3 Cara Memperbaiki Power Supply Dengan Mudah

Power Supply merupakan sebuah perangkat keras yang bertugas untuk memberikan supply energi ke perangkat utamanya. Fungsi power supply pada komputer adalah hal yang vital agar sebuah perangkat dapat bekerja sebagaimana mestinya.

ads

Permasalahan umum yang mungkin membuat power supply rusak kadang disebabkan oleh hal sederhana seperi sekering(fuse) yang meledak ataupun kabel yang longgar.

Secara umum tanda power supply komputer rusak dapat dilihat dari keadaan performanya yang terakhir. Apakah masih sama seperti awalnya ataukah sudah mengalami penurunan yang drastis? Jika performanya menurun maka dapat dipastikan bahwa power supply anda mungkin sudah mendekati waktunya untuk diganti.

Terdapat banyak macam – macam power supply. Untuk mengetahui beberapa dari jenis tersebut anda dapat membaca artikel tentang jenis – jenis power supply dan fungsinya yang membahas lebih lanjut mengenai hal itu.

Hal yang perlu diperhatikan

Sebelum kita melanjutkan ke tahap selanjutnya, ada hal penting yang tidak boleh kita lewatkan. Bekerja atau mengutak atik power supply tidak boleh dianggap remeh, dan sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengalaman yang sedikit dalam dunia kelistrikan. Bahkan jika sebuah power supply telah dilepaskan dari colokannya. Komponen yang ada didadalamnya masih teraliri tegangan listrik dan berkemungkinan besar dapat memberikan anda sengatan listrik bila anda tidak berhati – hati. Jika anda meragukan keahlian anda, biarkanlah seseorang yang berpengalaman akan hal itu yang bekerja atau kalau anda mau cara yang lebih mudah jangan ragu untuk mengganti power supply anda.

Jika anda memutuskan untuk melanjutkan memperbaiki sendiri power supply anda, harap diingat untuk  mencabut perangkat tersebut dari sumber listriknya terlebih dahulu. Dan jangan memakai gelang dari logam ketika bekerja dengan power supply. Jika anda masih percaya diri dengan kemampuan anda untuk memperbaiki sendiri power supply, perlu diingat bahwa resiko ada di tangan  anda sendiri.

Berikut merupakan langkah – langkah cara memperbaiki power supply :

Mengganti dan membuka power supply

  1. Untuk memulainya, sebelum membuka power supply hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencabut kabel daya yang ada pada power supply
  2. Jika power supply berada didalam bagian komputer, cabut semua kabel daya bertegangan rendah dari semua driver dan motherboard nya.
  3. Lepaskan semua komponen yang dapat dilepaskan yang berada disekitar power supply. Entah itu ram ,VGA dan sejenisnya agar tidak menghalangi proses penggantian
  4. Lepaskan semua baut yang menahan power supply pada rangkanya. (Umumnya terdapat empat buah baut)
  5. Sanggah power supply, sembari anda melepaskan baut terakhir dari motherboard. Hal ini perlu dilakukan agar motherboard yang ada tidak jatuh.
  6. Kemudian lepaskan power supply dari rangkainya.

Menentukan apakah fuse (sekering) dalam keadaan baik atau tidak.

  1. Setelah rangka power supply dibuka, anda akan dapat melihat semua komponen utama didalamnya. Fuse normalnya ditemukan pada salah satu sudut dari power supply dan mudah untuk dilihat.
  2. Gunakan ohmmeter atau multimeter untuk mencari tahu apakah fuse masih dalam keadaan baik sebelum melepaskan papan sirkuit dari rangka power supply.
  3. Sebuah fuse yang meledak pastinya akan menunjukkan nilai yang tak terbatas, sedangkan fuse yang baik akan menunjukkan nilai 0.1 sampai 10 ohm.
  4. Jika anda sudah menentukan kondisi dari fuse, coba perhatikan komponen lainnya yang ada pada papan sirkuit power supply.
  5. Lihat tanda-tanda asap, ataupun komponen yang terbakar yang ada pada atau disekitar komponen lainnya.
  6. Jika hal ini terjadi mengganti sekering (fuse) tiadak akan dapat menyelesaikan masalah power supply anda, dan satu – satunya solusi adalah dengan mengganti power supply yang baru.

Mengganti Fuse

  1. Jika anda tidak menemukan tanda-tanda asap, ataupun komponen terbakar. Ini dapat berarti bahwa permasalahan yang ada hanya pada fuse yang meledak.
  2. Langkah selanjutnya akan membahas tentang bagaimana pengganti fuse untuk melakukan ini nantinya akan tergantung dari bagaimana pemasangan fuse pada power supply anda.
  3. Jika penyanggah fuse merupakan pegas penahan maka sekering ini dapat diganti dengan mudah dengan menggunakan sebuah plastic fuse-puller.
  4. Jika sekering anda di solder pada papan sirkuit anda, langkah selanjutnya adalah dengan melepaskan papan sirkuit dari rangka power supply untuk bisa mengakses nya dari bagian bawah papan sirkuit. Perhatian: Pegang papan sirkuit power supply dengan bagian pinggirnya, jangan sentuh bagian pin soldernya dari papan sirkit. Menyetuh pin yang salah bisa menimbulkan efek kejut akibat tegangan listrik yang masih tersisa.
  5. Siapkan solder anda. Cek kembali lokasi fuse sebelum anda menyentuh bagian pin untuk melepaskannya. Beberapa manufaktur mencetak nilai dari fuse disamping papan sirkuit, dan sebagiannya lagi tidak melakukan hal tersebut. Jika nilainya tidak tercetak sama sekali anda harus melepaskan fuse yang lama untuk bisa mengetahui berapa nilainya dan ukuran yang mana untuk memasangnya kembali.
  6. Gunakan solder yang dipanaskan untuk melepaskan sekering (fuse) dari papan sirkuit secara hati – hati.
  7. Untuk memasang fuse secara langsung, anda harus mensolder pin yang sama pada bagian fuse yang baru. (Lakukan hal ini dengan hati – hati).

  8. Setelah memasang fuse pada papan sirkuitnya. Potong dan bersihkan sisa – sisa penyolderan dari fuse yang ada pada papan sirkuit. Gunakan ohmmeter untuk mengecek apakah sekering fuse bekerja dengan baik.
  9. Jika fuse bekerja dengan baik , anda dapat memasang kembali papan sirkuit, pada rangkanya, dan tutup kembali power supply seperti pada rangkanya.
  10. Kemudian pasang pada pcnya untuk mengetesnya.
  11. Jika permasalahan yang ada pada power supply terdapat pada fuse yang meledak langkah – langkah sebelumnya dapat dipastikan akan menyelesaikan masalah ini.

Dengan power supply yang baik tentunya anda akan merasa lebih aman karena semua komponen perangkat keras termasuk fungsi processor akan menerima daya yang lebih konsisten.

Jika anda merupakan seorang gamer mungkin anda akan berminat untuk mencari tahu power supply yang bagus untuk pc gaming. Itu tadi cara memperbaiki power supply, perlu diingat bahwa dalam memperbaiki power supply tidak boleh dilakukan oleh pemula, apabila bila anda bukan merupakan seorang yang ahli. Lebih baik berikanlah kesempatan ini bagi orang yang ahli untuk memperbaikinya. Sampai jumpa lagi diartikel selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 20th, November 2017 / 06:50 Oleh :
Kategori : Power Supply