4 Cara Mengganti LCD Laptop Paling Mudah

Laptop merupakan salah satu peralatan elektronik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk pekerjaan, belajar, dan kegiatan hiburan. Mungkin, Anda sudah berusaha untuk melakukan beberapa cara menjaga laptop agar tidak cepat rusak. Namun, seiring dengan bertambahnya usia pemakaian laptop, kerusakan kemungkinan besar akan terjadi pada komponen-komponen laptop. Salah satu komponen yang akan mengalami kerusakan pada laptop adalah layar atau LCD.

ads

Ciri-ciri LCD laptop rusak yang biasa terjadi pada layar atau LCD laptop adalah adanya garis vertikal atau horizontal yang memanjang pada layar, tampilan bergetar atau sebutan lainnya flicker, LCD laptop pecah, blank atau layar tidak menampilkan gambar sama sekali.

Anda sebenarnya bisa saja untuk mengganti LCD laptop Anda di dealer atau service center resmi dari merek laptop yang Anda beli. Tetapi, pasti Anda akan membutuhkan uang yang jumlahnya tidak sedikit, tergantung dari kerusakan pada layar lcd laptop Anda. Hal tersebut karena beberapa service center laptop memasang harga yang cukup tinggi untuk penggantian LCD laptop. Bisa jadi, harganya mendekati harga untuk sebuah laptop baru atau mungkin saja malah lebih mahal.

Sebagai informasi bagi Anda, sebenarnya LCD laptop memiliki sifat yang universal. Contohnya seperti ini, LCD laptop merek A bisa dipakai pada laptop merek B selama soket beserta dudukannya sama. Jadi untuk penggantian LCD laptop, Anda tidak harus menggunakan LCD dari merek yang sama persis dengan LCD dari merek laptop yang Anda gunakan sekarang.

Jika Anda ingin mengganti LCD laptop Anda dengan harga yang sangat murah, Anda bisa melakukannya hanya dengan cara membeli modul LCD-nya saja di toko komputer atau tempat service laptop yang terpercaya untuk selanjutnya Anda pasang sendiri. Harga layar LCD laptop yang ada di pasaran, tepatnya di luar service center berkisar antara Rp 500.000,- sampai Rp 1.000.000,-.

Namun, jika Anda sendiri belum yakin untuk melakukan bongkar pasang LCD laptop Anda sendiri, Anda dapat meminta bantuan ke tukang servis laptop untuk dipasangkan. Tenang, untuk mengganti LCD saja, seharusnya proses perbaikannya bisa ditunggu. Hal tersebut karena proses yang dibutuhkan biasanya hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja.

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk melakukan bongkar pasang sendiri LCD laptop Anda, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara mengganti lcd laptop. Baiklah, mari kita mulai pembahasannya:

1. Lepaskan Rubber LCD Laptop Anda

Rubber adalah lapisan karet yang berfungsi untuk membungkus sekrup pengunci LCD. Lapisan ini biasanya terletak di sudut-sudut casing layar. Coba perhatikan rubber yang ada pada casing laptop Anda. Hitung jumlahnya berapa. Biasanya dala satu laptop paling banyak terdapat empat rubber, dua rubber, atau malah ada yang tidak menggunakan rubber sama sekali.

Nah, jika layar LCD laptop Anda tidak memiliki rubber, Anda bisa langsung melanjutkan perbaikan ke langkah berikutnya. Sedangkan, jika sebaliknya, lepaskan rubber tersebut menggunakan jarum. Setelah rubber terlepas, di dalamnya akan terdapat sekrup. Lepas seluruh sekrup yang berada dibalik rubber-rubber tersebut.

Namun, ada yang harus Anda perhatikan pada tahap ini. Tidak semua rubber pada layar laptop berbentuk bulat. Ada juga rubber layar LCD laptop yang memiliki bentuk segitiga, kotak, dan bentuk lainnya.


2. Lepaskan LCD Mask

LCD mask adalah salah satu bagian pada casing laptop yang membungkus layar LCD dari arah depan. Cara melepasnya adalah sebagai berikut:

  • Posisikan jari di bawah webcam laptop
  • Tarik keluar LCD mask secara perlahan sampai bagian sambungan casing akan terlepas.
  • Lakukan langkah tersebut di sekeliling bagian layar laptop agar seluruh LCD mask bisa terlepas. Jika seluruh sambungan pada casing sudah terlepas, maka LCD mask dapat dilepaskan dengan mudah.

Pada beberapa seri laptop dari merek tertentu, LCD masknya ada yang agak sulit untuk dilepas karena tersambung pada penutup engsel laptop yang terletak di bagian belakang. Untuk melepaskan LCD mask yang seperti itu, gunakan alat bantu berupa obeng minus atau sejenisnya. Lalu, sisipkan ujung obeng pada lubang engsel. Terakhir, angkat engsel tersebut ke atas secara perlahan.

