Apa Perbedaan Jaringan dan Internet? Baca Aja Di Sini

Sekarang ini, fungsi jaringan komputer dan internet sudah semakin terasa dalam kehidupan sehari-hari. Segala macam aktivitas kita sehari-hari kini ditunjang oleh penggunaan jaringan komputer dan internet. Mulai dari mengejakan tugas kuliah, bekerja, hingga memesan ojek online.

ads

Jaringan komputer dan internet sekilas sama jika dilihat dari segi fungsi dan manfaatnya. Padahal, kedua hal ini memiliki perbedaan loh. Emang apa perbedaan jaringan dan internet? Tenang aja bro, kali ini kami akan mengulasnya untuk Anda. Tetapi, sebelum itu kami akan menjelaskan pengertian dari jaringan komputer dan internet. Ini dia ulasannya.

Pengertian Jaringan

Jaringan (network) atau sebutan lainnya jaringan komputer, adalah sebuah sistem yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya yang saling terhubung untuk digunakan secara bersama-sama dalam cakupan area yang sempit. Jaringan komputer sendiri terdiri dari sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya, yang selanjutnya disebut sebagai nodes (titik), dimana mereka semua terhubung antara satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.

Jaringan komputer juga dapat didefinisikan sebagai sekumpulan terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan jaringan komputer dibangun adalah agar informasi atau data yang dibawa dari pengirim (transmitter) bisa sampai ke penerima (receiver) dengan tepat dan juga akurat.

Masing-masing nodes berfungsi sebagai workstation. Nah, salah satu nodes difungsikan sebagai penyedia jasa atau biasa disebut sebagai server dan komputer lainnya sebagai client. Perbedaan komputer server dan client berada pada kewenangan yang dimilikinya. Nodes server mengatur fungsi tertentu dari nodes lainnya. Sedangkan, client akan menggunakan layanan yang disediakan oleh server untuk berbagai hal, salah satunya adalah mencetak dokumen dengan printer yang terhubung ke komputer server.

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan komunikasi antara satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat dibutuhkan untuk integrasi data antar komputer-komputer client, sehingga dapat diperoleh kumpulan data yang berkesinambungan dan dapat diakses oleh masing-masing client.

Cakupan pemakaian jaringan komputer biasanya cenderung kecil, karena jaringan komputer dihubungkan melalui kabel-kabel jaringan LAN biasa ataupun menggunakan jaringan wireless di dalam satu area saja. Jadi, cakupan pemakaiannya terbatas dan hanya bisa digunakan di tempat-tempat yang tidak terlalu besar. Contohnya kantor, perguruan tinggi, dan sekolahan.

Jika jangkauannya ingin diperluas lagi, maka diperlukan perangkat jaringan tambahan seperti Hub, Switch, Bridge, dan Router, sebagai perangkat-perangkat yang mendukung interkoneksi. Perbedaan hub dan switch serta perangkat lainnya, terdapat pada fungsi dari masing-masing perangkat di dalam jaringan komputer. Fungsi router contohnya, adalah sebagai pelaksanan TCP layer lapisan ketiga, yaitu network, yang menghubungkan area jaringan yang berbeda.


Sedangkan jenis-jenis jaringan komputer yang biasa dijumpai adalah LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network)

Beberapa manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

  • Kita bisa mengakses file yang dimiliki oleh anggota jaringan
  • Kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  • Pengguna bisa mengirim teks, gambar, dokumebn, audio, atau video secara real time.
  • Efisiensi sumber daya di dalam jaringan. Misalnya di dalam suatu kantor memerlukan printer, maka kita cukup membeli satu printer untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut.

Pengertian Internet

Pengertian internet (atau istilah lainnya interconnection networking) yaitu jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan hingga milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, yang menggunakan berbagai jenis komunikasi, mulai dari jaringan telepon, satelit, dan lainnya.

Internet dapat juga didefinisikan sebagai susunan umum PC (personal computer) yang saling berhubungan dan mengatur penggunaan konvensi Internet dalam bentuk protokol TCP / IP, yang ditujukan untuk menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia.

