6 Cara Menghilangkan Goresan pada Layar HP Gorilla Glass

Saat ini, sudah banyak model-model smartphone yang dijual di pasaran. Mulai yang harganya murah, hingga yang harganya mahal. Mulai dari yang fiturnya standar, hingga yang spesifikasinya mengejutkan. Namun, ada satu hal yang akan selalu ada di tiap smartphone, yaitu layar. Saat ini, perkembangan layar di smartphone sudah semakin canggih saja. Sekarang saja, sudah banyak produsen smartphone yang memakai teknologi layar Gorilla Glass pada smartphone keluaran terbaru mereka.

ads

Sebentar, apa itu Gorilla Glass? Apa maksudnya kaca yang dibuat oleh gorila? Oh jelas bukan. Mari kita berkenalan dengan teknologi “strengthened glass” yang salah satu brand leading-nya dikenal dengan nama “Gorilla glass” ini. Gorilla glass adalah teknologi melapisi kaca dengan bahan kimia tertentu agar kekuatan kaca bisa bertambah, baik terhadap benturan ataupun terhadap goresan.

Proses pelapisan ini akan mengubah struktur molekul kaca biasa menjadi lebih tinggi kepadatannya. Struktur kaca biasa ini memiliki banyak rongga dan celah di antara partikelnya. Nah, proses strengthened glass atau memperkuat kaca ini dengan cara memasukkan bahan kimia tambahan ke dalam celahnya, sehingga celahnya semakin terisi dan membuat struktur molekul kaca menjadi lebih padat.

Kepadatan dengan mengisi celah ini yang membuat teknologi kaca sekarang bisa semakin tipis, ringan, tetapi juga semakin kuat. Kekuatan kaca ini dilihat dari segi ketahanan terhadap benturan saat terjatuh dan tergores. Meskipun begitu, bukan berarti kekuatan tersebut tanpa batas. Saat batas toleransinya sudah terlewati, kaca gorilla glass bisa tergores, retak atau bahkan pecah.

Itulah mengapa, seiring waktu Anda akan menjumpai adanya goresan pada layar gorilla glass di smartphone Anda. Ada satu bahan yang mendasari hal tersebut, yaitu serbuk mineral abrasif yang ternyata berada di mana saja, bisa di kantung celana kita, di lap pembersih, kotoran yang berterbangan, dan lainnya. Serbuk atau partikel kecil inilah yang biasanya menjadi “musuh” untuk layar kaca di HP kita.

Seiring lamanya penggunaan dan berulang-ulang Anda membersihkan layar, baik saat diusap ke baju, dengan kain, kertas tisu, disimpan di tas, di saku, pada akhirnya bisa saja membuat adanya tekanan tertentu pada bubuk mineral yang menempel tersebut, yang akhirnya bisa menggores kaca.

Karena kekerasan kaca gorilla glass berbeda dengan kaca biasa, penggunaan pasta seperti pasta gigi tidak akan membantu dalam menghilangkan goresan di layar. Itu mengapa, ada beberapa cara menghilangkan goresan pada layar HP Android yang tidak bisa diterapkan untuk layar Gorilla Glass. Meskipun begitu, pasta gigi yang memiliki sifat abrasif bisa membantu untuk membersihkan lensa kamera smartphone yang buram, jika pelapis lensa tersebut terbuat dari bahan plastik.

Layar smartphone yang diperkuat dengan lapisan gorilla glass, biasanya juga memiliki lapisan oleophobic, yang membuat layar terlihat sulit tertempel bekas sidik jari. Seiring waktu pemakaian dan banyaknya Anda membersihkan layar smartphone, lapisan tersebut lama-lama menghilang dan layar akan mudah terlihat kotor. Meskipun Anda mencoba untuk membersihkan layar dengan banyak larutan pembersih, Anda justru mempercepat proses hilangnya lapisan tersebut.


Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar cara menghilangkan goresan pada layar HP Gorilla Glass. Sebelum Anda mencoba cara-cara di bawah ini, matikan dahulu HP Anda. Sekalian lepaskan juga baterainya. Jangan lupa untuk menutup bagian-bagian yang rawan seperti port untuk charge atau lubang jack 3,5 untuk headphone, dengan isolasi atau bahan sejenis lainnya. Siapkan juga beberapa alat, seperti kain bersih dan berserat halus, wadah kecil, atau gunakan kain mikrofiber (kain yang biasa dipakai untuk membersihkan kacamata) jika ada. Berikut ini informasinya untuk Anda:

1. Krim Penghilang Goresan Mobil

Krim ini sudah umum dijual di pasaran dan biasa dijajarkan pada bagian perawatan mobil. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya pada HP Anda. Bahan ini juga bisa digunakan dalam cara menghilangkan casing lecet. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, oleskan sedikit krim tersebut ke layar HP yang tergores.
  • Lalu, usapkan krim dengan kain bersih secara perlahan pada layar HP. Usapkan dengan gerakan melingkar
  • Saat goresannya sudah menghilang, segera bersihkan HP Anda dari sisa krim dengan kain bersih yang tidak terkena krim.

