7 Aplikasi E-Voting Berbasis Android

Saat ini kita sedang berada di zaman perkembangan jaringan komputer. Zaman yang sebagian besar aktivitas sehari-hari lebih dominan menggunakan sistem komputer dan jaringan internet. Hal tersebut bisa kita lihat di sekeliling kita atau bahkan kita sendiri. Mulai dari pemesanan makanan, berbelanja, pelayanan, sampai pengiriman tugas pun sebagian besar menggunakan sistem perangkat komputer, terutama smartphone.

ads

Karena kepraktisannya itu , beberapa perusahaan pun sudah melirik berbagai fasilitas yang bisa dilakukan dengan komputer. Contohnya sistem pelayanan kepada masyarakat yang saat ini sudah mulai menggunakan sistem online dibandingkan harus langsung datang ke kantor setempat. Begitu juga dengan kebutuhan survey. Saat ini juga sudah tersedia layanan poling menggunakan sistem online atau istilah populernya adalah E-voting.

E-Voting sendiri merupakan singkatan dari Elektronik Voting atau jika diterjemahkan adalah pemilihan elektronik. Tujuan dari E-voting sendiri sama dengan voting pada umumnya yakni mendapatkan sampel dalam melakukan survey baik itu untuk umum maupun kalangan tertentu. Hasil dari survey tersebut akan menjadi acuan untuk tindakan selanjutnya dari kalangan tertentu.

Baca juga : software pembuat aplikasi android tanpa coding offline

Dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, cara melakukan E-voting pun tidak selalu harus menggunakan komputer. Dengan berbekal smartphone dan jaringan internet, kita juga dapat melakukan E-voting. Berikut 7 aplikasi E-voting berbasis Android yang berguna untuk kamu.

1. Straw

Straw adalah aplikasi yang fokus dalam melakukan layanan berupa E-Votting. Keunggulan dari Straw ini dapat terintegrasi dengan media sosial. Dengan begitu kamu dapat lebh mudah dalam mengirimkan E-voting kepada teman-teman dari media sosial milikimu. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya membuat pertanyaan-pertanyaan dalam sebuah kolom yang nantinya hal itu akan menjadi polling utama.

Jika kamu ingin menambahkan gambar dalam polling, Straw memberikan fasilitas tersebut. Jika sudah, kita bisa sebarkan polling tersebut pada media sosial, email, sms, bahkan Whatsapp. Jika kamu mempunyai sebuah website, kamu bisa sematkan E-votting ini di dalamnya. Di dalam Staw ini juga disematkan jangka waktu dalam pengambilan suara.

2. Global Test Marketing (GMT)

Aplikasi berikutnya adalah Global Test Marketing atau disingkat GMT. Aplikasi ini juga salah satu aplikasi untuk melakukan survey yang cukup populer digunakan oleh berbagai kalangan, terutama untuk perusahaan. Cara untuk penyebaran E-votingnya adalah dengan mengirimkan link E-voting melalui email. Untuk mendapatkan layanan ini, pastikan kamu sudah melakukan pendaftaran registrasi  terlebih dahulu.

3. Google Form

Siapapun pasti tahu dengan Google. Salah satu mesin pencari terbesar dan terpopuler saat ini juga membuat sebuah aplikasi untuk melakukan survey. Aplikasi tersebut bernama Google Form. Untuk kamu yang sudah memiliki akun Google, maka kamu dapat langsung menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini.

Baca juga : perbedaan komputer server dengan komputer client biasa

Selain untuk fitur E-voting, Google Form juga dapat diigunakan sebagai fitur registrasi. Untuk dapat melalukan E-voting, kamu cukup buat lembaran baru lalu isi E-voting sesuai dengan keinginan. Setelah itu, kamu dapat kirim ke orang-orang yang kamu tuju hanya dengan mengirimkan link-nya saja. Hasil dari E-voting tersebut hanya bisa dilihat oleh sang administrator saja.

4. Poll Everywhere

Aplikasi Poll Everywhere merupakan aplikasi E-voting yang sangat sederhana yang dapat kamu gunakan. Keunggulan dari Poll Everywhere ini adalah kita dapat melakukan polling secara  langsung dihadapan para peserta ketika kita sedang melakukan presentasi. Dengan kata lain, Poll everywhere sangat cocok kamu gunakan ketika sedang dalam presentasi, seminar, diskusi, dan sebagainya, selain itu Poll Everywhere ini dapat diperlihatkan hasilnya ke dalam Microsoft PowerPoint.


5. Votter

Votter adalah aplikasi E-voting berikutnya yang lebih fokus untuk survey dari sisi psikologi seseorang. Dalam Aplikasi Votter ini, kamu dapat membuat votting yang nantinya dapat menentukan kondisi kejiwaan seseorang. Hal ini sangat mungkin bahkan dengan hanya dengan memilih pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajukan.

Kategori yang disajikan pun bermacam-macam, ada politik, fashion, teknologi, olahraga, percintaan, pekerjaan, dan lain-lain. Hasil dari survey ini akan menampilkan jawaban berdasarkan kategori yang diambil, jenis kelamin, dan beberapa aspek lainnya.

6. Wishbone

Suka dengan membanding-bandingkan selera ?. Aplikasi ini cocok untuk kamu gunakan. Pada dasarnya Wishbone merupakan sebuah jejaring sosial yang dapat menampilkan sebuah E-voting kepada seluruh member di dalamnya. Kamu dapat membuat sebuah voting yang lebih khusus mengenai selera apa yang disukai oleh komunitas tersebut.  

Akan ada sekitar 14 pertanyaan yang berhubungan dengan budaya pop di seluruh dunia. Pada umumnya E-voting di Wishbone hanyalah sekadar senang-senang belaka dan tidak cocok untuk voting yang lebih terstruktur.

7. Pyne –Poll The World

ingin mendapatkan hasil voting sambil berdiskusi dengan orang lain?. Aplikasi Pyne sangat cocok kamu gunakan. Aplikasi ini hampir sama dengan Aplikasi Wishbone yakni sebuah aplikasi jejaring sosial. Hanya saja kamu dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk voting sambil berdiskusi.

Bahkan kamu juga dapat mengajukan pertanyaan yang dianggap kontroversial sekalipun. Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah pikiranmu akan lebih terbuka dengan berbagai sudut pandang yang ada.

Itulah 7 aplikasi E-Voting berbasis Android yang berguna untuk kamu. Jika kamu ingin mencoba membuat aplikasi Android, kamu dapat membaca referensi software pembuat aplikasi android tanpa coding offline dan juga cara membuat aplikasi android studio. Semoga dapat memberikan manfaat untuk semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Andoid