6 Cara Mudah Menghilangkan Retak pada HP

Handphone atau biasa kita sebut dengan HP, kini seakan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Seiring kemajuan zaman, semua informasi dan pekerjaan bisa dilakukan hanya menggunakan HP. Mulai dari jualan di online shop, baca berita, hingga hanya sekedar untuk mendengarkan musik.

ads

Seiring banyaknya kegunaan dari HP saat ini, maka hidup pun seakan tidak lengkap jika tidak ditemani HP. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Nah, selama menjalani hari, HP tersebut selalu berada di dekat kita. Hal tersebut membuat HP kita rawan untuk terjatuh di mana saja dan kapan saja.

Apakah HP Anda menggunakan prosesor paling tinggi saat ini? Atau layarnya lebih lebar dari HP biasa? Prosesor HP Anda sudah quad core atau malah sudah octa core (Simak perbedaan processor Quad Core dan Octa Core di situs ini biar Anda paham)? Semua hal tersebut akan percuma jika HP Anda masih rawan retak jika terjatuh secara tidak sengaja.

Masih mending jika HP Anda memang dibuat tahan benturan. Masalahnya, HP keluaran saat ini cenderung rawan terjadi kerusakan jika terjatuh, khususnya pada bagian layar. Kerusakan yang paling kentara terlihat setelah HP terjatuh adalah munculnya retak pada layar. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan adanya bagian lain pada HP yang muncul retak akibat terjatuh.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan retak pada HP? Tenang, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai hal tersebut untuk Anda. Baik, tanpa berpanjang kata, berikut ini informasinya:

1. Gunakan Casing Pelindung

Sebelum Anda memperbaiki layar atau casing handphone Anda yang retak , mungkin cara ini bisa menjadi alternatif, yaitu memasang case pelindung pada handphone Anda. Ketika Anda membeli handphone, baik baru ataupun bekas, lebih baik Anda membeli juga casing pelindung pada penjual handphone. Casing ini biasanya terbuat dari bahan silicon atau plastik. Hal ini dapat menghindari layar atau casing handphone Anda tergores atau retak. Anda bisa menyesuaikan jenis dan ragam casing berdasarkan tipe handphone Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih beragam pilihan gambar, desain, dan warna sesuai keinginan.

2. Memperbaiki Layar Sentuh HP yang Rusak Sebagian

Jika touchscreen smartphone Anda hanya rusak atau retak sebagian saja (tidak semua bagian layar rusak), maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah didiagnosa atau melakukan pengecekan. Bisa saja, layar HP Anda menunjukkan ciri-ciri yang sama dengan ciri-ciri layar LCD laptop rusak. Baiklah, jika Anda sudah siap untuk memperbaiki HP Anda yang retak, sekarang kami akan beritahukan cara-caranya:

  1. Pertama buka menu Setting atau Pengaturan dan cari pilihan kalibrasi layar pada HP Anda.
  2. Setelah itu, Anda ikuti perintah – perintah yang tampil pada layar. Biasanya, hal pertama yang akan diminta adalah Anda mengklik atau melakukan tap (sentuhan) di sembarang tempat pada layar.
  3. Kemudian sentuh layar, tepatnya di titik tengah kalibrasi layar. Lalu, lanjutkan sentuhan di tempat-tempat yang diperintahkan oleh sistem. Biasanya dengan cara ini, kerusakan ringan yang telah terjadi pada layar sentuh HP Anda akan kembali normal.

  4. Tetapi, jika cara di atas masih tidak efektif untuk memperbaiki layar sentuh HP Anda, maka Anda harus melakukan “factory reset” atau mengembalikan pengaturan HP ke pengaturan awal dari pabrik. Karena cara kerja factory reset ini hampir sama dengan cara instal ulang laptop, Anda harus melakukan backup data penting Anda terlebih dahulu yang disimpan di memori internal HP.

