5 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Tidak bisa dipungkiri lagi, di zaman sekarang kebutuhan internet layaknya kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika kita melihat kehidupan orang-orang yang sering disebut orang milenial. Akses internet merupakan salah satu kebutuhan hidupnya.

ads

Untuk dapat mengakses jaringan internet, kita harus menggunakan provider yang merupakan pihak “penghubung” layanan antara konsumen dengan jaringan internet. Saat ini, sudah banyak provider yang sering memberikan keunggulan pada fitur masing-masing. Meskipun ada provider yang menyajikan layanan internet tak terbatas alias unlimited, namun hanya pihak-pihak tertentu saja yang dapat menikmatinya.

Sebab, dari sisi harga masih terlampau mahal. Maka dari itu cara lain untuk tetap dapat menikmati jaringan internet dengan kemampuan finansial yang pas-pesan, muncullah kuota. Kuota sendiri merupakan salah satu cara untuk mengakses internet namun dengan batasan tertentu.

Untuk kamu yang sangat sering menggunakan layanan internet berbasis kuota pasti terkadang ada rasa jengkel. Pasalnya kadang-kadang kuota internet selalu berkurang cepat bahkan habis hanya dalam beberapa jam saja. Padahal kamu baru saja membeli kuotanya. Kira-kira apa penyebabnya? Mari kita simak pemaparannya penyebab kuota internet cepat habis berikut ini.

1. Tidak Mengecek Penggunaan Kuota

Perlu kamu ketahui, ketika data pada ponsel dinyalakan, maka secara otomatis jaringan internet juga terbuka. Dengan kata lain, meskipun kamu tidak memakai ponsel tapi data dinyalakan, tetap saja kuota akan terus terpakai. Oleh sebab itu, kamu harus jeli dalam mengecek kuota setiap harinya. Caranya sendiri berbeda-beda karena setiap seri ponsel smartpone berbeda-beda cara membuka fitur untuk mengecek internet.

Jika perlu, lebih baik kamu menginstal aplikasi yang khusus untuk mengecek kuota di internet. Dengan begitu, kamu bisa lebih teliti lagi dalam penggunaan internet.

2. Tidak Mengatur Data Seluler Pada Aplikasi

Buat kamu yang sering menggunakan aplikasi pesan instan seperti Whatsapp, Line, BBM, dan lain sebagainya pasti pernah membuka file berupa foto, video, dan file PDF yang telah dikirim baik itu dari seseorang maupun dari sebuah grup. Sadar atau tidak, ketika kamu membuka dokumen tersebut maka secara otomatis kamu mengunduhnya. Dengan kata lain semakin banyak kamu membuka foto, video, dan juga file PDF maka semakin banyak juga kuota yang digunakan untuk melakukan unduh tersebut.

Oleh sebab itu, kamu harus mengatur data seluler yang digunakan pada aplikasi tersebut. Contohnya, dalam aplikasi Whatsapp, kamu dapat mengatur untuk pengunduhan video, foto, dan file PDF hanya melalui Wifi saja sehingga hal tersebut dapat menghemat kuota.

3. Mengatur Update Otomatis

Salah satu kekeliruan kita saat memegang ponsel smartphone adalah tidak mengatur update otomatis di Play Store. Aplikasi Play Store memiliki otomatisasi melakukan update secara berkala pada semua aplikasi yang terdapat pada smartphone. Bisa kamu bayangkan jika kamu memliki aplikasi yang lebih dari sepuluh dan diupdate secara bersama-sama menggunakan kuota yang kamu punya. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika kuotamu cepat habis.

Oleh sebab itu, kamu harus mengatur update otomatis pada Play Store. Di dalam pengaturan Play Store, kamu bisa memilih apakah tidak perlu update atau update hanya menggunakan Wifi. Jika tidak update, maka aplikasi tidak akan pernah diupdate oleh Play Store. Sebaliknya, jika update menggunakan Wifi, maka Play Store akan update secara otomatis ketika jaringan ponsel terhubung dengan Wifi.

4. Streaming Video dan Musik

Saat ini, streaming video dan musik sudah menjadi salah satu hiburan tersendiri untuk para pengguna smarphone. Akan tetapi, tahukah kamu jika melakukan streaming pada musik dan video membutuhkan jumlah data yang besar? Saat kamu memutar 1 musik dan 1 video dengan durasi yang cukup singkat (misalnya 5-10 Menit) membutuhkan data lebih kurang puluhan MB. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika kuota kamu akan cepat habis ketika mendengarkan musik dari aplikasi Spotify, Joox, Youtube, dan aplikasi streaming lainnya.


Hal ini juga berlaku pada sosial media, terutama instagram, jika kamu sering memutar insta story, video-video maupun suara dalam intagram juga sama – sama memakan banyak kuota yang kamu gunakan. Oleh sebab itu, Jika kamu memang sangat ingin menonton video unduhan dari Youtube, kamu bisa gunakan cara download Youtube Go untuk dapat menikmatinya. Sebaliknya jika ingin mendengarkan musik maupun berkaraoke secara offline bisa gunakan aplikasi karaoke tanpa kuota ini.

5. Bermain Game Online

Bermain game online saat ini pun juga bisa digunakan hanya melalui smartphone saja. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu saat game online lebih banyak dimainkan pada komputer. Nah, game online sendiri dapat dijalankan ketika ada data internet. Begitu juga pada smartphone, saat kamu memainkan game online, kamu pasti menggunakan kuota saat memainkannya.

Sama halnya dengan streaming musik dan juga video, game online juga menggunakan data yang besar untuk dapat memainkannya. Akan tetapi itu tergantung dari sisi grafis, dan detail game-nya. Apabila kamu memainkan game online yang grafisnya tidak terlalu bagus dan juga ukuran gamenya kecil, biasanya data yang diperlukan juga kecil sekitar beberapa KB saja.

Itulah 5 penyebab kuota internet cepat habis digunakan. Perlu juga kamu sadari kalau meskipun dapat memenuhi hampir semua kebutuhan manusia, dampak positif dan negatif internet tetaplah harus diperhatikan seperti bahaya kecanduan internet. ditambah lagi untuk anak-anak sekolah juga perlu diperhatikan seperti macam-macam cyber crime maupun bahaya internet bagi anak sekolah lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Software