4 Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris Paling Mudah

Penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari sudah bukan hal yang asing lagi. Meskipun kini smartphone mampu melakukan banyak hal sehubungan dengan data digital, namun komputer/ laptop tetap masih sangat dibutuhkan untuk banyak hal, seperti pekerjaan misalnya. Komputer merupakan sebuah mesin yang tentunya membutuhkan perawatan agar tetap bisa berjalan dengan baik. Namun, meski kita sudah merawatnya dengan baik, bisa saja laptop mengalami kerusakan yang tentunya akan sangat mengganggu.

ads

Salah satu kerusakan yang mungkin anda alami adalah permasalahan pada layar monitor laptop. Ciri ciri lcd laptop rusak bisa terlihat mulai dari tampilan layar blue screen, bergaris-garis, hingga gelap sama sekali alias tidak menampilkan apapun meski mesin laptop hidup. Pada artikel kali ini dosenIT akan mengulas mengenai cara memperbaiki layar laptop bergaris – garis. (Baca juga: penyebab layar laptop blank).

Biasanya ada dua tipe garis yang muncul pada  pada layar laptop yang bergaris – garis. Pertama berupa garis lurus yang memanjang secara vertikal, dengan warna hitam atau putih halus dan tidak bergerak. Gangguan dengan ciri tersebut biasanya disebabkan oleh kerusakan pada bagian panel screen LCD. Kedua berupa garis bergelombang yang memanjang secara mendatar dan bergerak naik turun, atau berupa garis- garis kecil yang muncul secara random. Gangguan dengan ciri tersebut bisa terjadi karena permasalahan pada kabel panel LCD, VGA, RAM, atau hardware lain yang mempengaruhi LCD. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut:

1. Menggunakan Pixel Repairer

Kerusakan pada panel screen LCD yang di tandai dengan garis lurus berwarna hitam/ putih halus dan tidak bergerak; disebabkan oleh adanya dead pixel. Dead pixel bisa terjadi karena memang adanya cacat bawaan pada panel screen sejak komputer dibeli, atau bisa juga karena kesalahan lain seperti misalnya tekanan pada layar  yang terlalu keras. (Baca Juga: Jenis Port Pada Komputer , Fungsi Komputer Server)

Pixel Repairel merupakan sebuah software pendeteksi dead pixel bagi pengguna Windows. Selain mendeteksi adanya dead pixel, software in juga bisa membantu anda untuk memperbaikinya, sehingga anda tidak perlu repot – repot membongkar layar. (Baca Juga: Fungsi Monitor LCD , Fungsi LCD Proyektor)

Cara mengetes dead pixel menggunakan Pixel Repairer:

  1. Download, Install, lalu jalankan software Pixel Repairer di laptop anda.
  2. setelah kotak dialog Pixel Repairer muncul, pilih Patern yang anda inginkan. Saya lebih merekomendasikan hitam atau putih.
  3. Klik Enable untuk menaplikasiakn warna yang anda pilih pada layar.
  4. Perhatikan layar, jika anda memilik patern hitam, dan anda lihat seluruh layar berwarna hitam, maka itu berarti layar laptop anda dalam keadaan baik. Namun jika anda menemukan adanya titik putih (atau warna lain) pada layar, maka itu berarti memang terdapat dead pixel pada layar anda.
  5. Klik Esc untuk keluar.

Cara memperbaiki dead pixel menggunakan Pixel Repairer:

  1. Jalankan Program Pixel Repairer di laptop anda
  2. Pilih/ klik ikon Repair
  3. Klik Add untuk menambahkan dan mensetting area perbaikan.
  4. Drag kotak repairer ke lokasi dimana dead pixel ditemukan.
  5. Gunakan salah satu mode konfigurasi repairer, misalnya solid. Jika ternyata tidak berhasil, gunakan mode noise.
  6. Untuk size, pilih ukuran yang mencakup area dead pixel berada.
  7. Untuk frekuensi, bila tidak dirubah biasanya 60 Hz
  8. Klik Add kembali untuk menambahkan area repairer lainnya, jika anda menemukan lebih dari satu dead pixel pada laptop anda. Lalu lakukan hal yang sama seperti poin no 4 – 7 diatas.
  9. Sofware akan menjalankan perbaikan, tunggu beberapa saat.

