Inilah Daftar Aplikasi Edit Video Android untuk Instagram Terbaik

Instagram saat ini sudah menjadi media sosial yang banyak digunakan oleh banyak orang. Di media sosial yang sudah dimiliki oleh Facebook ini, pengguna bisa membagikan foto dan video yang berkaitan dengan dirinya, termasuk juga membagikan video dan foto hasil kreatifitas dari para penggunanya. Hal itulah yang menjadi daya tarik Instagram saat ini.

ads

Banyak kreator video saat ini yang sudah menggunakan Instagram untuk membagikan karya-karyanya selain di Youtube. Mungkin Anda tertarik untuk menjadi seperti mereka. Lalu, gimana caranya yah?

Salah satu “modal” yang bisa Anda siapkan untuk menjadi kreator video keren di Instagram adalah menginstal aplikasi edit video Android untuk Instagram. Yup, Anda tak perlu memiliki laptop atau software video editor lainnya. Cukup dengan smartphone Android Anda saja, Anda sudah bisa membuat karya video keren. Pastikan Anda telah melakukan cara mengaktifkan Play Store agar Anda dapat menginstal aplikasi ini. Berikut ini kami berikan daftar aplikasi video editor yang bisa Anda gunakan untuk membuat video Instagram Anda.

1. VivaVideo: Free Video Editor

VivaVideo adalah aplikasi video editor Android yang cukup populer. Buktinya, aplikasi buatan QuVideo Inc. ini telah didownload oleh lebih dari 500 juta pengguna Android di seluruh dunia.
Dengan aplikasi ini, Anda bisa menyempurnakan video buatan Anda agar terlihat lebih keren. Caranya? Anda bisa mengandalkan beberapa fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini, seperti memberikan efek filter, menambahkan teks, hingga menempelkan berbagai emoticon lucu.
Selain itu, Anda bisa memasukkan beberapa foto milik Anda menjadi sebuah video. Anda juga bisa menambahkan backsound untuk memeriahkan suasana di video Anda. Cara memotong video di VivaVideo bisa Anda simak di situs kami ini.

2. InShot: Video Editor & Music

Sama seperti VivaVideo, aplikasi ini juga tak kalah populernya di kalangan pengguna Android. Di ranah Instagram sendiri, aplikasi ini bisa diandalkan untuk membuat video keren. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan efek filter yang cukup bagus untuk memperindah tampilan video Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan musik, teks, emoticon, hingga menambahkan efek blur.

3. Flipagram

Aplikasi satu ini bisa Anda gunakan ketika membuat video keren dalam waktu singkat. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggabungkan beberapa foto dalam satu klip video dengan menambahkan musik sesuai selera Anda.
Untuk memperbagus tampilan video Anda, mungkin Anda bisa mencoba 15 filter keren yang ada di aplikasi ini agar video terlihat lebih cantik. Selain itu, developer aplikasi ini juga menyediakan fitur “Top Artists on Flipagram” yang memungkinkan Anda untuk memilih lagu yang sedang hits di aplikasi ini.
Oh iya, jangan lupa untuk menggunakan hashtag yang sesuai dengan isi video Anda agar pengguna lainnya bisa melihat video Anda melalui fitur “Search”Anda juga bisa langsung membagikan video buatan Anda ke beberapa media sosial populer, seperti Instagram, Facebook, Tumblr, dan lainnya.

4. Magisto: Video Editor & Maker

Magisto nampaknya cukup banyak digunakan oleh pengguna Instagram yang punya banyak waktu luang untuk menyalurkan hobi dalam mengedit video. Hebatnya lagi, aplikasi video editor satu ini pernah menjadi sorotan media berita ternama, seperti CNN, TechCrunch, Mashable, Wired,dan media lainnya.
Untuk membuat sebuah video menarik menggunakan Magistos, Anda cukup melakukan 3 langkah mudah. Pertama, pilih video atau foto. Kedua, tentukan tema videonya. Ketiga, tambahkan lagu ke dalam video tersebut. Beragam variasi tema video bisa Anda temukan di aplikasi ini, mulai dari tema natal, tahun baru, ulang tahun, hingga tema pernikahan (tentu saja, tidak termasuk dengan calon mempelainya yah *lahh).

5. PowerDirector Video Editor

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengedit video sesuka hati Anda, mulai dari men-split video, menambahkan soundtrack, hingga menambahkan tampilan video dengan berbagai pilihan efek filter yang menarik. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur unggulan lainnya, seperti dukungan video slowmotion dengan kualitas 120 sampai 140 FPS; kualitas video yang bisa mencapai 4K, UltraHD & AVCHD 3D, serta dukungan render 64 bit yang sangat halus.

