Home » Hardware » Monitor » Inilah 10 Cara Menghilangkan Jamur di Dalam Monitor LCD

Inilah 10 Cara Menghilangkan Jamur di Dalam Monitor LCD

by Elang Hendy Subrata

Berbicara mengenai komputer, tentunya tidak selamanya komputer akan terus-menerus mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Apalagi jika komputer tersebut tidak pernah dirawat dengan benar. Komputer atau laptop yang jarang dirawat dengan baik akan sangat rentan terhadap berbagai masalah. Salah satu masalah tersebut adalah adanya jamur di dalam monitor.

Jamur sendiri merupakan sebuah mikroorganisme yang dapat hidup hidup dan berkembang biak di dalam tempat-tempat yang lembab. Munculnya jamur di dalam monitor pun juga bukan karena kebetulan semata. Pastinya keteledoran dalam tidak merawat komputer adalah faktor terbesar. Namun, kamu tidak perlu khawatir mengenai jamur yang tumbuh di dalam monitor. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar jamur tersebut bisa dibasmi. Untuk mengetahuinya, berikut cara melakukannya.

Cara membersihkan layar monitor laptop

  1. Jika  laptop sedang digunakan, matikanlah terlebih dahulu. Apabila laptop terhubung dengan colokan listrik, maka cabutlah terlebih dahulu dari aliran listrik. Pastikan laptop benar-benar tidak terhubung dengan listrik.
  2. Jika laptop sudah tidak terhubung dengan listrik, maka selanjutnya perhatikan dengan baik-baik daerah mana saja yang terkena jamur.
  3. Jika sudah ditemukan titik-titik jamurnya, langkah selanjutnya persiapkanlah beberapa alat-alat yang akan digunakan. Muai dari air bersih, kain microfiber, dan juga cairan khusus untuk membersihkan layar monitor.
  4. Jika alat-alatnya sudah ada, maka tahap berikutnya adalah dengan memulai pekerjaan membersihkan layar. Basahilah kain microfibernya dengan cairan khusus pembersih layar monitor. Biarkan kain terasa agak lembab.
  5. Setelah itu, usapkanlah kain tersebut pada bagian layar yang ditumbuhi jamur tersebut secara perlahan-lahan. Ingat jangan ditekan terlalu keras agar jamurnya hilang. Sebab menekan terlalu keras akan membuat kerusakan pada layar. Akibatnya layar akan sulit diperbaiki atau malah harus diganti. .
  6. Perhatikan juga gerakan saat membersihkan layarnya, lebih baik gunakan haya memutar dibandingkan mengusap dari kiri-kanan, atas-bawah atau sebaliknya.
  7. Jika kain microfiber mulai mengering, maka langkah selanjutnya adalah semprotkan kembali cairan pembersih layar monitor kain microfiber dan lakukan kembali pembersihan pada layar secara perlahan-lahan.
  8. Untuk pada bagian pinggir, Anda bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkannya. Ambilah cotton bud lalu semprotlah menggunakan cairan pembersih layar monitor.
  9. Apabila pembersihan sudah selesai, tunggulah layar monitornya hingga benar-benar kering. Meskipun agak kering, tapi kamu harus tetap memastikan layar benar-benar kering.
  10. Jika layar sudah benar-benar kering, kamu dapat menggunakan laptop kembali.

Cara membersihkan layar monitor komputer

Untuk membersihkan layar pada komputer sedikit berbeda denga layar pada laptop. pada komputer, layar monitor dapat dilepas secara terpisah dengan CPU maupun komponen lainnya. Untuk dapat membersihkan layar komputer, berikut langkah-langkahnya.

  1. Matikanlah komputer dan pastikan kabel yang menghubungkan layar monitor dengan listrik. Pastikan kabelnya benar-benar sudah terputus dengan aliran listrik.
  2. Setelah itu, cabutilah kabel penghubung LCD dengan CPU. Hal ini untuk lebih memudahkan dalam melakukan pembersihan. LCD.
  3. Langkah selanjutnya adalah siapkan kain microfiber atau kain yang teksturnya lembut seperti lap untuk kacamata. Laplah terlebih dahulu layar moniornya untuk menghilangkan debu terlebih dahulu.
  4. Jika sudah, kamu dapat merasakan apakah jamur menempel di luar layar atau di dalam layar. Jika jamur hanya di luar layar, maka pembersihannya akan lebih mudah dibandingkan harus membersihkan bagian dalamnya.
  5. Jika jamur berada di luar layar, siapkanlah kain tadi lalu basahi dengan cairan khusus pembersih layar monitor LCD.
  6. Setelah itu, bersihkan layar dengan cara memutar searah jarum jam. Perlu diperhatikan bahwa janganlah terlalu menekan layar monitor. Sebab, layar monitor tersebut cukup sensitif. Maka dari itu, jika masih belum hilang jamurnya, gosokan saja secara perlahan-lahan. Meskipun cukup memakan waktu, tapi hal ini efektif agar layar monitor tidak mudah rusak.
  7. Setelah jamurnya sudah hilang dari layar monitor, berikutnya adalah diamkanlah monitornya agar dapat mengering dengan sendirinya.
  8. Jika layar sudah mengering, maka kembalikan layar pada posisi semula. Hubungkan juga kabel monitor dengan CPU.

Pada dasarnya monitor merupakan salah satu komponen komputer yang sangat penting adanya. Baik pada laptop maupun untuk komputer, fungsi monitor LCD sangatlah penting untuk melihat hasil output data yang sudah dibuat di dalam CPU. Jika layar monitor masih tetap mengalami masalah, kamu dapat membawa monitor ke tempat servis.

You may also like