14 Cara Edit Video Dengan Movie Maker Mudah Diikuti

Saat ini, berbagai konten di internet disuguhkan dalam bentuk audio visual, lebih tepatnya dalam video. Yup, seiring kecepatan internet negara kita yang semakin cepat, maka banyak orang yang mulai menikmati tayangan video melalui smartphone yang mereka punya.

ads

Seiring dengan banyaknya konten video di internet, orang-orang kini juga mulai mencoba untuk belajar untuk mengedit sebuah video buatan mereka sendiri. Untuk mengedit video, macam-macam software editing video bisa Anda gunakan. Salah satu software edit video adalah Windows Movie Maker.

Windows Movie Maker adalah software buatan Microsoft dimana penggunanya bisa mengedit sebuah video dengan tools yang cukup mudah digunakan dan hasil video buatan pengguna bisa langsung dibagikan ke media sosial atau perangkat lainnya. Software ini turut mengiringi sejarah Microsoft Windows sebagai OS populer masyarakat dunia. Tampilan Windows Movie Maker yang cukup mudah dipahami oleh orang, membuat software ini dilirik sebagai software edit video populer.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara edit video dengan Movie Maker. Cara-cara yang kami bahas ini cukup mudah untuk dilakukan, sehingga kami jamin Anda juga bisa membuat sebuah video keren menggunakan software Movie Maker. Yang jelas, tutorial ini bisa Anda ikuti dengan menggunakan OS Windows versi berapapun, baik 32 bit dan juga 64 bit. Jadi, Windows Movie Maker tidak akan terpengaruh akan perbedaaan Windows 32 bit dengan 64 bit.

Selain itu, Anda tidak bisa melakukan cara-cara yang akan kami bahas ini jika laptop Anda menggunakan OS Linux. Jadi, pastikan Anda mengetahui perbedaan Linux dengan Windows. Baiklah, tanpa banyak berkata-kata, berikut cara-caranya:

1. Instal Movie Maker

Sebelum Anda memulai proses editing video menggunakan Movie Maker, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Tenang, Anda bisa mencarinya dengan mudah di internet. Setelah Anda mendownload Movie Maker, jangan lupa untuk diinstal pada komputer Anda. Namun, jika Anda sudah memiliki Movie Maker, Anda bisa langsung menuju langkah kedua di bawah ini.

2. Buka Movie Maker

Setelah Anda menginstal Movie Maker, Anda sudah bisa memulai proses edit video. Buka program Movie Maker pada Windows Anda. Setelah terbuka, kamu bisa langsung memulai proses pembuatan video dengan cara memilih menu File > New Project atau tekan Ctrl + N pada keyboard.

3. Tampilan muka Movie Maker

Mari kita berkenalan dulu dengan tampilan muka dari software Movie Maker. Pada bagian muka, Anda akan disuguhi 3 bagian utama pada di Movie Maker, di antaranya:

  • Pada bagian paling atas, Anda akan menemukan Ribbon, dimana berbagai menu edit, seperti transitions, effects, captions, audio levels, dan lainnya. Anda juga bisa menambahkan video, gambar, dan file audio melalui tool yang ada di Ribbon. Pada bagian ini juga terdapat tool untuk menyimpan cepat video yang telah Anda edit.
  • Bagian di bagian kiri layar, tepatnya di bawah Ribbon adalah bagian Preview Window. Pada bagian ini, Anda bisa melihat video yang Anda edit dan Anda simpan. Bagian ini juga akan memutar video sementara sebelum di-render.
  • Bagian Storyboard atau Timeline. Bagian ini terletak di bawah Ribbon, tepatnya di bagian kanan layar. Bagian ini berisi urutan video, audio, dan file yang di-import dari komputer Anda. Storyboard adalah tempat dimana Anda bisa mengatur, memotong dan mengurutkan klip yang hendak Anda jadikan sebagai video. Bisa dibilang, storyboard ini adalah “kanvas” Anda untuk membuat video.

4. Mengimpor Video atau Gambar

Untuk membuat sebuah video, tentu saja harus ada video atau gambar yang akan ditampilkan. Untuk menambahkan video atau gambar pada video buatan Anda, Anda bisa mengimpornya melalui beberapa cara, diantaranya:

  • Impor video dari kamera Digital Video (DV). Jika Anda memiliki video di dalam kamera digital, Anda dapat menghubungkan kamera itu dengan komputer Anda melalui koneksi IEEE 1394 atau USB 2.0. Kemudian, atur kamera untuk memutar rekaman video.
  • Impor foto atau video dari komputer Anda.  Anda bisa menambahkannya ke Storyboard di Movie Maker dengan mudah. Caranya Anda klik “Add videos and photos”, lalu pilih foto atau video yang ingin ditambahkan di Movie Maker.