3. Memperbaiki Touchscreen yang Pecah atau Retak

Nah, sekarang saatnya kami untuk menjelaskan cara-cara memperbaiki touchscreen HP yang pecah atau retak. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Bila layar HP anda mengalami pecah, keluar garis-garis panjang pada layar, serta sudah tidak bisa berfungsi (touchscreen tidak bekerja), langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk melakukan flash / reset ulang firmware HP Anda.
  2. Jika firmware HP anda telah di-reset ulang, namun layar touchscreen HP Anda masih tidak dapat bekerja, maka sama halnya untuk mengatasi LCD laptop pecah, solusi satu- satunya untuk memperbaiki masalah tersebut adalah mengganti layar HP anda dengan yang baru. Pastinya, Anda harus sesuaikan dengan type HP yang Anda gunakan.

4. Memperbaiki Kaca Kamera untuk HP Tertentu

Jangan salah, kaca pelindung lensa kamera pada HP Anda pun rawan untuk retak ketika terjatuh secara tidak sengaja. Apalagi pada kaca pelindung lensa dari beberapa HP keluaran Samsung, iPhone dan sejenisnya. Ada sedikit perbedaan dalam memperbaiki kaca kamera yang retak pada merek-merek tersebut, karena mode dan tipe yang berbeda diperlukan perawatan sendiri. Alat-alat yang perlu Anda siapkan adalah kaca kamera, hairdryer dan perkakas khusus. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Siapkan handphone yang kaca kameranya retak
  • Buka casing belakang handphone.
  • Pastikan handphone Anda dalam keadaan mati untuk menghindari terjadinya hubung singkat dari listrik yang tersimpan pada baterai.
  • Panaskan bagian belakang HP dengan hairdryer selama satu menit.
  • Dorong keluar kaca dari bingkai handphone dengan alat pendorong (bisa berupa pinset atau sejenisnya)
  • Kemudian, ganti kaca kamera yang retak dengan kaca kamera yang baru. Tempelkan kaca kamera baru pada posisi seperti kaca kamera sebelumnya.
  • Setelah posisi dari kaca kamera sudah pas dan terpasang dengan baik, tutup kembali casing handphone Anda.
  • Sebagai langkah perawatan, jangan lupa untuk membersihkan kaca kamera dari debu yang menempel.

5. Memperbaiki Langsung Ke Teknisi Handphone

Ini adalah langkah terakhir sekaligus langkah pamungkas jika Anda segan atau ragu untuk memperbaiki masalah HP retak ini sendirian. Hal yang harus dilakukan tentu saja dengan pergi ke counter handphone atau jasa servis handphone terdekat. Anda bisa meminta tenaga ahli untuk memperbaiki handphone Anda dengan mudah, cepat dan praktis. Kekurangan dari cara ini, Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk melakukan reparasi tersebut. Belum lagi jika harus ada penggantian layar.

6. Cara Kreatif “Memperbaiki” Layar Retak

Jika Anda perhatikan, dari 5 poin yang telah kami bahas di atas, semuanya membutuhkan dana. Mulai dari membeli casing pelindung, layar baru, hingga membayar jasa reparasi layar HP Anda. Nah, jika saat ini Anda sedang dalam kondisi “krismon” (krisis moneter) alias lagi ga punya duit (bokek), Anda bisa melakukan cara kreatif ini. Cara kreatif yang dimaksud yaitu memasang wallpaper yang unik dan terkesan “menyatu” dengan retaknya layar HP Anda. Berikut ini salah satu contoh dari wallpaper kreatif yang seakan “menyatu” dengan retak pada layar HP Anda.

Sumber: Jalantikus.com


Bagaimana, wallpapernya “menyatu” banget kan dengan retak layar HP? Saking menyatunya, Anda sekilas merasa bahwa retak pada HP Anda menghilang seketika hehehehe. Oh iya, Anda bisa mencari wallpaper “unik” ini di internet. Jika retak layar HP Anda tidak “menyatu” dengan wallpaper, Anda dapat mengedit wallpaper tersebut agar bisa “menyatu” dengan retaknya layar HP Anda. Kreatif banget kan cara dalam poin satu ini? Wkwkwkwk

Dari semua poin yang kami jelaskan, manakah jalan terbaik untuk memperbaiki HP Anda yang retak? Atau mungkin Anda hendak melakukan cara terakhir banget sambil menunggu dananya terkumpul? Semuanya kembali lagi kepada Anda.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara menghilangkan retak pada HP. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki layar HP Anda yang retak. Semoga masalah layar HP Anda bisa selesai setelah membaca artikel kami ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting