Home » Hardware » Monitor » Inilah 4 Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen dengan Mudah

Inilah 4 Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen dengan Mudah

by Elang Hendy Subrata

Seiring dengan perkembangan komputer, kini laptop pun sudah ada yang menggunakan layar touchscreen. Konsep ini sama dengan smartphone, dengan adanya touchscreen, kamu dapat menggunakan laptop denga jari tangan tanpa harus menggunakan mouse.

Akan tetapi, karena layar lebih banyak bersentuhan dengan jari, otomatis, layar rentan terhadap kotoran. Kita tidak pernah tahu saat kita menyentuh layar laptop, kondisi jari kita bersih atau tidak. maka dari itu, perlu adanya perawatan terhadap layar laptop touchscreen. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

  • Gunakan kain microfiber

Alat pertama yang harus disiapkan adalah kain microfiber. Kain ini dipilih karena sangat lembut dan tidak akan menggores layar monitor. Kain ini juga sering dipakai untuk membersihkan kacamata dan juga layar smartphone. Jika kamu tidak memilikinya, kamu dapat membelinya di berbagai toko. Kain ini bayak dijual di pasaran.

Untuk cara membersihkannya, pertama-tama siapkanlah kain microfibernya. Setelah itu nyalakanlah laptop dengan kontras yang sangat terang. Cahaya yang terang dimaksudkan untuk menerangi layar agar terlihat bagian-bagian mana yang kotor. Jika menggunakan layar terang tidak begitu terlihat, maka cara selanjutnya adalah menggunakan background warna puith. Dengan bacgkgroud warna putih, maka layar akan nampak silau dan akan terlihat berbagai kotoran yang menempel pada layar. Usapkanlah layar menggunakan  kain tadi searah jarum jam. Pastikan kamu tidak menekan layar tidak terlalu keras agar tidak merusak komponen di dalamnya. Jika layar sudah dibersihkan, maka lihatlah hasilnya.

  • Gunakan cairan pembersih

Setelah menyiapkan kainnya, berikutnya adalah menyiapkan cairan pembersihnya. Cairan ini bisanya khusus digunakan pada kaca atau layar monitor. Untuk mendapatkan cairan ini, kamu dapat membelinya di toko-toko khusus perawatan komputer atau toko khusus perawatan smartphone.

Untuk cara membersihkannya, pertama-tama siapkanlah terlebih dahulu cairan pembersihnya dan kain microfiber. Setelah itu, matikanlah laptop dan pastikan laptop tidka tersambung dengan daya listrik. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pembersihan berlangsung. Semprotkanlah cairan pembersih pada kain. Perlu diingat lagi bahwa jangan langsung menyemprotkan cairan pada layar. Selain dapat merusak layar, cairan yang menetes pun berpotensi masuk ke dalam komponen dan akan merusaknya.

Gosoklah layar searah jarum jam. Pada bagian ini juga janganlah menekan layar terlalu keras. Apabila ada kotoran membandel yang sulit dibersihkan, kamu bersihkan saya seara terus menerus hingga kotoran benar-benar hilang. Jika sudah. Lap kembali layar laptop menggunakan kain yang kering agar monitor cepat kering. Setelah itu, diamkanlah sebentar hingga cairan yang menempel pada laptop benar-benar kering dan laptop siap digunakan kembali.

  • Menggunakan minyak kayu putih

Siapa yang menyangka kalau minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk membersihkan layar laptop, komputer, dan smartphone. Pertama-tama siapkanlah minyak kayu putih yang bisa kamu beli di warung kaki lima sampai toko-toko swalayan. Persiapkan juga kain microfiber yang dalam keadaan kering. Jika bahannya sudah siap, tuangkan minyak kayu putih pada kain microfiber secukupnya saja.

Usapkanlah pada layar secara memutar ke arah kanan. Sama halnya dengan poin-poin sebelumnya bahwa pastikan layar tidak tertekan keras. Setelah itu, gunakan kain microfiber yang kering untuk mengeringkan layar. Setelah layar kering, diamkanlah beberapa saat dan laptop dapat digunakan kembali.

  • Mengganti Anti gores layar

Sama halnya dengan smartphone, layar pada laptop touchscreen menggunakan anti gores. Fungsinya tentu untuk melindungi layar dari gesekan yang berpotensi merusak layar. Jika kotoran yang menempel di layar sulit dibersihkan, maka sudah saatnya mengganti anti gores layar.

Pertama kamu harus membeli anti gores yang bisa didapatkan di toko-toko komputer. Jika sudah, lepaskanlah antigores sebelumnya yang menempel pada layar. Setelah dilepaskan, selanjutnya adalah bersihkan layar terlebih dahulu agar tidak ada kotoran yang ikut menempel pada layar. Gunakanlah kain microfiber untuk membersihkan monitior sebelum dipasang anti gores. Setelah monitor sudah dirasa bersih, barulah pasang anti gores secara perlahan-lahan. Agar benar-benar menempel dengan baik, tekanlah secara perlahan-lahan anti goresnya hingga tidak menimbulkan gelembung pada layar. Setelah anti gores terpasang, lap kembali menggunakan kain microfiber dan layar sudah terpasang dengan baik.

Meskipun dari sisi pembersihannya hampir sama dengan layar monitor biasa, akan tetapi, monitor touchscreen lebih rentan karena pengoperasian sangat bergantung pada layar. Jika layar mengalami kerusakan, maka kamu akan kesulitan melakukan aktivitas pada laptop touchscreen. Apabila laptop mengalami masalah setelah melakukan pembersihan. Apabila permasalahan masih berlanjut, maka sebaiknya bawa laptop ke tempat servis kepercayaanmu. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.

You may also like