8 Cara Memperbaiki PC yang Tidak Bisa Tampil Ke Monitor Paling Mudah

Komputer saat ini bisa dibilang adalah salah satu kebutuhan yang utama bagi sebagian orang. Khususnya untuk para pekerja atau pengusaha yang berhubungan dengan komputer. Mekipun saat ini sudah ada laptop maupun tablet yang fungsinya dapat menggantikan peran PC, namun pada beberapa kondisi, PC masih tetap dibutuhkan.

ads

Berbicara mengenai PC, sama halnya dengan barang elektronik lainnya. Kadang-kadang ada saja masalah yang menghinggapinya. Salah satu “penyakit” yang sering dialami oleh PC adalah tidak muncul pada layar monitor. Padahal dari sisi CPU tidak terlihat ada masalah yang berarti. Oleh sebab itu, untuk mengetahui apa yang menjadi sumber masalahnya, berikut 8 cara memperbaiki PC yang tidak bisa tampil ke monitor.

1. Cek Monitor komputer

Langkah yang pertama adalah mengecek bagian monitor karena bagian utama yang menjadi masalah adalah monitor. Kamu harus memastikan tidak ada komponen yang salah atau kerusakan yang berarti pada bagian monitor. Contohnya periksa bagian kabel-kabel yang menghubungkan PC dengan monitor. Cobalah ganti kabel-kabel yang lama dengan kabel-kabel yang baru. Jika pada kabel yang baru monitor bisa dinyalakan, maka permasalahannya ada pada kabel.

2. Gunakan reset

Jika cara pertama masih belum berhasil, cobalah menggunakan tombol reset pada CPU. Caranya adalah tekan tombol reset yang biasanya ada pada bagian samoing tombol power atau bagian di sekitarnya (bisa atas, bawah, atau samping). Perlu diingat, pastikan semuanya harus dari dari keadaan awal ketika menyalakan komputer. Hal ini dilakukan karena pada kondisi tertentu, komputer terlihat seperti tidak menyala. Bisa kondisi tersebut merupakan kondisi komputer sedang dalam mode sleep atau juga hibernate. Kamu bisa mencoba cara lainnya dengan menahan tombol power selama lebih kurang tiga sampai lima detik. Dengan begitu CPU akan mati dengan sendirinya dan kamu dapat mencoba menghidupkannya lagi.

3. Cek power supply

Kamu juga harus mengecek bagian power supplynya. Pada kasus-kasus yang sama, ada monitor yang tidak bisa menyala karena tegangan pada power supplynya tidak sesuai anjuran. Pada beberapa pengalaman, ada yang monitornya sampai rusak hanya karena kesalahan dalam mengatur power supply. Maka dari itu, pastikan kalau  tegangannya sudah benar.

4. Periksa semua kabel

Cobalah unuk memeriksa semua kabel perangkat input dan perangkat output komputer. Cabut semua kabel seperti kabel untuk power, kabel memori, kabel-kabel VGA, soundcard, termasuk kabel yang menghubungkan keyboard dan jug mouse. Setelah itu, cobalah untuk dipasang kembali secara perlahan. Sebenarnya akan lebih baik jika kamu dapat mengganti kabel yang baru, namun jika kabel lama masih berfungsi juga tidak apa-apa.

5. Cek bagian motherboard

Apabila tahapan nomor empat sudah dilakukan dan masih belum ada perubahan yang berarti, cobalah untuk mengecek pada bagian motherboard. Fungsi motherboard juga berpengaruh pada bagian monitor. Lihatlah apakah ada ciri ciri kerusakan motherboard seperti sesuau yang menggembung, berubah warna, atau ada yang bagian yang terlihat kotor. Setelah mengetahui penyebab kerusakan motherboard, segera ganti dengan motherboard yang baru.

6. Mengatur bagian BIOS

Cara berikutnya adalah dengan reset pada bagian BIOS. Akan tetapi, cara ini cukup berisiko sebab kesalahan sedikit dapat menyebabkan PC kamu akan mati total. Kalau kamu memang ingin mencoba silakan ikuti langkah berikut. Pertama lepas terlebih dulu baterai CMOS motherboard. Bentuknya sendiri bulat dan terpasang pada bagian motherboard. Setelah pasang kembali baterai tersebut. Dengan begitu, BIOS akan kembali ke masa default atau masa awal.


7.  Gunakan Power On Self Test Card

Jika kamu mempunyai Power On Self Test Card atau sering disingkat POST Card, maka cobalah untuk mengecek komputer. POST card ini dapat menjadi solusi ketika ada masalaha yang serius pada bagian hardwarenya. Ketika POST card mendeteksi ada hardware yang bermasalah, maka cobalah ganti komponen yang rusak tersebut dengan komponen yang baru. Jika kesulitan dengan kompoen yang baru, yang lama juga tidak masalah asalkan kondisinya masih bagus. Setelah itu, periksa kembali menggunakan POST Card agar komponen tersebut benar-benar masih berfungsi dengan baik.

8. Cek bagian Processor

Fungsi processor adalah dapat menjalankan semua komponen yang ada di dalam komputer. Iu juga berlaku pada bagian monitor. Cobalah periksa processornya apakah sudah ada bagian yang berkarat atau tidak. Pada umumnya, kerusakan yang menimpa processor merupakan faktor suhu. Suhu komputer yang panas dan juga kondisi cuaca yang panas juga dapat mempercepat kerusakan pada processor.

Itulah cara 8 memperbaiki PC yang tidak bisa tampil ke monitor. Jika kamu sudah melakukan semua dan tetap tidak muncul di dalam monitor, maka solusi berikutnya adalah membawa PC dan juga monitor ke tempat servis. Akan tetapi masalah bisa jadi lebih runyam jika ternyata suku cadang pada CPU atau monitor sudah tidak ada, maka solusi yang paling akhir adalah kamu harus membeli monitor baru atau beli komponen CPU yang baru. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Monitor