Program Pixel Repairer berukuran ringan, jadi tidak akan membebani kinerja laptop anda terlalu berat. Selain itu, anda masih bisa menjalankan program lain selama menjalankan program pixel repairer. Jadi anda bisa memperbaiki laptop anda sambil mengerjakan hal yang lain. Selain untuk memperbaiki dead pixel pada laptop, Pixel Repairer juga bisa anda gunakan untuk LCD pada PC atau layar monitor lainnya.  (Baca Juga: Fungsi Sistem Operasi , Fungsi Freehand Tool)

2. Memeriksa kabel fleksibel layar

Kabel fleksibel yang menghubungkan layar dengan motherboard, kadangkala kendor atau mengalami kerusakan. Periksa sambungan kabel tersebut, pastikan terpasang dengan baik. Coba hubungkan laptop ke layar monitor eksternal, jika garis-garis masih muncul, berarti kerusakan bukan pada kabel fleksibel layar, juga panel screen layar. Bisa jadi kerusakan karena masalah pada komponen lain seperti RAM, VGA atau kadang kala hardisk. (Baca juga: tips memilih laptop untuk desain grafis).

3. Memeriksa RAM, VGA, atau Hardisk

Cek RAM, buka dan bersihkan pin-pinnya dengan menggunkan penghapus. Lalu pasang kembali dengan baik. Jika terdapat dua slot RAM, coba pindahkan. Jika tidak berpengaruh, coba pasang RAM lain, jika gari-garis menjadi hilang berarti penyebabnya adalah kerusakan pada RAM. Untuk menambah wawasan, anda bisa membaca ciri ciri RAM komputer rusak.

Jika garis tetap muncul, lanjutkan dengan memeriksa VGA, jika VGA anda bisa dilepas, coba bersihkan pin-pinnya, dan lakukan hal yang sama seperti pada RAM diatas. Sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan jika VGA anda onboard. Anda bisa lanjut memeriksa komponen lain. (Baca juga: jenis jenis VGA card dan Fungsi VGA Card)

Hardisk yang rusak, atau kabel hardisk yang rusak atau tidak terpasang dengan benar, bisa juga memyebabkan layar bergaris. Anda bisa mengeceknya dengan mengganti kabel hardisk, atau memasang hardisk lain untuk memastikannya. (Baca juga: fungsi harddisk pada komputer).

4. Mengupdate driver VGA

Driver yang sudah lama tidak di update juga kadang kala bisa menjadi penyebab timbulnya garis – garis pada layar laptop. Hal ini disebabkan karena kurang singkronnya driver VGA lama dengan program terbaru. Untuk mengatasinya, anda bisa mendownload update driver VGA laptop anda, yang biasanya disediakan di web resmi vendor VGA anda. (Baca Juga: Jenis Sistem Operasi Komputer)

Demikian beberapa cara memperbaiki layar laptop bergaris yang bisa anda lakukan. Dengan menggunakan program Pixel Repairer untuk memperbaiki dead pixel pada panel screen anda, lalu mengecek kabel fleksibel yang menghubungkan layar dengan motherboard, mengupdate driver VGA, serta dengan mengecek komponen – komponen lain seperti RAM, VGA, dan Hardisk. (Baca juga: cara mengatasi hasil print bergariskelebihan printer laser dibanding inkjet)

Akhir kata, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih..(Baca juga: jenis jenis kabel jaringan komputerkelebihan serat optik dibanding kabel biasa)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 24th, February 2017 / 07:15 Oleh :
Kategori : Monitor