5. Memotong Klip

Cara edit video dengan Movie Maker selanjutnya adalah memotong klip menjadi beberapa bagian. Caranya, pilih menu Video, lalu klik Edit. Anda akan menemukan tool Split. Tarik klip yang sudah di-split (dibagi) sesuai urutan yang Anda mau. Selanjutnya, Anda bisa membuang beberapa bagian yang tidak ingin ditampilkan, menyisipkan transisi antar video, dan hal lainnya.

6. Pangkas klip (Trim)

Pemangkasan klip atau trimming clips adalah tool yang berguna untuk membuang beberapa bagian dalam klip, tetapi Anda tidak ingin menghapusnya. “Trims Tool” pada Movie Maker memungkinkan Anda untuk memilih klip berdasarkan urutan yang Anda kehendaki dan urutan tersebut akan digabungkan dari awal hingga akhir untuk membentuk urutan klip yang baru.

7. Menyesuaikan level audio

Sebuah video yang baik juga harus memperhatikan level audio yang dikeluarkan. Anda bisa membuat level audio pada setiap klip memiliki kestabilan yang sama. Untuk mengubah level audio pada suatu klip, klik Edit pada menu Video dan pilih “Volume Video”. Dengan tool ini juga, Anda bisa menyesuaikan dimana audio dari suatu klip akan ditampilkan.

8. Menambahkan Transisi

Untuk menambahkan transisi pada video Anda, Anda hanya perlu memilih klip yang ingin ditambahkan transisi, lalu klik pada tab Animasi pada toolbar untuk membuka beberapa pilihan transisi.

9. Menambahkan Efek Visual

Salah satu keunggulan Movie Maker adalah software edit video ini dilengkapi dengan berbagai macam efek visual (visual effect). Efek ini terdapat di bawah tab Visual Effects pada toolbar.

10. Menghilangkan Transisi dan Efek Visual

Dengan Movie Maker, Anda juga bisa menghilangkan transisi atau efek visual yang sudah Anda tambahkan sebelumnya. Untuk menghilangkan transisi, klik “Animation”, lalu pilih “No Transition”. Begitupun jika Anda hendak menghilangkan efek visual pada video buatan Anda.

11. Menambahkan Judul pada Video

Untuk menambah judul video, klik “Home”, lalu cari Title. Tool ini akan menambahkan halaman hitam dan sebuah slide caption untuk diedit di bagian depan klip yang telah Anda pilih sebelumnya. Anda cukup menambahkan judul video Anda di dalam kotak teks yang disediakan, lalu keluar dari slide caption.

12. Menambahkan Teks pada Video

Jika kamu ingin menambahkan teks pada beberapa bagian video Anda, klik “Caption” yang terletak di bagian bawah Home. Selanjutnya, Anda akan disediakan tempat untuk ditambahkan teks.

13. Finishing: Bagikan di media sosial

Setelah Anda selesai mengedit video, Anda memiliki dua pilihan yang bisa Anda lakukan. Salah satunya, Anda bisa membagikan video yang baru Anda buat di akun media sosial Anda. Windows Movie Maker langsung terhubung dengan Facebook, YouTube, Vimeo, dan Flickr Movie Maker’s. Pada menu Home, Anda akan melihat beberapa pilihan media sosial yang bisa Anda gunakan untuk membagikan video buatan Anda. Anda mau pilih yang mana, itu tergantung dengan keinginan Anda.


14. Finishing: Render ke komputer Anda

Sementara itu, jika Anda ingin hanya sekadar menyimpan video buatan Anda ke komputer, Anda hanya perlu klik “Save Movie” di sebelah kanan Share. Setelahnya, Anda akan diarahkan untuk memilih lokasi folder tempat Anda akan menyimpan video buatan Anda. Setelah disimpan, Anda bisa memutarnya pada macam-macam software multimedia yang tersedia di komputer Anda. Selain disimpan ke dalam komputer, video yang sudah tersimpan bisa Anda burning ke CD. Anda mau pilih yang mana, itu semua terserah Anda.

Dari semua cara yang telah kami sampaikan di atas, kita bisa melihat bahwa cara edit video dengan Movie Maker ternyata tidak sulit dan rumit, karena tool dan menu yang tersedia masih sederhana dan cocok untuk editor video pemula. Masih banyak sebenarnya software gratis untuk edit video yang bisa Anda gunakan selain Movie Maker, meskipun mungkin kemampuannya ada yang lebih atau malah kurang dari Movie Maker. Sekian artikel kami kali ini mengenai cara edit video dengan Movie Maker. Semoga cara-cara yang telah kami sampaikan di atas dapat memberikan referensi bagi Anda untuk mengedit video.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 19th, November 2017 / 13:50 Oleh :
Kategori : Video Editing