6 Cara Menghilangkan Casing Lecet pada HP

Siapa di antara Anda yang sedang membaca artikel ini menggunakan HP baru? Cieee HPnya baru. Pasti deh selama masih baru, HPnya dirawat dengan baik pake banget. Saking baiknya, mungkin Anda sampai mengelus-elus casing HP baru Anda. Eh, tapi itu sih sewaktu masih baru. Nah kalo udah lama sih, biasanya boro-boro ngerawat. Mungkin Anda akan menemui adanya lecet pada casing HP Anda.

ads

Duh, apakah Anda panik? Apakah Anda perlu ganti HP baru? Apakah Anda perlu kredit untuk membeli HP baru? Apakah Anda tiba-tiba mengalami serangan jantung? Atau mungkin Anda perlu menghubungi layanan ambulance? Kami rasa, semua hal tersebut tidak perlu, apalagi sampai menghubungi ambulance segala.

Penyebab timbulnya lecet pada casing HP Anda bisa bermacam-macam, mulai dari tidak sengaja terjatuh, saat dimasukkan ke dalam saku ternyata tergores kunci motor/mobil, atau mungkin memang Anda sengaja membuat lecet casing HP Anda karena habis diputusin pacar. Yah sebenarnya masih banyak lagi sih penyebab-penyebab yang lebih masuk akal ketimbang alasan terakhir barusan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda seputar cara menghilangkan casing lecet pada HP Anda. Cara-cara yang kami akan bahas kali ini agak sedikit berbeda dengan cara menghilangkan retak pada HP yang pernah kami bahas sebelumnya. Oh iya, sebelum Anda memutuskan untuk mencoba cara-cara di bawah ini, jangan lupa untuk mematikan HP Anda. Lebih baik lagi jika baterainya dilepas dulu. Lalu, bagian-bagian yang rawan seperti port untuk charge atau port jack 3,5 untuk headphone ditutup menggunakan isolasi, agar port-port tersebut tak kemasukan cairan.

Siapkan juga beberapa alat sederhana yang bisa Anda cari dengan mudah, yaitu dua hela kain bersih dan berserat halus, wadah kecil, tangan yang terampil, serta hati yang sabar karena proses pembersihan ini tidak akan terjadi dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Tapi, kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan tangan orang lain, apalagi tangan pacar orang *ehhh

Baiklah, berikut ini alat-alat yang bisa Anda gunakan beserta caranya.

1. Pasta Gigi atau Odol

Barang satu ini sudah pasti tersedia di kamar mandi Anda. Kalo tidak ada sih, hmm kalo kata Bang Rhoma sih, terlalu. Eitsss, pasta gigi yang dimaksud di sini bukan yang jenis gel, tapi pasta gigi yang berwarna putih atau yang tidak mengandung gel.

Cara penggunaannya hampir sama dengan cara membersihkan casing HP putih yang menguning. Pertama, tekan pasta giginya sampai keluar, cukup sedikit aja karena Anda bukan hendak menyikat gigi. Taruh pastanya di lap bersih. Lalu, usap layar HP atau casing yang lecet dengan kain yang ada pasta giginya tersebut dengan perlahan. Arah mengusapnya harus secara melingkar.  Lama-kelamaan, lecet yang ada di layar atau casing HP Anda akan mulai menghilang. Jika sudah, bersihkan sisa pasta gigi dengan kain bersih yang tidak terkena pasta gigi.


2. Krim Penghilang Goresan Mobil

Yah sebenarnya bahan ini cocoknya untuk menghilangkan lecet pada mobil. Tapi menurut situs Mashable, krim ini bisa digunakan juga pada casing HP.

Cara menggunakannya juga mudah. Anda cukup mengoleskan sedikit krim tersebut ke casing HP Anda. Usapkan secara perlahan dengan gerakan melingkar, dan pastinya harus pake kain halus. Saat goresannya sudah menghilang, segera bersihkan casing HP Anda dengan kain bersih.