6. MiniMovie: SlideShow Video Edit

Aplikasi edit video Android untuk Instagram satu ini biasanya sudah terinstal pada smartphone Android yang menggunakan user interface ZenUI. Anda bisa membuat video keren dalam waktu singkat hanya menggunakan aplikasi ini. Kok bisa? Caranya, Anda hanya perlu memasukkan file foto atau video, terapkan tema, tambahkan musik, hingga tambahkan teks ke dalam video buatan Anda.

7. FxGuru: Movie FX Director

Sebenarnya, FxGuru bukanlah aplikasi video editor yang memiliki kemampuan dalam menggabungkan foto hingga membentuknya menjadi sebuah video seperti aplikasi video editor umumnya. Namun, aplikasi ini menyediakan berbagai animasi berupa efek-efek keren, seperti animasi UFO terbang, rumah runtuh, angin tornado, hingga efek rocket launcherSaking hebatnya efek maupun animasi yang tersediasetiap orang yang melihatnya mungkin akan mengira efek-efek tersebut adalah nyataGa percaya? Mending coba aja deh.

8. KineMaster

KineMaster bisa dibilang merupakan aplikasi video editor dengan fitur paling lengkap dibandingkan aplikasi sejenis. Jelas saja, aplikasi buatan NextStreaming ini memang dirancang untuk pengguna amatir hingga profesional. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan banyak hal, mulai dari memotong bagian video, menambahkan efek khusus, menambahkan file audio, serta melakukan pengeditan video lainnya.
Pada aplikasi ini, tersedia fitur layer yang dapat mempermudah Anda ketika mengedit video. Tetapi untuk bisa menggunakan fitur tersebut, smartphone Android Anda harus mendukung fitur tersebut. Spesifikasi smartphone yang bisa menampilkan fitur layer di aplikasi ini harus memiliki chipset Snapdragon 800, 801, 805, 808, 810, 820, Tegra K1, Kirin 920 HiSilicon 3630 atau Exynos 7 Octa 7420.

9. FilmoraGo

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Walaupun gratis, hasil editing dari video Anda tidak akan “ditempeli” watermark. Itu mengapa, aplikasi ini termasuk dalam daftar aplikasi edit video Android tanpa watermark yang terbaik di kelasnya. Kelebihan lainnya, video yang Anda edit juga tidak akan dibatasi waktu. Anda bisa menciptakan video dengan beragam efek. Mulai dari menambahkan musik, transisi, judul video, serta juga filter. Selain itu, Anda juga bisa mengatur kecepatan video lewat efek slow motion ataupun fast motion. Hasil video yang telah diedit pun bisa langsung di bagikan ke beberapa sosial media populer, seperti Instagram, Facebook, Vimeo, WhatsApp, ataupun YouTube.

10. Quik

Quik adalah salah satu aplikasi video editor Android yang memiliki tampilan antarmuka yang paling sederhana, namun memiliki segudang fitur yang menarik. Aplikasi besutan GoPro ini bisa Anda gunakan juga untuk mengedit video yang sudah Anda rekam menggunakan kamera GoPro Anda.
Filter video yang dimiliki oleh aplikasi ini sebanyak 25 efek, dimana semua efek tersebut memiliki grafis dan transisi yang unik. Pengguna juga bisa menambahkan teks, foto, ataupun soundtrack ke dalam video untuk menghasilkan karya yang memukau. Fitur unggulan lainnya dari aplikasi ini adalah tampilan transisi yang secara otomatis akan mengikuti irama musik yang ada di video. Contohnya, file musik yang Anda gunakan berirama lambat, maka secara otomatis transisinya akan terlihat pelan dan teratur pula. Begitupun sebaliknya.

11. Adobe Premiere Clip

Untuk Anda yang masih pemula dalam mengedit video, mungkin Adobe Premier Clip bisa menjadi pilihan aplikasi edit video Android untuk Instagram yang dapat Anda gunakan. Alasannya, karena aplikasi satu ini memiliki fitur “Automatic”, dimana pengguna hanya perlu memasukkan video atau foto dan aplikasi ini akan melakukan editing secara otomatis.
Hasilnya pun tidak bisa diremehkan loh. Video yang telah diedit menjadi lebih keren dengan balutan grafis atau efek filter di dalamnya. Anda tak puas dengan fitur otomatis tersebut? Anda bisa mengeditnya secara manual melalui fitur “Freeform”Anda juga bisa melakukan cara merotasi video di Instagram dengan fitur ini.

Nah, setelah Anda mengetahui aplikasi edit video Android untuk Instagram yang bisa Anda coba, selanjutnya Anda harus tahu cara memotong video di Instagram. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Software