Perkembangan internet pada awalnya adalah sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui sebuah proyek yang bernama ARPANET. Awalnya, proyek ini ditujukan hanya untuk keperluan militer. Tetapi, lama kelamaan internet terus berkembang hingga akhirnya sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Hal tersebut bisa terjadi berkat subsidi dari National Science Foundation Network di tahun 1980-an, dan juga adanya pembiayaan swasta untuk ekspansi bisnis. Sehingga mendorong perkembangan internet secara keseluruhan dalam memajukan inovasi di dalam jaringan internet.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia melalui internet:

  • E-mail (Electronic mail), adalah surat elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer atau gadget. Dengan e-mail, surat yang dikirimkan akan sampai kepada penerima pada saat itu juga.
  • File Transfer Protocol (FTP) adalah salah satu layanan yang disediakan internet untuk melakukan transfer file.
  • Telnet (Telecommunication Network) adalah salah satu protokol jaringan yang digunakan untuk melakukan koneksi ke sebuah server melalui port tertentu. Telnet biasanya digunakan untuk berinteraksi langsung dengan komputer server.
  • World Wide Web (WWW), adalah sekumpulan dokumen multimedia yang saling terhubung menggunakan link hypertext, atau istilah lainnya HTTP (Hypertext Transfer Protocol), yaitu sebuah link yang digunakan untuk melakukan perpindahan antar dokumen.

Perbedaan Jaringan dan Internet

Setelah kita mempelajari mengenai pengertian dari jaringan dan internet, kali ini kami akan menjawab pertanyaan apa perbedaan jaringan dan internet? Berikut ini jawabannya.

  • Jaringan komputer mengatur komputer dari mulai, proses, hingga akhir informasi atau data tersampaikan, yang disebut sebagai network hubs. Sedangkan, internet merupakan susunan umum PC (personal computer) yang saling berhubungan yang mengatur penggunaan konvensi Internet melalui protokol TCP / IP, dalam menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia.
  • Internet membantu pengguna dalam mengakses World Wide Web (WWW), sedangkan koneksi jaringan membantu pengguna dalam mengakses perangkat komputer tertentu.
  • Jaringan memungkinkan orang yang menggunakan komputer untuk terhubung ke web dan sekali terhubung ke internet, orang bisa belajar banyak hal dan mendapatkan pengetahuan. Sedangkan pada jaringan komputer, orang hanya terbatas untuk mengakses informasi yang dibagikan di dalam sebuah jaringan.
  • Internet menjadi sekumpulan jaringan yang berbeda dan saling terkaitan di seluruh dunia. Komputer atau gadget yang terhubung bisa berkisar hingga jutaan perangkat. Sedangkan, jaringan menjadi sekumpulan dua komputer atau lebih yang saling terhubung untuk melakukan tugas di dalam area tertentu saja.
  • Jaringan adalah penghubung antar komputer. Sehingga transfer informasi bisa terjadi pada tingkat yang lebih cepat dan biasanya transfer informasi ini berlaku untuk dua orang atau perangkat. Sedangkan, internet menjadi sumber untuk mendapatkan informasi dari sejumlah orang yang tidak terbatas dan tak ada batasan.
  • Jaringan merupakan sistem terpusat dan dikendalikan oleh orang-orang yang memiliki kewenangan tertentu, yang diimplementasikan di dalam jaringan client-server. Sedangkan, internet sifatnya desentralisasi dan tidak ada satu pihak pun yang memiliki wewenang untuk mengendalikannya.

Kesimpulan

Dari berbagai perbedaan jaringan dan internet yang telah dibahas, kita bisa mengambil kesimpulan dan poin-poin utama perbedaan jaringan dan internet, yaitu:


  • Internet memiliki jaringan yang sangat luas, bahkan sampai sedunia. Sedangkan jaringan hanya berkutat di sekumpulan komputer di wilayah yang kecil dan tidak terlalu besar.
  • Internet memiliki jaringan yang kuat, karena didukung oleh berbagai jenis komunikasi. Mulai dari jaringan telepon, satelit, fiber optik, dan lainnya.
  • Perkembangan internet semakin lama semakin pesat. Sedangkan perkembangan jaringan komputer pada umumnya cenderung lambat
  • Internet bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Sedangkan jaringan komputer biasa digunakan oleh perkantoran, sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, dan tempat terbatas lainnya.

Sekian artikel kami kali ini yang membahas apa perbedaan jaringan dan internet. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa menambah pengetahuan bagi Anda. Bagi Anda yang ingin mencari tahu soal jaringan dan internet lebih dalam, coba Anda baca artikel kami yang membahas perbedaan intranet, internet, dan ekstranet.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Komputer Dasar