6 Aplikasi Restart HP Android Tanpa Root

Ponsel android di zaman sekarang sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari kaum pelajar sampai kalangan pebisnis sudah mulai menggunakan ponsel android sebagai alat utama untuk berbagai keperluan. Mulai dari sekadar telepon dan SMS, hiburan sampai tugas-tugas pekerjaan yang berhubungan langsung denga perangkat pintar satu ini.

ads

Pada dasarnya, ponsel Android tetap menggunakan beberapa konsep lama. Sebuah handphone seperti cara menghidupkan dan mematikan ponsel, memasukan headset, sampai bagian mencargernya. Nah, untuk cara menghidupkan dan mematikan sebuah HP Android sampai saat ini masih menggunakan konsep lama yakni terdapat tombol power.

Biasanya tombol power pada Android terdapat di samping kanan maupun kiri, di bagian atas samping port headset dan bahkan ada yang disematkan pada bagian belakang dekat dengan kamera. Permasalahan yang terjadi ketika kita akan mematikan dan menghidupkan ponsel Android adalah tombol power tidak berfungsi. Bisa karena rusak, tidak terdeteksi, atau ada benda asing yang menghalangi bagian tombol on/off-nya. Apabila kamu mengalami hal seperti ini, janganlah khawatir.

Sebab, saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang dapat membantumu dalam melakukan restart tanpa menggunakan tombol power. Untuk lebih jelasnya, berikut 6 aplikasi restart HP Android tanpa harus melakukan root.

1. Gravity Screen

Gravity Screen merupakan aplikasi yang bisa kamu andalkan ketika ingin melakukan restart pada Android. Aplikasi ini dapat kamu temukan pada Play Store. Cara penggunaan aplikasi ini pada dasarnya adalah menggunakan sensor yang ada pada HP Android. Oleh sebab itu, untuk dapat memaksimalkan fitur di dalamnya pastikan HP Androidmu memiliki sensor.

Cara kerja aplikasi ini ketika  tanganmu memegang ponsel, maka otomatis ponsel akan hidup secara otomatis. Sebaliknya, ketika kamu menaruh ponsel di meja, maka ponsel akan mati secara otomatis. Kamu juga dapat memodifikasi bagaimana cara on dan juga off-kan ponsel sesuai selera.

2. Power Button to Volume Button

Aplikasi berikutnya adalah Power Button to Volume Button. Aplikasi ini mampu untuk mengubah tombol power ke tobol volume agar dapat melakukan restart maupun on/off ponsel Android. Cara menggunakannya adalah kamu tinggal buka aplikasi power button ini.

Setelah itu, pilih “Enable Volume power” agar aplikasi ini akan dapat dijalankan. Ceklis pada bagian Boot dan juga screen off sehingga tombol power akan beralih ke bagian tombol volume. Sekarang kamu bisa melakukan restart tanpa harus menggunakan tombol power.

3. Boot Manager

Aplikasi berikutnya adalah Boot Manager. Aplikasi ini memiliki keunggulan pada efisiensi memori pada perangkat Android milikmu. Ketika Android melakukan restart, maka aplikasi ini akan mencegah beberapa aplikasi yang kita pilih untuk ikut “terbuka” pada saat ponsel menyala. Hal tersebut merupakan cara agar HP Android tidak lemot.

Selain itu , memori ponsel akan lebih luas pada saat pertama dinyalakan. Pada dasarnya, ketika ponsel dihidupkan, maka akan banyak aplikasi yang juga ikut terbuka yang menyebabkan kinerja ponsel menjadi lebih lambat. Aplikasi boot manager ini merupakan solusi aplikasi agar android tidak lemot.

4. Fast Reboot Pro  

Berikutnya ada Fast Reboot Pro. Aplikasi ini juga bisa menjadi salah satu pilihanmu untuk melakukan restart pada Android. Kelebihan utama menggunakan aplikasi ini terletak pada sistem jadwalnya yang bisa kamu pakai sesuai keinginan.


Selain itu fitur unik pada aplikasi ini adalah dapat melalukan restart hanya dengan membuka kunci ponsel serta ditambah adanya shortcut atau jalan pintas untuk dapat menuju ke aplikasi Fast Reboot ini. Hanya saja, aplikasi ini tidaklah gratis. Kamu harus membayar untuk dapat menikmati fasilitas yang diberikan pada aplikasi ini.

5. Reboot

Aplikasi yang satu ini mempunyai kesamaan dengan poin keempat. Hanya saja aplikasi reboot ini dapat kamu gunakan secara Cuma-Cuma alias gratis. Fitur unggulan pada aplikasi ini antara lain reboot recovery mode dan reboot bootloader.

Aplikasi ini sangat berguna ketika ponsel Android yang kamu gunakan gagal melakukan restart dengan menggunakan tombol power. Nah, bagi kamu yang khawatir data akan hilang, ini dia cara merecovery data yang hilang dan sangat praktis.

6. Recovery Reboot

Apabila kamu tidak ingin repot-repot dengan berbagai macam fitur yang ada pada aplikasi restart, maka Recovery Reboot ini sangat cocok denganmu. Aplikasi ini tidak banyak fitur-fitur yang terlihat rumit dan cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu hanya buka aplikasi ini dan klik menu untuk melakukan restart.

Dengan begitu, aplikasinya akan otomatis melakukan restart dengan segera. Hanya saja, untuk memaksimalkan fitur yang ada di dalam aplikasi ini perangkat Android Anda harus dipasang BusyBox, Clockwordmod, dan juga TWRP.

Itulah 6 aplikasi restart HP Android tanpa perlu Root. Ketika saat melakukan restart ada beberapa aplikasi yang hilang di Android, kamu bisa coba baca referensi mengenai cara mengembalikan data yang terhapus di Android. Ditambah lagi, apabila terdapat kerusakan yang cukup parah pada tombol powernya, akan jauh lebih baik kalau kamu segera membawanya ke tempat service. Kenali juga jenis-jenis malware yang berbahaya bagi smartphone kesayangan kamu. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kamu semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Andoid