Home » Software » Microsoft » Windows » 6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7 Dengan Mudah

6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7 Dengan Mudah

by Elang Hendy Subrata

Seiring dengan perkembangan jaringan komputer, saat ini peran komputer sangat dibutuhkan oleh sebagian kalangan. Bahkan, hampir di setiap bidang, peran sebuah komputer sangat terlihat. Bisa kita lihat manfaat komputer di bidang pendidikan, pemerintahan, bisnis, dan juga untuk beberapa kebutuhan sehari-hari.

Apalagi sekarang komputer telah ada dalam versi portabel, yakni dalam bentuk laptop. dengan adanya laptop, kini banyak orang yang dapat membawa komputer di manapun dan kapanpun. Saat ini, masih banyak orang yang menggunaka windows 7 sebagai sistem operasi yang digunakan. Banyak kelebihan dan kekurangan Windows 7 sehingga masih menjadi pilihan untuk para pengguna. Mulai dari instalasinya yang mudah hingga interfacenya yang masih nyaman digunakan dibandingkan versi terbaru. Namun, bagaimana jika kinerja laptop bermasalah di sistem operasi windows 7?

Perlu diketahui bahwa penyebab kinerja laptop melambat banyak faktornya. Apalagi jika laptop yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang rendah. Hal tersebut juga salah satu penyebab terbesarnya. Maka dari itu, jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara mempercepat kinerja laptop. berikut ulasannya.

1. Uninstal aplikasi bawaan

Salah satu penyebab laptop mengalami kelambatan dalam kinerjanya adalah banyaknya aplikasi yang tertanam di dalamnya. Salah satunya adalah adanya aplikasi bawaan dari windows 7. Aplikasi-aplikasi tersebut sebagian besar jarang terpakai oleh beberapa pengguna dan hanya memenuhi memori yang ada di dalam laptop. oleh sebab itu, sebaiknya kamu uninstal beberapa aplikasi bawaan yang tidak pernah atau jarang kamu gunakan.

2. Tutup aplikasi yang berjalan

Salah satu penyebab kinerja laptop menjadi lambat adalah banyaknya aplikasi yang terbuka secara otomatis saat laptop dinyalakan. Hal ini bisa kamu lihat pada bagian RAM komputer pada laptop. jika kamu menggunaka kapasitas RAM kurang dari 2GB sedangkan aplikasi yang diinstal banyak, maka kinerja pada laptop akan berkurang.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tutup aplikasi yang berjalan otomatis pada laptop. caranya adalah dengan masuk ke Task Manager. Di dalam Task manager, kamu dapat melihat aplikasi mana saja yang terbuka. Setelah itu klik kanan dan pilih “End Process Tree”. Dengan begitu aplikasi akan tertutup. Perlu diperhatikan, tutuplah aplikasi yang sekiranya tidak mengganggu kerja pada laptop.

3. Menambah kapasitas RAM

Jika kamu memiliki banyak anggaran, maka sebaiknya tambah kapissitas RAM yang ada pada laptop. seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa dengan kapasitas RAM yang kecil maka hal tersebut tentunya akn berdampak besar pada kinerja laptop. apalagi jika aplikasi dan software yang digunakan sangat banyak, hal tersebut semakin menambah kerja pada komponen-komponen komputer di laptop, terutama RAM.

Oleh sebab itu, dengan menambah RAM minimal 4GB, hal tersebut akan semakin mempermudah laptop menjalankan kinerjanya. Sebab, dengan kapasitas RAM yang besar membuat banyak ruang kosong yang diisi saat aplikasi berjalan. Pelajarailah cara menambah RAM windows 7 32 bit.

4. Melakukan defrag harddisk

Cara berikutnya adalah melakukan defrag pada harddisk. Pada dasarnya laptop memiliki jadwal sendiri untuk melakukan defragment pada harddisk. Akan tetapi, hal tersebut bisa saja terlewat karena jadwalnya sama dengan saat kamu mematikan laptop. oleh sebab itu, akan lebih baik jika kamu melakukan defragment secara manual.

5. Membersihkan Harddisk secara berkala

Salah satu cara untuk dapat mempercepat kinerja laptop adalah dengan melakukan pembersihan “sampah” di dalam harddisk. Perlu kamu ketahui bahwa ketika kamu menggunakan laptop, amak secara tidak langsung banyak “sampah” yang akan menumpuk pada bagian hardisk. Jika “sampah-sampah” ini tidak bersihkan, maka, kapasitas harddisk akan semakin banyak dan semakin menumpuk. Akibatnya kinerja laptop pun semakin menurun.

Maka dari itu, kamu harus rajin dalam membersihkan sampah tersebut. Caranya bisa melalui disk clean up atau menggunakan aplikasi khsusus. Tenang saja, penghapusan sampah ini tidak sampai menghapus file-file penting yang ada di dalam laptop.

6. Matikan gadget pada desktop

Penggunaan gadget pada desktop tentunya sangat menyenangkan. Selain membuat tampilan desktop semakin menarik, penggunaan gadget juga dapat menampilkan berbagai macam informasi di dalam laptop hanya dengan satu gadget saja. Nah, tahukah kamu bahwa penggunaan gadget pada desktop merupakan salah satu penyebab RAM cepat penuh. Maka dari itu, lebih baik kamu mematikan gadget pada desktop agar memori RAM dapat digunakan pada aplikasi maupun software yang lebih penting lainnya.

Itulah 6 cara mempercepat kinerja laptop windows 7 dengan mudah. Setelah kita ulas, bisa disimpulkan bahwa sebagian besar penyebab kinerja laptop melambat karena memori RAM atau memori Harddisk yang tidak dapat menampung berbagai macam aplikasi maupun software yang ada pada laptop tersebut.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu makin bijak dalam menginstal aplikasi maupun software yang akan digunakan. Selain itu, rawatlah laptopmu sebaik mungkin. Sebab kamu akan merasakan semakin membutuhkan laptop di suatu saat nanti. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat.

You may also like