7 Cara Terbaik Meningkatkan Performa PC Untuk Bermain Game

Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki kemampuan dalam menganalisis dan memproses sebuah data. Pada awal perkembangannya, komputer memang dibuat untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Hal tersebut bisa kamu lihat perkembangan komputer generasi pertama.

ads

Seiring dengan berjalannya waktu, fungsi komputer tidak hanya sebagai alat untuk kalangan tertentu saja. Komputer yang kita gunakan sekarang sudah dapat dinikmati oleh berbagai golongan masyarakat. Mulai dari kepentingan bisnis hingga untuk hiburan. Salah satu hiburan yang sering menggunakan komputer adalah game.

Sebuah komputer dapat memainkan game mulai dari yang ringan sampai yang paling berat. Itu tergantung bagaimana spesifikasi komputer dalam memainkan sebuah game. Sebab, tidak semua game dapat berjalan di komputer yang memiliki spesifikasi rendah.

Akan tetapi, kamu dapat memaksimalkan kinerja komputer dalam menjalankan sebuah game. Untuk mengetahuinya, berikut cara meningkatkan performa PC untuk bermain game yang perlu anda ketahui :

1. Menurunkan Visual Pada Game

Salah satu penyebab game tidak dapat maksimal bekerja dalam komputer adalah dalam sisi grafisnya. Jika komputer yang kamu gunakan tidak memiliki spesifikasi khusus untuk bermain game, maka game akan tersendat-sendat atau istilahnya adalah lag. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, kamu harus menurunkan kualitas visual dalam game.

Caranya adalah dengan mengatur resolusinya agar sesuai dengan kemampuan komputer yang kamu gunakan. Memang konsekuensi dengan menurunkan visual akan mengurangi detil-detil pada game. Akan tetapi, keuntungannya adalah game dapat berjalan dengan baik.

2. Sering Update Kartu Grafis

Cara berikutnya adalah dengan update kartu grafis yang digunakan pada komputermu. Dengan sering melakukan pembaharuan kartu grafis, kinerja komputer yang kamu pakai akan terus terjaga performanya. Dengan  begitu, game yang kamu mainkan pun juga mudah dimainkan.

Tidak hanya untuk game, jika kamu menggunakan aplikasi edit video atau aplikasi yang berhubungan dengan grafis pun juga akan mudah dijalankan.

3. Tidak Menjalankan Aplikasi Lain Saat Bermain Game

Banyaknya aplikasi yang berjalan pada komputer dapat menyebabkan kinerja komputer akan lambat. Apalagi aplikasi yang kamu buka banyak memakan RAM komputer, hal tersebut tentu saja membuat kinerja komputer menjadi lebih lambat. Maka dari itu, ketika kamu ingin bermain sebuah game, usahakan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang membutuhkan RAM komputer yang sangat banyak.

Dengan begitu, memori RAM akan lebih fokus dalam game saja sehingga kinerja dalam menjalankan game tidak terganggu.

4. Rutin Lakukan Defragment

Defragment merupakan proses dalam pengelompokan blok-blok yang ada pada harddisk. Dengan begitu data-data dapat dikelompokkan dengan mudah. Selain itu, dengan rutin melakukan defragment pada hardisk juga dapat membuat kinerja pada harddisk juga meningkat. Hal ini juga akan berpengaruh pada kinerja game pada komputer.

Apabila kamu sering lupa melakukan defragment pada harddisk, kamu bisa menangggani harddisk dengan SSD. Salah satu kelebihan SSD adalah tidak perlu melakukan defargment sehingga kinerjanya akan selalu terjaga.

5. Upgrade VGA

Untuk dapat memainkan game dengan kualitas yang tinggi, maka komputer juga harus menggunakan VGA yang memang khusus untuk game. Terdapat banyak fungsi VGA card yang sangat dibutuhkan dalam bermain game di PC anda. Saat ini sudah ada dua jenis VGA yang khusus untuk game yakni Nvidia dengan seri Geforce serta AMD dengan seri Game Evolved.


Dengan menggunakan VGA khusus game tersebut, bisa menjamin kamu untuk memainkan game dengan kualitas yang baik. Hanya saja, penggunaan VGA khusus ini harus sinkron dengan komponen-komponen komputer lainnya. Maka dari itu, kamu harus cek dulu apakah VGA khusus ini dapat dijalankan dengan baik pada komputermu atau tidak.

6. Sering Pantau Suhu Komputer

Ketika kamu akan bermain game, cobalah untuk mengecek terlebih dulu suhu pada komputer. Pada saat menjalankan game, suhu pada komputer pasti akan meningkat sebab kartu grafis, dan driver akan meningkatkan performanya. Nah, disinilah suhu panas pada komputer akan meningkat. Perhatikanlah pada bagian CPU dan juga GPU.

Jangan sampai suhu keduanya lebih dari 85 derajat. Kamu dapat memakai pendingin tambahan untuk CPU panas seperti kipas angin maupun AC. Hal ini dapat mengurangi CPU panas.

7. Memperbaharui Perangkat Komputer

Cara yang terakhir adalah dengan memperbaharui perangkat keras komputer. Seperti yang sudah disebutkan diawal bahwa tidak semua komputer dapat menjalankan semua game. Sebab, game memiliki spesifikasi khusus untuk dapat memainkannya.

Jika kamu sangat ingin memainkan game yang memiliki spesifikasi khusus, kamu harus memperbaharui perangkat kerasnya sesuai dengan spesifikasi minimun yang diinginkan. Dengan begitu, game dapat dijalankan dengan baik. Tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk upgrade perangkat PC itu tidak murah.

Dengan kata lain, kamu harus siap merogoh kocek lebih dalam. Namun, kamu dapat menekan biaya upgrade PC dengan merakit sendiri. Jika kamu ingin merakit sendiri, pastikan untuk menggunakan power supply yang bagus untuk PC gaming sebagai pendukung perangkat game.

Itulah 7 cara meningkatkan performa  PC untuk bermain game. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Software