4 Penyebab Layar HP Ada Garis Hitam dan Cara Menghilangkannya

Handphone terus mengalami perkembangan. Dari jaman dahulu yang berupa monophonic dengan layar yang hanya hitam putih, kemudian berkembang menjadi polyphonic dengan layar yang sama namun telah berwarna. Fungsi layar handphone kini semakin penting dan fundamental. Mengapa? Karena handphone sekarang beroperasi dengan menggunakan layar sentuh.

ads

Layar sentuh pun ternyata juga mengalami perkembangan yang cukup banyak. Sekitar awal 2008, muncul layar sentuh dengan sentuhan sensitif kuku tangan, bukan kulit. Handphone-handphone layar sentuh awal ini dipopulerkan oleh Samsung dan Nokia. Setelah muncul OS Android, segala perusahaan handphone berbondong-bondong memproduksi berbagai jenis smartphone. Android adalah salah satu OS yang memungkinkan banyak fitur di dalamnya. Seperti mengedit foto dengan aplikasi edit foto kekinian mengedit video, dan masih banyak lagi.

Munculnya handphone ber OS android seperti membuka berbagai fungsi dan manfaat dari sebuah gadget genggaman ini. Tingkat sensitif layar handphone bukan lagi menggunakan kuku, tetapi juga sangat sensitif terhadap kulit. Selain tingkat sensor, bahan pelindung layar sentuh juga mengalami perkembangan. Penggunaan screen guard pada awalnya adalah hal wajib bagi setiap touchscreen, namun tidak untuk handphone masa kini.

Disebut smartphone adalah karena salah satunya menggunakan fitur layar sentuh dengan tingkat sensitif yang sangat baik. Selain kemajuan teknologi pada layar sentuh, rupanya layar sentuh juga telah mengalami perbaikan kualitas. Mulai dari glass biasa, gorilla glass, hingga tempered glass yang memiliki fitur anti gores. Apakah handphone dengan spesifikasi tersebut tetap aman dan tidak akan mengalami kerusakan pada layarnya? Tentu saja tidak, jika penggunanya tidak berhati-hati. Namun tetaplah ada trik untuk melakukan cara menghilangkan goresan pada tempered glass.

Salah satu kerusakan utama layar sentuh pada handphone adalah adanya garis hitam pada layar handphone. Inilah beberapa penyebab layar hp ada garis hitam yang harus diwaspadai:

  • Handphone Sering Terjatuh

Jangan mengabaikan handphone yang sering terjatuh. Kerusakan yang sering terjadi pada handphone yang jatuh adalah pecahnya LCD. Jika layar handphoneAnda terdapat garis hitam, kemungkinan layar handphone Anda telah mengalami pecah LCD. Handphone yang sering jatuh dapat merusak komponen perangkatnya. Salah satunya LCD. Apalagi jika handphone Anda merupakan handphone lama yang belum memiliki fitur tempered glass. Maka berhati-hatilah menggunakan handphone agar tidak sering terjatuh.

  • Handphone Mengalami Tekanan yang Berlebih pada Layar

Kebiasaan bermain handphone saat akan tidur rupanya memiliki dampak yang buruk pada handphone. Bisa jadi handphone Anda akan tertindih ketika Anda telah terlelap. Tindihan ini menyebabkan handphone mengalami tekanan yang tinggi sehingga dapat merusak perangkatnya, terutama layar handphone. Kita tahu bahwa layar handphone merupakan LCD yang berupa cairan di dalamnya. Jika terkena tekanan yang berlebih, kemungkinan cairan akan rusak dan merusak layar handphone secara keseluruhan. Kerusakan ini diawali dengan adanya garis hitam pada layar handphone.


  • Adanya Konektor yang Lepas

Penyebab ini bisa merupakan kesalahan produsen maupun pengguna. Kasus lepasnya konektor bisa terjadi karena handphone yang sering jatuh atau terbentur benda yang keras. Namun kasus ini juga bisa disebabkan karena produsen handphone yang kurang baik dalam pemasangan atau perakitan handphone. Tapi sebenarnya kasus ini jarang terjadi, karena handphone pasti telah mengalami tes kelayakan terlebih dahulu sebelum diedarkan pada konsumen.

  • Penggunaan Software Tertentu

Percaya atau tidak, software-software handphone tertentu bisa menyebabkan adanya garis hitam pada layar handphone. Terutama jika software tersebut cukup berat untuk handphone Anda. Cara mengatasinya mudah, Anda tinggal menguninstall software yang menyebabkan layar handphone Anda tidak normal. Untuk mengetahui hal ini, biasanya layar handphone Anda akan bergaris ketika sedang mengoperasikan aplikasi tersebut. Atau bisa saja layar handphone Anda tiba-tiba terdapat garis hitam ketika aplikasi tersebut terinstal di handphone Anda. Selain itu, lengkapilah handphone Anda dengan aplikasi agar android tidak lemot agar kerja handphone Anda tidak terlalu berat.

Itulah beberapa penyebab layar HP ada garis hitam. Untuk handphone yang memiliki casing portable, masih ada harapan untuk memperbaikinya. Cara memperbaiki layar handphone bergaris ini mungkin mirip dengan cara menghilangkan noda hitam di LCD. Namun Anda perlu membongkar casing handphone Anda dahulu sebelum melakukannya. Ingat, cara ini hanya bisa dilakukan jika handphone Anda adalah handphone yang mungkin untuk Anda bongkar sendiri. Jangan sampai melakukan perbaikan pada handphone dengan casing yang sangat kencang, apalagi sampai harus kehilangan garansi untuk pembongkaran handphone.


Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan garis hitam pada handphone :

  1. Anda bisa melakukannya dengan handphone dalam keadaan menyala atau aktif. Cara ini lebih efektif karena Anda bisa dengan jelas melihat bagian mana yang perlu diperbaiki.
  2. Bukalah casing handphone Anda, terutama pada bagian layarnya. Jangan sampai membongkar baterai karena handphone Anda bisa mati.
  3. Siapkan cotton bath atau kain yang lembut.
  4. Pastikan casing handphone Anda telah terbuka dan memungkinkan Anda menyentuh LCD bagian dalam handphone Anda.
  5. Mulailah menggosok perlahan dengan gerakan searah pada layar handphone yang bergaris hitam.
  6. Lakukan gosokan perlahan itu hingga garis hitam tersamarkan, bahkan sampai hilang. Lakukan ketika handphone menyala sehingga Anda dapat melihat jelas garis hitam dan menggosoknya di tempat yang tepat.
  7. Jika sudah hilang garis hitam pada layar handphone Anda, tutup kembali casing handphone Anda. Matikan dan nyalakan kembali handphone untuk memastikan komponennya sudah membaik.

Memang cara di atas tidak bisa dilakukan pada semua handphone. Handphone sekarang memiliki perlindungan yang lebih canggih berupa gorilla glass dan tempered glass dimana kaca layar handphone tersebut sudah anti gores. Sehingga LCD pada handphone Anda terlindungi dengan baik. Kalaupun terbentur benda yang keras, yang pecah adalah pelindungnya yang berupa tempered glass. Lalu bagaimana jika handphone belum dilengkapi dengan tempered glass? Tenang saja, karena sekarang banyak toko elektronik yang menyediakan screenguard tempered glass. Ini adalah salah satu benda yang berfungsi melindungi layar handphone Anda dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari cara menghilangkan goresan pada gorilla glass. Tidak hanya goresan saja, Anda juga harus memahami cara membersihkan hp yang kotor agar selalu awet digunakan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Monitor