Sponsors Link

4 Kelebihan Serat Optik Dibanding Kabel Biasa

Perkembangan jaringan komputer dari waktu ke waktu dapat memberikan manfaat jaringan komputer bagi beberapa orang dalam berbagai aspek, mulai dari pendidikan hingga ekonomi dan sosial. Saat ini, perangkat telekomunikasi yang mendukung perkembangan teknologi informasi di seluruh dunia sudah sangat berkembang pesat. Dari proses perkembangan teknologi informasi tersebut, salah satunya yang berkembang dengan sangat pesat adalah mengenai jaringan. Seperti sudah kita ketahui, ada banyak sekali jenis-jenis jaringan komputer.

ads

Berdasarkan jangakauannya, biasanya jaringan terbagi atas jaringan lokal (LAN) dan juga ringan luas (WAN). Jaringan luas ini yang saat ini juga termasuk di dalamnya adalah jaringan internet yang pastinya sudah sering kita gunakan sehari-hari. Sedangkan dari perantaranya sendiri ada dua jenis jaringan, yaitu jaringan kabel dan juga jaringan tanpa kabel atau wireless.

Jaringan Kabel

Jaringan kabel saat ini masih banyak sekali digunakan, terutama untuk kepentingan jaringan internet di dalam rumah, Televisi, telepon, dan banyak lagi. Intinya jaringan kabel lebih banyak digunakan oleh perusahaan telekomunikasi. Dari berbagai jenis-jenis kabel jaringan komputer yang ada, salah satunya adalah kabel serat optik yang memang paling banyak digunakan di Indonesia.

Jaringan kabel sendiri pada dasarnya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jaringan wireless. Keunggulan yang paling utama adalah proses transmisi sinyal dan juga data tidak terganggu oleh faktor cuaca yang tidak bersahabat, tidak seperti wireless yang bisa saja melemah dan menjadi buruk kualitasnya apabila cuaca buruk dan terhalang tembok.

Kelebihan Serat Optik

Apabila dibandingkan dengan kabel biasa, kabel dengan serat optik memiliki banyak kelebihan dan juga keunggulan. Kelebihan dan kekurangan kebel fiber optic ini dapat mempengaruhi kualitas jaringan, namun bukan berarti kabel serat optik tidak memiliki kegunaan yang berarti. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga keunggulan dari kabel serat optik:

  1. Memiliki Kecepatan Transfer Data dan Sinyal yang Lebih Baik

Keunggulan dan juga kelebihan serat optik yang pertama adalah dapat mentransmisikan data dan juga sinyal dengan sangat baik. Kecepatan transfernya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kabel tembaga biasa. Berdasarkan hasil tes, kecepatan transfer data dan juga sinyal yang dapat dilakukan oleh serat obtik adalah mencapai angka terabyte. Karena itu, saat ini, serat optik merupakan salah satu andalan dari banyak perusahaan telekomunikasi untuk mendukung pelayanan jaringan internet ke rumah – rumah.

  1. Ukuran Tipis dan Kecil

Ukuran dari serat optik ini juga cenderung jauh lebih tips dan juga lebih kecil dibandingkan kabel tembaga biasa. Hal ini membuat serat optik menjadi lebih mudah untuk dibawa – bawa, dan juga pemasangan yang cukup mudah, karena tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar dan luas.


  1. Dapat Mentransmisikan Sinyal Cahaya

Kelebihan dari serat optik lainnya adalah dapat mentransmisikan sinyal cahaya. Hal ini yang tidak dimiliki oleh kabel tembaga biasa. Serat optik mampu untuk mentransmisikan sinyal cahaya lebih cepat, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

  1. Tahan Terhadap Noise atau Gangguan Sinyal Radio

Salah satu kelemahan dari kabel tembaga adalah munculnya noise akibat gelombang radio. Biasanya hal ini akan menyebabkan komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan kabel tembaga menjadi terganggu. Namun demikian, hal ini tidak akan terjadi pada kabel dengan serat optik. Kabel serat optik memiliki ketahanan dan juga resistensi yang tinggi terhadap noise yang dihasilkan oleh gelombang radio. Maka dari itu, serat fiber akan lebih baik dalam menghantar sinyal dan juga transfer data.

Meskipun memilki banyak keunggulan, namun ada beberapa kekurangan dari jaringan yang menggunakan kabel serat optik. Salah satu kekurangan itu adalah biaya pemasangan yang tinggi, sehingga tidak semua provider berani memasang instalasi jaringan serat optik. Biaya yang tinggi ini membuat hanya beberapa lokasi tertentu saja yang bisa menikmati layanan jaringan serat optik.

Jenis Jaringan Kabel

Saat ini, penggunaan jaringan kabel masih bertahan pada 2 jenis jaringan kabel. Berikut ini adalah kedua jenis jaringan kabel yang masih digunakan hingga saat ini :

  • Jaringan Kabel Standar Terbuat dari Tembaga

Taringan kabel yang terbuat dari tembaga merupakan salah satu teknologi yang sudah termasuk lama, dan digunakan pada jaman dahulu, ketika jaringan telekomunikasi sudah mulai ditemukan. KIta bisa melihat jaringan kabel tembaga ini pada kabel – kabel telepon rumah.

Jaringan kabel yang menggunakan embaga ini masih menjadi andalan bagi beberapa perusahaan telekomunikasi, yang disebabkan karena biaya instalasinya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan instalasi dari serat optik. Namun demikian, kecepatan transfer data dan juga sinyal yang mampu dihandle oleh kabel tembaga biasa jauh lebih rendah dibandingkan dengan serat optik.


  • Jaringan Kabel Serat Optic

Jaringan dengan kabel serat optik atau optic fiber merupakan salah satu teknologi yang tergolong baru, dan saat ini akan diimplementasikan di seluruh Indonesia. Kabel dengan serat optik ini terdiri atas serat – serat optic yang berupa kaca atau plastik, yang memiliki kekuatan penghantar data dan juga sinyal lebih baik.

Demikianlah artikel singkat mengenai keunggulan dan juga kelemahan kabel dengan serat optic dibandingkan dengan kabel biasa. Pada dasarnya, untuk kepentingan telekomunikasi dan juga jaringan secara luas (WAN), kabel dengan serat optic merupakan pilihan terbaik untuk digunakan, karena memiliki daya hantar data dan sinyal yang lebih baik.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan semoga artikel in idapat menambah wawasan anda. Terima Kasih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, September 2015 / 08:40 Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan