3 Cara Download Story Instagram Termudah

Instagram adalah media sosial yang saat ini sedang naik daun di Indonesia.Media sosial satu ini sangan diterima dengan baik oleh berbagai kalangan masyarakat, baik dari masyarakat biasa, selebritas, hingga pejabat publik. Selain di Indonesia, Instagram juga digunakan di berbagai macam negara. Memang, media sosial satu ini merupakan media sosial yang juga ngetren di berbagai negara. Apa Anda salah satu penggunanya? Hah belum? Jika belum, Anda bisa mengikuti cara mendaftar Instagram di situs kami ini.

ads

Seiring berjalannya waktu, Instagram telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak fitur-fitur baru yang menarik minat penggunanya. Seperti mulai hadirnya fitur Instagram Stories, video siaran langsung, dan lainnya.

Diantara semua fitur terbaru Instagram, fitur yang bisa dibilang paling menarik adalah Instagram Stories, atau sebutan lainnya Story. Instagram Story bisa disebut sangat mirip dengan fitur utama dari Snapchat, dimana Anda bisa mengupload foto atau video singkat yang dihiasi teks, stiker, dan coretan-coretan gambar. Menariknya lagi, story yang dibuat oleh pengguna secara otomatis akan hilang setelah 24 jam.

Mengapa banyak pengguna Instagram yang menggunakan Instagram Story. Inilah beberapa alasannya:

  • Anda tidak perlu khawatir dengan overposting yang bisa mengganggu timeline Instagram orang lain.
  • Anda bsia mengedit foto menjadi lebih kreatif dengan Instagram Stories. Karena Anda bisa mengedit foto atau video dengan gaya baru, plus fitur teks dan alat gambar di Story.
  • Foto dan video yang dibagikan akan hilang dalam waktu 24 jam, sehingga Anda tak perlu khawatir menjadi “spammer”
  • Tidak ada like dan komentar publik, yang bisa membuat Anda bisa lebih mengekspresikan diri Anda.

Karena lama waktu tayangnya yang cuma 24 jam, maka untuk Anda termasuk orang yang suka mengoleksi momen-monen Instagram Stories dari keluarga, artis idola, atau yang lainnya, Anda sebaiknya perlu mengetahui cara download story Instagram.

Tetapi, Anda mungkin akan kebingungan saat mencari karena pada Instagram Stories tidak disediakan fitur download. Walaupun sebenarnya, Anda akan menemukan pilihan “Save Video/Photo” dan “Save Stories” di Instagram Stories milik Anda. Pilihan ini sengaja dihadirkan karena biasanya video dan foto yang direkam di Stories tidak otomatis tersimpan seperti halnya postingan foto atau video Instagram biasa.

Namun, pilihan yang sama tidak akan Anda temukan saat Anda hendak menyimpan Stories yang diupload oleh teman Anda atau Stories menarik dari pengguna Instagram yang Anda ikuti. Alasannya, begitu Anda membuka Stories selain Instagram milik Anda sendiri, Anda hanya akan menemukan pilihan “Report” dan  “Message”.

Penasaran dengan cara download story Instagram? Berikut ini kami akan berikan cara-caranya di bawah ini.


1. Menggunakan Aplikasi Ketiga

Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendownload stories Instagram yang diupload oleh teman atau pengguna Instagram yang Anda ikuti. Salah satu aplikasi yang akan kami bahas adalah StorySaver for Instagram. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis melalui Google Play Store. Pastikan Anda telah melakukan cara mengaktifkan Play Store sebelumnya.

  • Download dan Instal StorySaver

Pertama-tama, Anda harus mendownload aplikasi bernama “Story Saver for Instagram” di Google Play Store. Anda harus memiliki akun Google untuk melakukan hal ini. Jika belum, Anda harus melakukan cara mendaftar akun Google. Setelah itu, instal di perangkat Android Anda.

  • Instal dan Buka StorySaver

Buka aplikasi StorySaver yang sudah Anda instal. Lalu, masuk menggunakan akun Instagram Anda.

  • Cara Menyimpan Stories

Setelah masuk, Anda akan melihat nama-nama akun dari following list yang baru saja membuat Story. Pilih username yang Stories-nya ingin didownload.

Anda bisa juga mencari nama pengguna tertentu dengan menyentuh ikon pencarian di pojok kanan atas. Contohnya, kami hendak mencari akun @teddytv39. Selanjutnya, pada aplikasi akan muncul seluruh Stories yang diupload oleh @teddytv39.

Setelah itu, Anda tinggal pilih Stories yang ingin disimpan, baik berbentuk video ataupun foto. Klik “Allow” pada jendela yang muncul. Selanjunya, Anda akan dihadapkan pada 3 pilihan, yaitu “Repost”, “Save” dan “Share”. Jika Anda hendak menyimpan stories, pilihlah “Save”. Sedangkan, jika Anda hendak memposting ulang Stories dari following list di akun Instagram Anda, pilihlah “Repost”. Atau Anda ingin membagikannya ke media sosial selain Instagram dan aplikasi chat, Anda bisa memilih “Share”.

2. Download Story Instagram Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda juga ternyata bisa menyimpan stories dari following list Instagram Anda menggunakan aplikasi file manager di perangkat Android Anda. Caranya seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Pertama, Anda harus melihat story Instagram yang ingin disimpan.
  • Selanjutnya, buka aplikasi file manager atau file explorer di perangkat Android Anda. Jika tidak ada, Anda juga bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ES File Manager.
  • Cari folder Android > data > com.instagram.android > cache > video. Lalu, pilih file yang teratas. Biasanya, file tersebut adalah file dari story yang baru saja Anda lihat.
  • Ganti ekstensi filenya dari “.clean” menjadi “.mp4”.
  • Pindahkan file tersebut ke folder yang Anda inginkan.

3. Download Story Instagram di Web Browser:

Ternyata, bagi Anda pengguna PC atau laptop, Anda pun bisa kok mendownload story Instagram dari following list Anda. Caranya akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Jika pada laptop atau PC Anda sudah terinstal Google Chrome, abaikan langkah ini. Jika tidak, download terlebih dulu web browser Google Chrome.
  • Bukalah Google Chrome, lalu pilih “Apl” > “Toko Web” atau “Web Store”.
  • Pada halaman Chrome Web Store, ketik “Chrome IG Story” di kolom pencarian. Setelah ketemu, klik Tombol  “Add to Chrome”.
  • Setelahnya akan ada muncul jendela. Pada jendela tersbeut, klik “Add Extentions”.
  • Selanjutnya, ekstensi tersebut akan mulai terdownload. Anda sudah berhasil mendownloadnya jika ada logo “Chrome IG Story” di kanan atas.
  • Buka website resmi Instagram dan login menggunakan akun Instagram Anda. Jika Anda lupa kata sandi dari akun IG Anda, ikuti cara membuka Instagram lupa kata sandi. Dan kini Anda bisa menonton dan melihat Instagram story dari teman-teman Anda di browser. Caranya, Anda tinggal klik salah satu foto profil teman Anda di bawah navigasi menu.  

  • Jika Anda ingin mendownload foto atau gambar, pilih salah satu Story teman Anda yang ingin Anda download. Selanjutnya akan muncul jendela Lightbox.
  • Arahkan kursor ke foto. Lalu klik kanan pada foto/gambar dan pilih “Save image as”.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Windows Explorer. Berikan nama pada foto yang ingin disimpan. Lalu klik tombol “Save”. Foto tersebut kini sudah tersimpan di laptop atau komputer Anda.
  • Sedangkan jika Anda ingin mendownload video dari story Instagram, pilih salah satu Story teman Anda yang ingin disimpan. Selanjutnya, akan muncul jendela Lightbox Video.
  • Arahkan kursor ke foto. Lalu klik kanan pada video dan pilih “Save video as”.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Windows Explorer. Berikan nama pada video yang ingin Anda simpan. Lalu klik tombol “Save”. Video tersebut kini sudah tersimpan di laptop atau komputer Anda.

Sekian informasi yang bisa kami berikan kepada Anda seputar cara download story Instagram. Jangan lupa untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan bermanfaat. Jika Anda hendak mengelola video Instagram Anda layaknya profesional, Anda bisa menggunakan aplikasi edit video Android untuk Instagram yang pernah kami rekomendasikan di situs ini.

, , , ,
Oleh :