4 Cara Root Android Nougat Dengan Mudah

Android Nougat merupakan salah satu jenis sistem operasi Android yang telah dikeluarkan oleh Google. Android Nougat hadir dengan beberapa pengembangan dan penambahan fitur yang signifikan dari versi sebelumnya. Salah satu versi sebelumnya adalah android marshmallow. Kelebihan android marshmallow sempat membuat sistem operasi ini banyak digunakan pada perangkat android beberapa tahun yang lalu.

ads

Setelah Google secara resmi memperkenalkan OS android terbarunya yakni android versi 7.0 dengan nama android Nougat. Telah banyak perangkat android yang menggunakan versi ini sebagai sistem operasinya. Tentunya para pengguna diberikan beragam varian dari sistem operasi Android yang paling tepat sesuai kebutuhan mereka.

Sebagai salah satu sistem operasi android yang telah banyak digunakan oleh banyak perangkat android. Sistem operasi android ini tidaklah sempurna. Akan tetapi dibalik kelebihan dan kekurangan android nougat, hal ini tidak menghentikan banyak vendor smartphone untuk menggunakan sistem operasi android pada HP keluaran mereka.

Untuk dapat menggunakannya secara leluasa sebagian orang memilih untuk melakukan proses rooting pada sistem operasi android nougat. Jika anda termasuk salah satu orang yang berniat untuk melakukan proses rooting. Silahkan baca lebih lanjut, karena pada pembahasan artikel ini kita akan membahas cara root android nougat.

Apa itu Root?

Root merupakan proses untuk mengambil alih kendali yang lebih pada sistem operasi terhadap beberapa akses pengaturan yang ada pada HP smpartphone. Banyak alasan para pengguna android melakukan proses rooting pada HP android mereka. Yang paling umum ialah biasanya para pengguna ingin memasang dan menguinstall beberapa software yang pada keadaan normal tidak dapat dilakukan kecuali HP anda telah di root.

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan dengan melakukan proses rooting, hal ini tidak terkecuali cara mempercepat koneksi WiFi di android dengan cepat. Dibalik banyaknya keuntungan yang sudah disebutkan, terdapat beberapa hal yang wajib anda ketahui sebelum melakukan rooting pada android anda. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan.

  • Perangkat android yang telah di root akan kehilangan status warranty-nya jika masih tersedia.
  • Apabila terjadi kesalahan saat melakukan proses rooting nantinya HP anda akan mengalami boot loop.
  • Setelah mengalami proses rooting, hp anda akan mudah terinfeksi oleh malware.
  • Harga jual kembali dari HP anda akan menjadi turun apabila orang yang hendak membeli ponsel anda mengetahui hal tersebut.

Cara Root Android Nougat

Dalam pembahas berikut kita akan membahas cara root android nougat dengan menggunakan PC dan tanpa menggunakan PC. Kedua metode ini merupakan metode yang dapat anda lakukan apabila anda ingin melakukan rooting terhadap smartphone anda.

Cara Root Android Nougat Menggunakan PC


Menggunakan Root Genus pada PC

  1. Langkah pertama yang perlu digunakan adalah unduh Root Genius For PC. Patiikan anda mendownload aplikasinya dari halaman resmi yakni shuame.com
  2. Matikan sementara antivirus di PC untuk memperlancar proses Root yang akan anda lakukan.
  3. Hubungkan HP android anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  4. Setelah tersambung, jalankan aplikasi anda dan centang pilihan “I Accept…”, lalu tekan tombol Root It. Tunggu hingga proses Root selesai.
  5. Jika sudah selesai cabut HP android anda dari sambungan kabel USB yang terhubung ke komputer anda.
  6. Setelah proses root berhasil nantinya akan ada aplikasi baru yang bernama Kinguser.

Menggunakan Kingo Root pada PC

  1. Sebelum menggunakan aplikasi ini sama seperti langkah sebelumnya donwload aplikasi Kingo Root dari halaman resminya yakni kingoapp.com
  2. Setelah selesai didownload, lakukan penginstallan aplikasi ini.
  3. Setelah terinstall jalankan aplikasinya, dan hubungkan perangkat android anda dengan PC menggunakan kabel USB.
  4. Tunggu hingga aplikasi Kingo Root mengenali perangkat android anda.
  5. Ketika sudah dikenali tekan tombol Root.
  6. Disana nantinya tunggu hingga proses rooting selesai. Jika telah selesai nantinya akan muncul peringatan yang menyatakan Root Succeded.

Cara Root Android Nougat tanpa menggunakan PC.

Untuk melaksanakan metode kedua ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melanjutkan yang mana sebagai berikut.

  • Untuk melakukan salah satu langkah yang akan dibahas nantinya ada baiknya anda menginstall aplikasi TWRP Recovery (Team Win Recovery Project) atau CWM (ClockWorkMod) pada ponsel Android Nougat anda.
  • Gunakan panduan ini hanya jika anda telah memperbaharui OS atau sistem operasi ponsel android anda ke Nougat 7.0, baik secara otomatis ataupun manual.
  • Sebelum mendapatkan akses root pada Nougat 7.0 anda sebaiknya membuat backup cadangan, jika tidak, maka anda akan beresiko kehilangan semua data pribadi anda.Anda dapat melakukan backup penuh dengan menggunakan aplikasi backup dan restore yang bisa didownload melalui Google Playstore ataupun platform lainnya.
  • Sebaiknya pastikan bahwa keadaan daya baterai anda saat melakuakn proses rooting tidak kurang dari 50% karena proses root nantinya akan banyak menghabiskan daya baterai ponsel anda.

Menggunakan Kingo Root pada Smartphone.

Kingo Root merupakan aplikasi rooting profesional bagi pengguna android untku melakukan proses root pada hampir semua jenis perangkat android. Dan aplikasi ini tersedia untuk software versi PC dan aplikasi smartphone.

Jika anda ingin melakukan proses rooting pada smartphone menggunakan metode ini, maka koneksi internet yang stabil adalah sesuatu yang diperlukan karena script rooting yang digunakan disimpman di server Kingo. Tanpa itu, ponsel anda tidak akan dapat di root dengan sukses. Untuk melakukannya perhatikan beberapa langkah – langkah berikut.

  1. Kunjungi situs resmi Kingo Root dengan browser pada ponsel android nougat anda.
  2. Jika sudah download file Kingo Root apk di memori perangkat android anda. Proses download akan dimulai secara otomatis, dan jika ada beberapa notifikasi tentang KingoRoot apk, klik OK untuk melanjutkannya.
  3. Saat proses donwload selesai, anda bisa menemukannya di folder “Download” pada HP android anda. Pastikan anda menggunakan jaringan koneksi internet yang stabil dan tidak terputus – putus.
  4. Install file KingoRoot apk pada ponsel android nougat anda. Disini anda mungnkin akan mengalami beberapa masalah saaat penginstallan berlangsung, cukup ikuti petunjuk pada layar perangkat anda untuk mengaturnya.
  5. Jika terjadi Install Blocked, yang mana hanya beberapa aplikasi dari Google Play Stoer yang dapat dipasang di perangkat anda. File apk dari KingoRoot yang telah didownload langsung dari Kingo tidak dapat diijinkan untuk diinstall  diperangkat anda kecuali anda telah mengatur pengaturan yang mengizinkan penginstallan “Unknown Source“.
  6. Untuk solusi mengatasi masalah tesrebut masuk ke bagian Settings, kemudian Security, lalu Unknown Sources, disana centang boxnya dan pencet tombol allow. Jika terdeteksi sebagai harmful app, pilih setelan kemudian security, lalu Verify apps, hapus centangan yang ada pada bagian kotak dibagian tersebut.
  7. Jika permasalah tersebut telah diatasi. Setelah terinstall aplikasi ini akan mendeteksi perangkat android anda dan menunjukkan versi OS android yang sedang anda gunakan.
  8. Untuk melakuakn proses root anda bisa menekan Ikon “KingRoot”, lalu kemudian pencet tombol “One Click Root” untuk memulai proses root Android Nougat.
  9. Setelah itu silahkan restart ponrsel anda untuk menyelesaikan proses Root.

Cara Root Android Nougat dengan Super SU


Berikut merupakan langkah – langkah cara root android nougat dengan Super SU

  1. Download dan transfer file SuperSU.zip yang telah berhasil anda download dari situs resminya dengan menggunakan HP anda ke memori penyimpanan internal perangakt anda.
  2. Matikan ponsel android anda.
  3. Boot perangkat anda ke dalam mode TWRP Recovery menggunakan aplikasi yang sudah anda install sebelumnya.
  4. Pencent tombol “Install” dan pilih file SuperSU.zip yang anda download ke perangkat anda pada langkah pertama.
  5. Setelah memilih file.zip lakukan “Swipe to Confirm Flash” di bagian bawah layar untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  6. Setelah proses sebelumnya selesai, nanti akan muncul opsi “Reboot System”, pilihlah opsi tersebut.
  7. Tunggu hingga proses restart HP android anda selesai.
  8. Untuk memverifikasi akses root pada perangkat android Nougat yang sedang berjalan anda dapat menginstall aplikasi root checker yang tersedia pada Google Playstore atau temapt lainnya.

Macam – macam user interface android yang salah satunya adalah sistem operasi android nougat. Tentu akan dapat sangat berguna apabila dapat dimaksimka secara maksimal.

Itu tadi pembahasan mengenai cara root android nougat. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Andoid