9 Cara Membersihkan Layar TV LED Yang Benar dan Mudah Dilakukan

TV LED sekarang telah menjadi perangkat elektronik yang umum untuk sebuah rumah atau kantor. Dahulu TV memiliki monitor yang cembung dan membutuhkan lebih banyak energi listrik. Sekarang televisi hadir dengan mode terbaru yaitu berlayar LED yang dijamin lebih hemat energi dan menyamankan mata. Sebelum beredarkan TV LED sekarang ini, TV LCD sempat menjadi primadona setelah TV layar cembung.

ads

Ada beberapa perbedaan layar LED dan LCD pada laptop maupun TV. Salah satu keunggulan LED dibanding dengan LCD adalah pada ketahanannya terhadap lingkungan sekitar. Karena itulah, beberapa masalah sering muncul pada layar LCD, seperti LCD bergaris, LCD memiliki noda hitam, dan sebagainya sehingga Anda harus tahu cara memperbaiki layar laptop bergaris ataupun pada TV LCD dan cara menghilangkan noda hitam di LCD. Kelebihan LED yang lain adalah tidak mudah rusak jika terkena kotoran berupa debu karena layarnya cenderung kuat. Karena itulah LED dimanfaatkan sebagai TV dan diproduksi dalam berbagai ukuran. Lalu bagaimana cara membersihkan layar TV LED yang benar ? Berikut ini langkah untuk membersihkan Layar TV LED yang benar sehingga TV Anda selalu tampil kinclong dan nyaman di mata :

1. Matikan TV LED Anda

Mematikan televisi Anda adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan monitornya. Selain lebih aman, kotoran akan terlihat ketika monitor TV LED dalam keadaan mati. Dengan mematikan TV, Anda juga menyelamatkan pixel LED dari kerusakan saat dibersihkan. Selain itu, TV yang menyala tidak efektif untuk dibersihkan karena suhunya belum mendingin. Alasan terakhir adalah, lebih hemat energi. Karena tidak mungkin kita nyaman menonton TV menyala selagi dibersihkan bukan?

2. Siapkan Kain Kering yang Lembut

Setelah mematikan TV LED Anda, siapkanlah kain kering yang lembut. Namun sebelum membersihkannya, pastikan TV LED Anda telah mendingin. Kain yang kering berguna untuk membersihkan debu yang menempel. Jika Anda membersihkan LED anda dengan kain yang basah, maka debu justru akan menempel ke LED. Selain kering, kain yang digunakan haruslah kain yang bersih. Ingat, Anda akan membersihkan LED Anda, bukan mengotorinya. Kain yang disarankan untuk membersihkan layar adalah microfiber yang jelas ramah terhadap segala jenis layar. Jangan lupa untuk tidak menekan terlalu keras saat membersihkan TV Anda.

3. Bersihkan Sambil Memeriksa TV

Setelah menyiapkan kain kering yang lembut, Anda bisa mulai membersihkan layar TV Anda dengan mengusapkannya. Sambil membersihkan, Anda sebaiknya memeriksa juga setiap bagian monitor TV kalau ada kotoran yang membandel. Anda bisa mengulangi langkah ini 2 hingga 3 kali untuk memastikan bahwa TV Anda bebas dari debu.


4. Menggunakan Cuka dan Air

Jika Anda menemukan kotoran yang membandel pada layar LED TV, sebaiknya menggunakan bahan tambahan. Cairan pembersih yang disarankan adalah air cuka. Berikut langkah-langkahnya :

  • Sediakan mangkuk untuk mencampur air dan cuka.
  • Campurkan air dan cuka dalam mangkok.
  • Jangan menyemprotkan langsung cuka ke monitor TV.
  • Celupkan ujung kain microfiber pada air dan cuka dalam mangkok tersebut.
  • Usapkan ke layar TV LED secara perlahan.
  • Gosok pelan hingga seluruh kotoran hilang dari monitor TV.

5. Menggunakan Cairan Pembersih LED.

Selain cuka, Anda bisa melakukan langkah nomor 4 di atas menggunakan cairan pembersih yang khusus untuk monitor. Biasanya cairan pembersih LED sama dengan pembersih LCD. Anda bisa menemukannya di toko-toko elektronik. Karena cairan ini khusus untuk membersihkan layar, maka disarankan untuk menggunakannya. Selain itu, cairan pembersih layar akan lebih ramah, artinya tidak merusak layar LED Anda.

6. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Satu lagi cairan yang sering digunakan untuk membersihkan layar adalah minyak kayu putih. Cairan ini adalah cairan paling umum digunakan para tukang servis handphone untuk cara menghilangkan goresan pada layar hp android. Selain itu, Anda bisa mempelajari cara membersihkan silikon hp dengan minyak kayu putih. Karena itulah, minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai cairan pembersih pada TV LED. Namun ingat, jika Anda menggunakan cairan ini, Anda akan membutuhkan banyak minyak kayu putih. Selain itu, perhatikan pula bau yang akan muncul pada ruangan TV Anda.

7. Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Bahan Kimia.

Air dan cuka, cairan pembersih, dan minyak kayu putih memang adalah cairan-cairan yang sangat efektif membersihkan layar TV LED. Namun jangan sampai menggunakan cairan-cairan tersebut secara berlebihan. Cairan kimia yang berlebihan bisa bereaksi dengan pixel dan merusak pixel TV. Karena itulah, selain memperhatikan jenis cairan pembersih, mengontrol penggunaannya juga merupakan hal yang penting.


8. Menghindari Penggunaan Bahan Non-Ultrasoft

Non ultasoft adalah bahan yang tidak halus, alias kasar. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan layar LED. Bagaimanapun juga, kaca pada LED dan monitor cembung tentu saja berbeda. Anda bisa menggores layar LED Anda jika nekat menggunakan kain yang kasar, apalagi menggunakan sikat.

9. Menempatkan TV LED di Tempat yang Bersih

Setelah Anda membersihkan layar LED TV Anda, sebaiknya Anda meletakkannya di tempat yang bersih. Peletakan layar ini memang sudah harus diperhatikan sejak awal penggunaannya. Pastikan ruangan menggunakan plafon agar debu yang masuk ke dalam ruangan lebih sedikit. Untuk menghindari kotoran berupa debu, jauhkan TV LED dari jendela atau pintu ruangan. Apalagi pintu dan jendela tersebut berbatasan langsung dengan outdoor. Meletakkan TV di ruangan yang bersih juga mengurangi frekuensi Anda untuk membersihkan TV. Karena sebenarnya terlalu sering membersihkan TV, apalagi setiap hari, tidak baik untuk monitor Anda. Ini karena TV LED akan terkena cairan pembersih setiap hari.

Itulah beberapa cara membersihkan layar TV LED yang benar. Selain pada TV, cara ini bisa Anda gunakan untuk cara membersihkan lcd laptop dan tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan HP yang kotor. Pastikan Anda memperhatikan dan mengikuti langkah di atas agar TV LED anda tetap dalam keadaan bersih dan awet. Pada dasarnya, LED adalah tipe monitor ternyaman dan paling modern yang umum digunakan saat ini. Keunggulan LED adalah memungkinkan Anda melihat TV walau berjarak agak jauh, tapi juga tetap nyaman dalam jarak dekat. Karena itulah, merawat TV LED dengan baik merupakan hal yang harus dilakukan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Monitor