2. Gunakan Amplas Halus

Meskipun keliatannya ga mungkin, tetapi amplas bisa menjadi solusi sementara dalam menghilangkan goresan pada layar HP Gorilla Glass. Untuk meminimalisir dampak dari amplas, gunakan amplas yang memiliki tingkat kekasaran yang rendah atau agak halus. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Potong amplas secukupnya.
  • Gosokkan amplas pada goresan halus di layar gorilla glass HP Anda.
  • Lakukan dengan hati-hati agar bagian lainnya di HP Anda tidak ikut teramplas.

3. Minyak Sayur

Minyak sayur ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan goresan halus di layar gorilla glass HP Anda. Ingat yah, minyak sayur tidak sama dengan minyak goreng yang biasa Anda pakai untuk menggoreng. Berikut ini cara-caranya:

  • Anda cukup menuangkan satu tetes minyak sayur ke kain bersih.
  • Lalu, usapkan pada bagian HP Anda yang tergores.
  • Ingat, setelah diusapkan dan goresan menghilang, segera bersihkan sisa minyak menggunakan kain bersih.

4. Telur dan Potassium Sulfat

Sebelum mulai, siapkan beberapa alat dan bahan pembersih layar HP lainnya, yaitu satu butir telur, satu sendok potassium sulfat, satu helai kain microfiber, panci, oven, kompor, dan aluminium foil. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pisahkan bagian putih telur dari bagian kuningnya.
  • Campurkan putih telur dengan  potassium ke dalam panci.
  • Panaskan panci pada suhu 65 derajat Celcius.
  • Setelah bahan-bahan tercampur, rendam kain microfiber ke dalam campuran tersebut.
  • Bungkus kain microfiber tersebut dengan aluminium foil.
  • Masukkan kain ke dalam oven dengan suhu 300 derajat Celsius.
  • Setelah kain kering, keluarkan dari oven.
  • Bilas kain microfiber dengan air dingin sekitar 20 sampai 30 detik.
  • Ulangi cara di atas sampai 3 kali. Jika sudah, biarkan kain kering sendiri dan diamkan selama 2 hari.
  • Setelah 2 hari, gunakan kain microfiber tersebut untuk digosokkan ke bagian HP yang tergores.

5. Gunakan Krim Pelembab Wajah

Krim pelembab wajah juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan goresan pada layar gorilla glass HP Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Ambil krim pelembab wajah secukupnya
  • Oleskan krim pada layar HP yang tergores.
  • Gosok perlahan menggunakan kain bersih atau kapas sampai krim mengering.
  • Jika sudah, bersihkan sisa krim pada layar HP Anda.

6. Gunakan Plastik Anti Gores atau Tempered Glass

Cara terakhir ini adalah cara yang harus Anda lakukan setelah Anda melakukan salah satu cara yang telah kami jelaskan di atas, sekaligus juga sebagai langkah pencegahan agar layar gorilla HP Anda tidak tergores. Sebelum Anda membeli handphone di toko atau outlet, mintalah kepada penjual untuk memasangkan plastik anti gores atau tempered glass pada layar HP Anda. Hal ini berlaku setiap Anda membeli HP baru atau HP bekas.

Meskipun begitu, menambahkan tempered glass atau plastik anti gores pada layar gorilla glass yang memiliki goresan halus tidak berarti akan menghilangkan goresan tersebut. Tetapi setidaknya, lapisan perekat dan bias cahaya pantulan pada tempered glass atau plastik anti gores bisa menutupi bagian yang tergores sehingga tidak mudah terlihat. Agar tempered glass di HP Anda terawat, baca cara membersihkan tempered glass yang pernah kami bahas sebelumnya.

Sekian artikel kami seputar cara menghilangkan goresan pada layar HP gorilla glass untuk segala merek. Jika Anda hendak menghilangkan retak pada HP, simak artikel cara menghilangkan retak pada HP yang pernah kami bahas di situs ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , ,
Oleh :