2 Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Android Dengan Mudah

Kadang secara tidak sengaja kita dapat menghapus file atau data penting yang ada di Android. Terutama buat anda yang sering menyimpan file dan data penting yang ada di smartphone. Tentu bukanlah hal yang menyenangkan jika file penting yang anda miliki secara tiba-tiba menghilang karena terhapus tanpa sengaja.  Ada banyak faktor yang bisa membuat file di android terhapus mulai dari kelalaian, hingga virus android paling berbahaya.

ads

Jika anda ingin mengembalikan data – data yang tersebut, anda beruntung karena disini saya akan mencoba berbagi cara mengembalikan data yang terhapus di android. Saat anda menyadari data atau file anda terhapus pada perangkat android anda, hal pertama yang harus anda lakukan adalah segera berhenti untuk memakai perangkat ini untuk sementara dan coba secepatnya untuk mengembalikan data tersebut. Jika tidak kemungkinan besar data yang ada pada perangkat android anda akan mengalami overwrite dan anda tidak akan bisa lagi mendapatkan data tersebut. Jika hape anda terjangkit virus ada baiknya anda membersihkan virus tersebut dengan cara menghapus jenis – jenis malware pada perangkat android anda. Dengan begitu proses pengembalian datanya nanti akan menjadi lebih mudah. Perlu diingat bahwa bahaya virus android serupa dengan bahaya virus komputer. Yang dapat memberikan kerugian bagi para pengguna yang terjangkit olehnya.

Mengembalikan data yang hilang pada android tidak jauh berbeda dengan cara merecovery data yang hilang pada pc. Untuk mengembalikan data – data yang hilang pada saat ini juga dapat dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini karena telah tersedia banyak software recovery di internet dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Didalam android ketika anda menghapus suatu file, file tersebut akan langsung terhapus secara permanen. Tidak seperti pada pc anda yang mana akan memindahkan file yang terhapus ke fitur recycle bin sebelum dihapus secara permanen. Cara mengembalikan data yang terhapus di android sebenarnya tidak jauh juga berbeda dengan cara mengembalikan data flasdhisk yang terhapus. Hanya saja ini akan menggunakan aplikasi yang berbeda dengan sistem yang berbeda pula.

Berikut merupakan cara mengembalikan data yang terhapus di android dengan menggunakan aplikasi.

Mengembalikan data yang terhapus di android menggunakan aplikasi dumpster.

Aplikasi Dumpster bekerja serupa dengan cara kerja dari Recycle Bin di komputer pada umumnya. Dumpster adalah salah satu aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja pada perangkat android anda. Dumpster juga sangat mudah digunakan berkat tampilan interfacenya yang ramah pengguna.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan data yang terhapus di android. Berikut merupakan beberapa langkah – langkah mengembalikan file dengan menggunakan aplikasi ini:

  • Pertama anda perlu mendownload dan menginstall aplikasi ini. Anda dapat mendownloadnya dari Google Playstore secara gratis.
  • Setelah berhasil didownload dan diinstall, buka aplikasi ini. Nanti akan muncul perintah yang meminta jenis file yang ingin anda kembalikan. Jika anda tidak mengetahui jenis filenya anda bisa memilih bagian”all” untuk mengambalikan semua jenis file yang pernah terhapus pada perangkat android anda.
  • Aplikasi ini kemudian akan melakukan scanning terhadap jenis file yang ingin anda kembalikan. Jika proses scanning file sudah selesai, nantinya akan muncul daftar file yang sudah terhapus
  • Diantara data yang terhapus disitu. Pilihlah file atau data yang ingin anda kembalikan.
  • Setelah anda memilih file atau data yang ingin anda kembalikan, anda bisa memilih bagian “Restore”. Untuk mengembalikan data yang terhapus tersebut ke perangkat android anda.

Mengembalikan data yang terhapus di Android menggunakan ES File Explorer.

Cara lain untuk mengembalikan data file yang terhapus adalah dengan menggunakan ES file Explorer. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi software file manager terbaik yang memiliki banyak fitur termasuk juga fitur Recycle Bin. Data – data penting yang mungkin terhapus dapat dikembalikan dengan menggunakan fitur ini.

Berikut merupakan cara menggunakan ES file Explorer untuk mengembalikan data yang terhapus pada perangkat android.

  • Yang pertama anda perlu lakukan adalah mendownload aplikasi ini dan kemudian menginstallnya. Silahkan download dari halaman resminya di Google Playstore.
  • Buka aplikasi ini dan pilih menu yang ada pada bagian sidebar sebelah kiri.
  • Setelah itu pilihlah bagian “Recycle Bin” dan kemudian tap untuk mengaktifkannnya.
  • Sekarang, jika anda ingin mengembalikan file yang terhapus, anda hanya perlu untuk men-tap Reycle Bin dari bagian side bar sebelah kiri dan aplikasi ini akan memunculkan semua file yang pernah anda hapus.

Itu tadi tentang cara mengembalikan data yang terhapus di android. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 23rd, November 2017 / 02:17 Oleh :