4 Cara Mengatasi Laptop Restoring Your Previous Version of Windows yang Efektif

Banyak pengguna komputer atau laptop yang masih kesulitan ketika menemui ‘restoring your previous version of Windows‘ ketika baru saja menyalakan laptopnya. Banyak yang berpikir bahwa ini adalah kecelakaan atau kegagalan Windows untuk memuat versi terbaru. Masalahnya ini termasuk kelebihan dan kekurangan Windows 10 pro final yang perlu Anda pahami. Pada kasus ini, laptop terjebak dalam kondisi me restore atau mengembalikan ke windows versi sebelumnya. Padahal tidak semuanya akan beruntung dan berhasil untuk kembali ke windows 8. Lalu pertanyaannya, berapa lama laptop akan terjebak dan berputar untuk loading serta tidak dapat digunakan? Apa yang harus Anda lakukan?

ads

Jika laptop Anda berada dalam mode ‘restoring your previous version of Windows‘, Anda harus berhati-hati. Inilah beberapa cara mengatasi laptop restoring your previous version of Windows. Dengan cara ini, diharapkan Anda bisa mendapatkan laptop Anda kembali ke keadaan normal. Namun, Anda harus melakukan back up untuk menyelamatkan data-data penting Anda.

2. Kewajiban Sebelum Atasi Masalah – Back up data anda

Jika cara pertama tidak bisa Anda lakukan, anda bisa melakukan cara selanjutnya. Namun sebelum itu, Anda harus memback up data Anda di laptop. Kelebihan Windows 10 adalah adanya kemudahan dalam file sharing antar komputer. Berikut ini cara memback up data pada laptop atau cara sharing file pada windows 10 :

  • Install EaseUS Todo Backup. pada laptop lain yang normal dan memiliki OS yang sama dengan laptop anda yang bermasalah.
  • Buatlah disk bootable dengan EaseUS Todo Backup. Inilah cara membuat bootable disk pada komputer atau laptop :
  1. Siapkan sebuah USB drive atau CD/DVD-Recorder, dan sebuah CD/DVD-R/W yang dapat digunakan untuk menyimpan data.
  2. Buka EaseUS Todo Backup, klik Tools > Create Emergency Disk
  3. Pilihlah WinPE emergency disk.
  4. Klik Proceed untuk membuat bootable disk.
  • Hubungkan bootable disk tersebut dengan hardisk di laptop Anda yang bermasalah. Reset laptop Anda dari bootable disk dan masuk ke menu utama EaseUS Todo Backup.
  • Klik Disk/Partition Backup atau File Backup untuk memilih manakah partisi yang akan menyimpan seluruh data anda.
  • Setelah Anda memilih mana disk yang Anda pilih, kemudian backup data anda ke dalam partisi tersebut. Klik proceed untuk memulai proses backup laptop Anda.
  • Tunggulah proses backup laptop Anda selesai, dan Anda bisa mengatasi laptop Anda yang bermasalah pada langkah selanjutnya.

Nah, berikut cara mengatasi masalah Anda jika telah selesai melakukan back up data.

1. Bersabarlah dan Tunggu Proses pengembalian versi selesai.

Sebenarnya proses ‘Windows 10 stuck at restoring your previous version of Windows’ itu sendiri yang bermasalah. Banyak pengguna yang membiarkannya dan menunggu proses itu selesai. Kebanyakan menunggu membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam, kemudian komputer akan restart dengan sendirinya. Namun, jika laptop selalu restart,  bisa jadi terdapat masalah lain. Anda harus memahami cara mengatasi laptop restart terus-menerus untuk Windows 10.

Laptop atau komputer akan mengatasi masalahnya sendiri jika Anda sabar menunggunya. Mau tidak mau anda harus mencoba merelakan pekerjaan Anda terhambat dan meninggalkan laptop Anda menjalankan prosesnya. Anda bisa meninggalkan komputer atau laptop dalam keadaan demikian pada malam hari. Pada pagi hari setelah bangun tidur, Anda akan menemukan bahwa laptop Anda telah baik-baik saja.


2. Reset Windows anda di WinRE (Windows Recovery Environment)

Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda benar-benar tidak sabar melakukan cara pertama. Ini juga bisa dilakukan jika cara pertama tidak berhasil mengatasi stucknya laptop Anda. Berikut langkah mereset windows :

  • Download Windows 10 media creation tool dan buatlah media instalasi windows.
  • Restart laptop anda dari windows installation media.
  • Pada halaman Install Windows, klik Repair your computer untuk masuk ke Windows recovery Environment.
  • Klik pada Reset this PC untuk mengatasi masalah restoring windowsnya.

Setelah itu, tunggulah hingga laptop Anda baik kembali.

3. Melalui Sytem Restore atau Startup Repair

Jika cara di atas masih belum bisa, Anda bisa melakukan cara selanjutnya. Berikut langkah-langkahnya :

  • Download windows 10 media creation tool dan buatlah windows 10 installation media.
  • Restart laptop anda melalui windows 10 installation media.
  • Pada halaman install windows, klik repair your computer untuk memulai recovery.
  • Pilihlah troubleshoot.
  • Klik Advanced Options lalu klik pada System Restore atau Startup Repair.
  • Langkah terakhir adalah menunggu prosesnya hingga selesai.

4. Bersihkan Instalasi Windows 10 dengan ISO Image

Cara ini adalah cara terakhir yang mungkin paling efektif untuk mengatasi laptop dalam mode Restoring Your Previous Version of Windows, yang sedikit berbeda dengan cara repair windows 10 dengan cmd. Anda bisa menguninstalasi Windows 10 Anda dengan memanfaatkan ISO image. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  • Download windows 10 media creation tool.
  • Gunakan media creation tersebut untuk mendownload windows 10 ISO image file.
  • Burned ke dalam bootable DVD atau USB flash drive.
  • Selanjutnya, bersihkan install windows 10 pada laptop Anda.
  • Laptop Anda akan bersih tanpa windows, namun Anda bisa melakukan cara instal Windows 10 di laptop baru ataupun laptop yang baru dibersihkan tersebut.

Cara yang terakhir ini terbukti paling efektif untuk cara mengatasi laptop Restoring Your Previous Version of Windows. Namun jangan lupa untuk membackup file di laptop Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop Restoring Your Previous Version of Windows. Biasanya laptop yang mengalami hal ini disebabkan karena sebelumnya laptop telah mengalami off mendadak. Bisa saja ini terjadi karena batere yang habis dan abai untuk segera menchargenya. Selain itu bisa juga laptop terlalu banyak bekerja, misalnya tidak mati dalam beberapa hari.

Pada beberapa kasus, Restoring Your Previous Version of Windows disebabkan oleh selalu on nya sambungan internet pada laptop. Begitu laptop dinyalakan, kadang windows akan selalu mengupdate secara otomatis. Pada beberapa updating, ada yang berhasil, ada pula yang tidak karena sinyal tiba-tiba lemah atau laptop tiba-tiba full memori. Karena itulah, mematikan wifi dan koneksi internet juga salah satu cara untuk menjaga laptop tidak bekerja terlalu banyak. Sebagai tambahan, Anda dapat mempelajari cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk Windows, cara mengatasi laptop blank dan cara memperbaiki laptop rusak power menyala layar tidak tampil yang mungkin juga Anda hadapi. Semoga bermanfaat ya!

, , ,