3.  Melepaskan Kabel Webcam dan Sekrup LCD

Setelah LCD mask dilepas, artinya langkah tersulit dari pembongkaran LCD sudah berhasil Anda lewati. Pada tahap ini, penampakan dari fisik LCD laptop Anda sudah terlihat jelas.

Langkah selanjutnya adalah melepas kabel kamera atau webcam. Cara untuk melepasnya ada berbagai cara, tergantung dari penampakan bagian dalam LCD-nya. Ada yang tinggal dilepas saja sekrup LCD-nya; ada juga yang harus melepaskan kabel webcam dahulu, lalu sekrup engsel pada bagian bawah dikendorkan.

Setelah sekrup engsel dikendorkan, tarik maju sedikit demi sedikit modul LCD-nya. Perhatikan pada samping kanan dan kiri modul tersebut terdapat sekrup pengunci LCD. Lepaskan semua sekrup tersebut agar LCD dapat dilepas dari engselnya.

4. Melepas Kabel LCD

Setelah seluruh sekrup dilepas, letakkan LCD laptop Anda di atas keyboard agar kabel fleksibel LCD dapat terlihat. Lepaskan kabel tersebut dengan cara menarik kabel tersebut keluar dari soket. Jika pada kabel tersebut terdapat perekat (contohnya seperti plester atau sejenisnya), lepaskan dulu perekat tersebut.

Tentu saja, Anda melepas layar LCD laptop memiliki tujuan kan? Pasti Anda hendak memasang kembali layar LCD yang baru. Nah, untuk cara pemasangannya tetap sama dengan proses melepas. Hanya saja, urutan langkah-langkah dan tindakannya yang dibalik, mulai dari langkah terakhir menuju langkah pertama.

Sebenarnya, sebelum Anda mengganti LCD laptop Anda, sebaiknya Anda cek dulu kerusakan apa yang terjadi pada layar laptop Anda. Salah satu cara untuk mengeceknya adalah menggunakan Pixelrepairer. Cara menggunakan Pixelrepairer pun cukup mudah kok.

Setelah tadi kami memberikan informasi mengenai cara-cara melepas LCD laptop, selanjutnya kami akan memberikan informasi kepada Anda yang berkaitan dengan pelepasan layar LCD laptop, yaitu hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mengganti LCD Laptop, diantaranya adalah:

  • Pastikan kerusakan yang terjadi pada laptop Anda hanya terjadi pada layar LCD laptop Anda (Misalnya: LCD pecah, LCD mati, dan lainnya).
  • Pastikan kabel flexibel LCD dalam kondisi bagus. Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan LCD laptop yang bagus atau menggunakan multimeter.
  • Pastikan inverter pada LCD dalam kondisi bagus. Cara pengecekannya sama dengan pengecekan kabel flexibel LCD.
  • Pastikan laptop Anda berada dalam kondisi bagus dan bisa dioperasikan ketika dipasangkan ke layar eksternal seperti proyektor atau port VGA pad CPU (maksudnya, layar LCD Anda menampilkan gambar dari Windows). Jika tidak bisa, ada kemungkinan terdapat ciri-ciri VGA rusak pada CPU yang Anda pakai.


Bagi Anda yang sudah mengerti mengenai seluk-beluk perangkat keras atau hardware pada komputer, mengganti LCD laptop rasanya tidak akan sulit, malahan bisa dibilang sangat mudah. Dengan catatan, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal mengenai laptop yang akan Anda ganti layar LCD-nya. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli layar LCD laptop baru:

  • Pastikan jenis layar laptop Anda, apakah bertipe LCD atua malah LED. Biasanya Anda dapat melihat ini pada spesifikasi yang tertera pada dus laptop.
  • Pastikan Anda membeli layar laptop yang pas dan cocok dengan casing atau bodi laptop Anda.
  • Pastikan layar laptop yang Anda pesan atau beli sesuai untuk jenis dan tipe laptop Anda
  • Terakhir dan paling penting, pastikan Anda memiliki uang untuk membelinya.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara mengganti LCD laptop. Ternyata, jika Anda mengikuti petunjuk yang telah kami berikan di atas, sebenarnya mengganti LCD laptop sangat mudah untuk dilakukan. Agar LCD laptop Anda terjaga keawetannya, sebaiknya Anda tahu cara membersihkan LCD laptop dengan benar. Semoga artikel kami dapat membantu Anda untuk mengganti LCD laptop dengan baik dan benar.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 22nd, November 2017 / 13:08 Oleh :
Kategori : Monitor