubuntu Touch merupakan jenis dari ubuntu yang dikhususkan pengembangannya untuk digunakan ke ponsel pintar. Pada awal pengembangannya, Ubuntu touch ini diyakini akan menjadi pesaing sebanding bagi sistem operasi ponsel pintar yang sudah sangat kita kenal bersama yaitu android. Namun seiring berjalannya waktu, sistem operasi android lebih mendapatkan dukungan dan juga popularitas di dunia sistem operasi untuk ponsel pintar. Hingga pada akhirnya pada tahun 2017, Canonical Ltd. resmi membatalkan projek Ubuntu Touch ini.

13. Ubuntu Server
Ubuntu server merupakan jenis ubuntu yang dikhususkan untuk menjadi sistem operasi pada sebuah server. Perbedaan yang paling utama antara ubuntu server dengan ubuntu lainnya adalah tidak adanya tampilan dekstop environment pada ubuntu ini. Karena memang seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada umumnya sebuah server jarang sekali memiliki tampilan desktop yang ditunjukkan ke user. Karena tampilan desktop ini akan memakan resource dari server yang seharusnya bisa digunakan untuk memenuhi tujuan server seperti untuk memberikan feed dari website.

Demikian lah beberapa jenis sistem operasi ubuntu yang dapat saya tuliskan pada artikel kali ini. kesimpulan yang dapat diambil adalah: Ubuntu memiliki banyak sekali jenis berdasarkan tampilan user interface dan juga bundling software yang menyertai distribusinya. Setiap jenis memiliki fungsinya sendiri secara khusus. Selain Ubuntu, masih banyak sistem operasi berbasis linux lainnya yang dapat di install secara gratis. ( Baca juga: Kelebihan Fedora )

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 02nd, September 2017 / 06:36 Oleh :
Kategori : Sistem Operasi