3. Baking Soda

Selain untuk mengembangkan kue dan roti, bahan makanan satu ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan lecet pada casing HP loh. Cara menggunakannya juga mudah. Jika Anda sebelumnya menyimak cara membersihkan tempered glass yang pernah kami bahas, mungkin Anda akan familiar dengan cara-cara kali ini. Pertama, campurkan sedikit baking soda dengan air di sebuah wadah. Sesudah itu, aduk sampai campuran dari baking soda dan air membentuk seperti pasta. Nah, pasta inilah yang akan digunakan dalam cara menghilangkan casing lecet pada HP Anda.

Usapkan pasta tersebut pada casing HP yang ada lecet menggunakan kain bersih. Usapkan secara perlahan dan harus dengan gerakan melingkar. Setelah lecet pada casing sudah hilang, maka segera bersihkan sisa pasta pada casing menggunakan kain bersih. Jika perlu, kainnya dibasahkan terlebih dahulu dengan sedikit air (tidak usah banyak-banyak, kan bukan mau cuci HP) agar sisa pastanya bisa cepat hilang.

4. Bedak Bayi

Bahan satu ini ternyata selain dipakai untuk menghaluskan kulit bayi dan papan karambol (bener kan?), juga bisa dipakai buat menghilangkan lecet pada casing HP. Cara penggunannya juga mudah kok. Anda lakukan langkah-langkah menghilangkan lecet casing menggunakan baking soda yang telah kami bahas di atas. Bedanya, ganti baking soda dengan bedak bayi. Kami rasa, Anda sudah paham lah cara-caranya. Lakukan saja hehe.

5. Minyak Sayur

Minyak sayur pun ternyata cukup ampuh loh untuk menghilangkan lecet kecil di casing HP Anda. Anda cukup meneteskan minyak sayur ke atas bagian yang terdapat lecet. Tak usah banyak-banyak, cukup satu tetes saja. Lalu, usapkan dengan kain bersih. Ingat, setelahnya diusapkan minyak sayur, segera bersihkan sisa minyak. Jangan goreng HP Anda menggunakan minyak sayur karena pasti rasa HP Anda tidak enak.

6. Telur dan Potassium Sulfat

Nah, khusus kedua bahan ini, caranya agak berbeda dan lebih banyak. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan alat-alat pembersih layar HP lainnya seperti kain microfiber (kain yang biasa dipakai untuk membersihkan kacamata), panci, oven, kompor, dan aluminium foil. Oke, berikut ini cara menggunakan kedua bahan ini untuk menghilangkan lecet pada casing HP:

  • Pisahkan bagian putih dari satu butir telur.
  • Campurkan putih telur dengan satu sendok potassium ke dalam panci. Panaskan pada suhu 65 derajat Celcius.
  • Setelah kedua bahan tercampur, rendam kain microfiber ke dalam campuran tersebut.
  • Bungkus kain microfiber tersebut dengan aluminium foil. Lalu masukkan ke dalam oven dengan suhu 300 derajat Celsius.
  • Setelah kain microfibernya kering, keluarkan dari oven.
  • Bilas kain microfiber dengan air dingin sekitar 20-30 detik.
  • Ulangi cara di atas sampai 3 kali. Jika sudah, biarkan kain kering sendiri dan diamkan selama 48 jam alias 2 hari. Anda bisa melanjutkan aktifitas Anda sembari menunggu, bisa masak dulu, bisa makan dulu, bisa nonton ke bioskop bareng pacar dulu, atau malah bisa menyelamatkan dunia dulu. Intinya sih, lanjutkan kegiatan apapun yang bisa dilakukan dalam waktu 2 hari deh.
  • Nah setelah 2 hari, gunakan kain microfiber tersebut untuk digosokkan ke lecet yang ada di HP Anda.

Sebenarnya sih, menurut situs Mashable, cara menghilangkan casing lecet pada HP masih ada dua bahan lagi, yaitu dengan amplas halus dan cairan brasso. Tetapi, mengingat bahan-bahan tersebut sangat rawan bila digunakan pada casing HP dan butuh penanganan yang lebih matang, maka kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakannya.


Sekian artikel kami seputar cara menghilangkan casing lecet pada HP, baik pada HP keluaran jaman baheula dan juga keluaran zaman now. Jika Anda hendak membersihkan HP Anda secara total, simak cara membersihkan HP yang kotor yang pernah kami bahas di situs ini. Semoga cara-cara yang kami berikan pada artikel kali ini dapat menghilangkan lecet pada casing HP Anda. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting