9 Tanda Power Supply Komputer Rusak

Power Supply atau yang biasa dikenal dengan istilah PSU merupakan salah satu perangkat keras komputer dan juga bagian CPU yang fungsinya sangat penting bagi “kelangsungan hidup” dari sebuah sistem komputer. Ya, sesuai dengan namanya, Power Supply atau PSU ini merupakan alat yang memberikan suplai listrik dan juga tenaga agar komputer dapat menyala.

ads

Fungsi Utama dari Power Supply

Tentu saja, fungsi utama dari power supply adalah untuk membuat agar sistem komputer pada menyala dan juga beroperasi dengan baik. Namun itu hanyalah fungsi praktisnya saja. Pada dasarnya, sebelum sanggup menyalakan komputer anda, power supply memiliki fungsi untuk :

  • Merubah arus listrik dari rumah yang bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC).
  • Arus DC akan membuat motherboard bisa menyala dan mengalirkan listrik ke seluruh bagian CPU, lalu kemudian pada akhirnya menyalakan dan juga mengaktifkan seluruh sistem perangkat komputer.

Jenis – Jenis Power Supply pada Komputer

Pada dasarnya, power supply pada komputer memiliki beberapa jenis, yang tergantung dari tipe dan jenis motherboard yang digunakan dalam sebuah komputer. Untuk mengetahui jenis dari power supply, berikut ini adalah 3 jenis power supply :

1. Power Supply AT

Power supply AT merupakann jenis power supply yang digunaan pada komputer yang menggunakan motherboard tipe AT (Advanced Technology). Power supply AT memiliki 12 pin konektor, dan biasa digunakan pada processor intel Pentium 1 hingga intel Pentium 3.

Saat ini, power supply AT sudah tidak digunakan lagi, mengingat keterbatasan dari motherboard jenis AT. Power supply jenis AT ini memiliki tombol on off yang hanya bisa dimatikan secara manual.

2. Power Supply ATX

Jenis power supply yang kedua adalah power supply ATX atau Advanced Technology Extended. Jenis power supply ATX ini digunakan pada komputer yang menggunakan tipe atau jenis motherboard ATX, yang biasanya menggawangi jenis processor Intel Pentium 3 dan juga Pentium 4.

Power supply jenis ATX ini sudah tidak menggunakan tombol on – off lagi, sehingga akan mati secara ototmatis ketika komputer dimatikan. Power Supply ini memilki 20 pin konektor untuk menghubungkan komputer dengan sumber listrik.

3. Power Supply BTX

Jenis power supply yang ketiga adalah jenis power supply BTX. Power supply BTX merupakan kependekan dari Balanced Technology Extended, yang menggunakan 24 pin konektor. Merupakan jenis power supply yang banyak digunakan pada saat ini, dan mampu menghandle processor canggih, seperti Intel Core I3, i5, i7, dan juga AMD terbaru.

Kerusakan pada Power Supply

Pada dasarnya, karena memilki fungsi yang sangat vital untuk membantu menyalurkan dan juga mengkonversi daya listrik rumah menjadi arus yang listrik yang dapat menyalakan keseluruhan sistem komputer, maka sudah pasti, ketika Power supply ini mengalami kerusakan, akan berdampak pada gangguan pada seluruh sistem kompouter.

Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dan juga tanda dari kerusakan pada power supply :


  1. Komputer sama sekali tidak menyala

Kondisi ini merupakan kondisi yang paling mencerminkan kerusakan dari power supply komputer anda. Biasanya, ketika power supply mengalami kerusakan, maka komputer tidak akan mau menyala sama sekali meskipun sumber listrik dan komponen pelengkap lainnya dalam keadaan yang baik.

  1. Ketka PC dinyalakan, kipas power supply tidak berputar

Ciri lainnya dari kerusakan pada power supply adalah kipas pada power supply tidak mau berputar, padahal komputer sudah dalam posisi ON, dan juga seluruh komponen kelistrikan sudah terpasang dengan benar.

  1. Lampu indikator dari komputer tidak menyala

Lampu indikator kompter juga tidak mau menyala, sehingga hal ini juga berakibat pada kesuluruhan sistem komputer tidak mau menyala dan beroperasi dengan baik.

  1. Komputer mau menyala, tapi stuck pada setting BIOS

Komputer yang mengalami kerusakan pada power supply juga seringkali tidak mau masuk ke dalam sistem operasi, sehingga hanya berada pada layar BIOS saja, tanpa terjadi apa – apa.

Itu adalah beberapa ciri dari power supply yang mengalami kerusakan berupa mati total. Namun demikian, terkadang ada kondisi dimana power supply hanya mengalami kerusakan ringan, sehingga masih sanggup menyala, namun ada beberapa fitur yang terganggu. Berikut ini adalah tanda – tanda dan juga ciri-cirinya:


  • Socket USB tidak bekerja dengan baik.
  • Komputer sering mati sendiri, ataupun mengalami restart sendiri.
  • Kinerja dari komputer melambat, karena komponen CPU tidak memperoleh arus listrik yang optimal.
  • Beberapa aplikasi tidak dapat berjalan dengan sempurna.
  • Terkadang sering juga berpengaruh terhadap malfungsi dari hardware, seperti layar monitor yang meredup, ataupun komputer yang menjadi tidak responsive.

Kerusakan pada power supply pada dasarnya cukup sulit untuk diatasi, karena apabila power supply mengalami kerusakan, akan sulit kembali berfungsi seperti sediakala. Maka dari itu, saran terbaik adalah dengan mengganti power supply komputer anda.

Perlu diingat, anda harus mengganti power supply pada komputer anda sesuai dengan jenis motherboard dan juga jenis sistem komputer anda, jangan sampai salah beli, karena dapat merusak komponen lainnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 24th, September 2015 / 08:31 Oleh :
Kategori : Power Supply