3 Cara Mengatasi IP yang Diblokir WiFi pada Android

Internet saat ini sudah mudah didapatkan oleh masyarakat. Tak hanya menggunakan jaringan seluler, kini masyarakat bisa menggunakan jaringan WiFi yang disediakan di beberapa tempat umum, seperti sekolah, mall, kafe, restoran, dan tempat lainnya. WiFi tersebut biasanya disediakan secara gratis atau berbayar, tergantung dari pengelola tempat tersebut.

ads

Nah, seringkali ada beberapa orang yang memanfaatkan WiFi gratisan tersebut untuk menggunakan internet secara berlebihan. Maksud dari berlebihan di sini adalah banyak di antara mereka yang menggunakan jaringan WiFi untuk mendownload file-file berukuran besar, streaming video kualitas HD, bahkan hingga untuk bermain game online. Hal-hal tersebut bisa berdampak pada kecepatan internet yang didapatkan oleh orang lain yang menggunakan jaringan Wifi tersebut.

Mengapa bisa begitu? Jadi, jaringan WiFi itu layaknya sebuah kue berukuran besar yang dibagikan ke orang-orang yang mau memakannya. Nah, jika ada orang yang mendapat bagian kue yang lebih besar atau dalam kasus WiFi berarti menggunakannya secara berlebihan, maka orang lain hanya akan mendapat porsi kue yang lebih kecil. Porsi di sini menandakan kecepatan internet yang didapatkan oleh orang tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa pengelola melakukan berbagai cara mengatur bandwidth Wifi. Mulai dari penggunaan username dan password, adanya batasan waktu akses internet, hingga memblokir MAC address dari perangkat pengguna yang bandel. Sebentar deh, apa maksud dari blokir MAC Address tersebut?

Begini, setiap perangkat yang terkoneksi di dalam sebuah jaringan komputer, seperti WiFi contohnya, akan memiliki MAC address sebagai identitas dari perangkat tersebut. Berbeda dengan IP address yang sifatnya tidak permanen, MAC address akan bersifat permanen karena merupakan identitas perangkat yang akan dikenali setelah jaringan mengidentifikasi IP address yang perangkat tersebut gunakan.

Lalu, apa yang bakal terjadi jika MAC address dari perangkat anda diblokir? Sudah jelas akibatnya, yaitu perangkat Anda yang tadinya tersambung akan mengalami pemutusan koneksi dan tidak bisa tersambung ke internet.

Mungkin Anda akan bertanya, apakah saya bisa mengubah MAC address perangkat saya agar tidak diblokir di jaringan WiFI? Jawabannya bisa, tetapi dibutuhkan beberapa cara dan Anda membutuhkan software pihak ketiga.

Khusus untuk perangkat Android, Anda mau tak mau harus melakukan root. Alasannya karena aplikasi pihak ketiga untuk mengubah MAC address bisa digunakan hanya pada perangkat yang telah di-root. Mungkin, Anda bisa menyimak artikel kami yang pernah membahas seputar cara root Android Nougat.

Nah, jika Anda hendak mengubah MAC address perangkat Android Anda, berikut ini cara mengatasi IP yang diblokir WiFi pada Android yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Mari disimak informasinya.


2 Cara Mengubah MAC Address di Android

  • Pada perangkat Android Anda, pilih Settings > WiFi > Advanced Setting.
  • Pada pilihan menu “Advanced Setting”, gulir layar ke bawah dan Anda akan mendapatkan informasi seputar alamat IP Address dan MAC Address dari perangkat Anda.
  • Ambil screenshot atau catat kedua alamat tersebut untuk jaga-jaga dan mengingatnya.
  • Ingat, semua cara yang ada pada bagian ini akan berjalan jika perangkat Android anda sudah di-root. Anggap saja Anda sudah melakukan root. Nah, sekarang cari aplikasi bernama “BusyBox” di Google Play Store. Download dan instal aplikasi tersebut. Pastikan Anda telah melakukan cara mengaktifkan Play Store agar bisa mendownload aplikasi ini.
  • Cari aplikasi Terminal Emulator di Google Play Store dan lakukan instalasi. Aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan terminal (semacam Command Prompt pada Windows) yang dapat menjalankan command berbasis teks pada perangkat Android Anda.
  • Setelah kedua aplikasi tersebut telah terpasang, selanjutnya ketik beberapa kode perintah sebagai berikut:
    • “$ su” (tanpa tanda petik), lalu tekan Enter
    • “$ busybox iplink show eth0” (tanpa tanda petik), lalu tekan Enter
    • “$ busybox ifconfig eth0 hw ether <MAC address baru>” (MAC address baru di sini bisa disesuaikan dengna keinginan Anda, bisa juga menggunakan alamat yang serupa tapi tak sama dengan melihat contoh MAC address yang tadi Anda screenshot atau catat tadi). Lalu, tekan Enter.

Jika cara-cara di atas dirasa kurang dimengerti oleh Anda, ada kok cara yang lebih mudah untuk mengubah MAC address. Yaitu menggunakan aplikasi “ChameleMac”. Anda bisa mencari aplikasi ini di Google Play Store. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mendownloadnya, mungkin Anda harus melakukan cara update Google Play, khususnya jika Anda menggunakan perangkat Android keluaran lawas. Berikut ini penjelasan lengkap dalam menggunakan aplikasi ini sebagai cara mengatasi IP yang diblokir WiFi pada Android:

  • Buka aplikasi “ChameleMac” yang sudah Anda download dan instal di perangkat Android Anda.
  • Selanjutnya akan muncul permintaan akses root dari aplikasi. Pilih “Allow” atau “Grant”.
  • Lalu, akan muncul tampilan dari aplikasi tersebut yang menampilkan MAC Address asli dari perangkat Android anda. Anda bisa mengambil screenshot atau mencatat alamat tersebut.
  • Untuk mengubah MAC Address secara mudah, sebaiknya Anda memilih “Generate Random MAC”, fitur yang otomatis akan membuat MAC Address baru secara acak.
  • Setelah muncul MAC Address baru, pilih “Apply New MAC”.
  • Lalu akan muncul keterangan lainnya untuk meminta konfirmasi apakah Anda yakin akan mengganti MAC Address. Pilih “Change” untuk mengganti dengan MAC Address yang baru.
  • Selesai.

Kesimpulan dari dua metode yang telah kami bahas di atas adalah: cara mengatasi IP yang diblokir WiFi dengan cara mengubah MAC Address pada perangkat Android bisa saja dilakukan apabila sistem keamanan yang terdapat di perangkat Android bisa terbuka. Untuk membukanya, Anda harus melakukan rooting terlebih dahulu.

Cara Mengubah MAC Address di Android tanpa Root

Eitsss, tetapi ada kok cara mengubah MAC Address di Android tanpa perlu melakukan root. Tentu saja, efeknya akan berbeda ketimbang jika perangkat Android tersebut di-root. Cara yang akan kami berikan kali ini hanya bisa dilakukan pada perangkat Android yang tertanam chipset Mediatek (MTK). Berikut ini cara-caranya:

  • Cari aplikasi yang bernama Engineering Mode di Google Play Store. Lalu, download dan instal aplikasi tersebut. Oh iya, pastikan Anda telah melakukan cara membuat akun Google Play Store agar bisa mendownload aplikasi ini.
  • Setelah aplikasi sudah terinstal, buka aplikasinya dan pilih “MTK Settings”
  • Selanjutnya, Anda akan dihadapkan dengan pilihan menu yang beragam. Karena Anda hendak mengubah MAC Address, pilih Tab Connectivity > WIFi > NVRAM.
  • Pada “Byte String Acces” terdapat 3 kolom ke bawah yang berurutan, diantaranya:
    • Pada kolom pertama [addr h,byte], isi dengan angka 4
    • Sedangkan pada kolom di bawahnya, isi dengan angka 6.
    • Maka pada kolom ketiga (value h), akan muncul MAC address asli dari perangkat Android Anda. Nah, Anda bisa mengubahnya dengan MAC address baru sesuai keinginan Anda. Jika sudah diubah, pilih menu “Write”. 

  • Restart koneksi WiFi Anda dengan cara menonaktifkannya terlebih dahulu dan kemudian diaktifkan kembali.
  • Periksa perubahannya dengan cara masuk ke Settings > WiFi > Advanced Setting.
  • Jika MAC Address yang tertera pada tampilan Advanced Setting sudah berubah sesuai yang Anda atur sebelumnya di aplikasi Engineering Mode, maka Anda sudah selesai dalam mengubah MAC Address tanpa root Android.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara mengatasi IP yang diblokir WiFi pada Android dengan metode mengubah MAC Address. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :