8 Alat Pembersih Layar HP yang Mudah Didapat

Kebersihan seseorang dapat terlihat dari kebersihan benda-benda di sekitarnya. Salah satu benda yang bisa menjadi patokan kebersihan seseorang adalah handphone. Loh kok bisa? Tentu saja, karena handphone sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Apalagi, fungsi teknologi, informasi, dan komunikasi dalam kehidupan di masyarakat dalam penggunaan handphone cukup membantu pekerjaan sehari-hari seiring perkembangan teknologi.

ads

Ditambah, HP sekarang ini sudah mengusung teknologi layar sentuh. Hal tersebut membuat HP kita bisa rawan terkontaminasi oleh kuman atau bakteri. Oleh karena itu, kita harus rajin dalam merawat layar HP kita.

Merawat HP bukan hanya sekedar memperhatikan bagian perangkat kerasnya saja. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan layar HP Anda. Untuk menjaga kebersihan layar HP, ternyata Anda bisa menggunakan beberapa alat pembersih layar HP yang mudah digunakan, simpel, dan tanpa keluar uang banyak. Anda bisa mencoba alat pembersih layar HP berikut ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Alat-alat ini sebenarnya hampir sama dengan alat-alat untuk melakukan cara membersihkan tempered glass. Tetapi, ada yang sedikit berbeda. Yuk kita simak informasinya sampai akhir artikel ini.

1. Handwash

Anda tahu gel alkohol yang sering digunakan sebagai handwas atau pembersih tangan? Nah, gel alkohol tersebut juga bisa digunakan untuk membersihkan layar HP Anda. Gel alkohol sebenarnya tidak berbahaya untuk smartphone, asalkan Anda dapat menggunakannya dengan cara yang benar.

Caranya menggunakannya, pertama Anda siapkan kain yang lembut. Kemudian, Anda bisa tuangkan sedikit gel alkohol tersebut di atas sebuah kain.Tuangkan juga sedikit air ke kain tersebut. Perbandingan antara alkohol dengan air adalah 40% banding 60%. Lalu, usapkan perlahan di atas layar HP. Perlu diingat, jangan langsung menuangkan gel alkohol di atas layar HP. Sebab, hal tersebut akan merusak layar ponsel.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak yang biasanya digunakan untuk mencegah masuk angin ini ternyata juga bisa digunakan sebagai alat pembersih layar HP Anda dari debu penyebab Android cepat panas. Gimana caranya? Ini dia caranya:

  • Siapkan minyak kayu putih, kain halus, atau kapas
  • Tuangkan minyak kayu putih ke kain secukupnya
  • Usapkan kain yang telah dibasahi tersebut ke seluruh bagian HP, khususnya layar
  • Jangan gunakan hairdryer untuk mengeringkan handphone yang terkena air. Biasanya, di dalam handphone terdapat banyak komponen yang mudah rusak jika terkena panas.

3. Kain Microfiber

Menggunakan kain yang lembut adalah salah satu alat untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada layar HP Anda. Mengapa harus kain bertekstur lembut? Jika Anda memilih kain dengan tesktur yang kasar, maka hal tersebut justru akan merusak layar Anda. Kemungkinan besar, kain kasar tersebut akan menggores permukaan pada layar HP Anda. Jadi, Anda bisa menggunakan kain yang lembut atau memilih kain mikrofiber untuk membersihkan lensa kacamata.


Nah, untuk penggunaan kain ini untuk membersihkan layar HP sangat mudah. Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Siapkan kain dengan bahan yang lembut atau kain
  • Pastikan kain yang digunakan adalah kain yang bersih
  • Kemudian, usapkan langsung pada layar HP
  • Usapkan kain secara menyeluruh dan perlahan pada layar HP Anda

4. Cotton Bud

Alat untuk membersihkan daun telinga ini juga bisa kok Anda berdayakan untuk membersihkan layar HP. Cotton Bud ini bisa menjadi pengganti kain mikrofiber yang dijelaskan pada cara sebelumnya.

Eitss, Anda tetap harus memastikan bahwa Cotton Bud yang digunakan memiliki kapas yang sangat lembut sehingga serat-seratnya tidak akan menggores layar HP Anda. Bahan-bahan yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, yakni cotton bud dan air bersih saja. Berikut in langkah-langkahnya:

  • Tuangkan satu sampai dua tetes air bersih pada ujung cotton bud
  • Usapkan cotton bud pada layar HP Anda
  • Jangan lupa juga untuk mengusapkan cotton bud pada sela-sela layar HP Anda.

5. Air Bersih

Jika Anda merasa layar HP Anda tidak cukup bersih hanya dengan hanya mengusapkan kain, Anda bisa menggabungkan kain tersebut dengan air bersih. Nah, kombinasi antara air bersih dengan kain ini dianggap ampuh untuk menghilangkan debu yang menempel pada layar HP.

Tetapu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan air bersih. Air bersih di sini tidak harus air matang, air keran juga bisa kok. Namun, pastikan air keran tersebut merupakan air bersih dan bening. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan air yang telah mengalami proses penyulingan (filter).

Siapkan juga dua kain lembut yang bersih. Kok harus dua sih? Karena satu kain untuk mengusap layar HP menggunakan air, dan satu kain lainnya untuk membersihkan sisa-sisa cairan dari air. Jika semua sudah siap, Anda baru boleh mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tuangkan air pada kain bersih secukupnya. Anda tidak perlu membuat kainnya terlalu basah, cukup tuangkan air ke ujung kain saja.
  • Selanjutnya, usapkan kain basah tersebut pada layar HP secara perlahan dan menyeluruh. Usahakan usapkan dengan hati-hati dan jangan ditekan.
  • Setelah dirasa cukup, Anda bisa mengusapkan permukaan layar yang sedikit lembab dengan kain bersih yang satunya. Usapkan hingga layar HP Anda benar-benar kering dan tidak lembab.

Perlu diingat, bahwa Anda tidak boleh mengusapkan layar HP terlalu basah. Anda juga tidak dianjurkan untuk mencipratkan atau menuangkan air secara langsung pada layar HP. Sebab, hal tersebut malah bisa menyebabkan layar HP Anda rusak dan bisa jadi airnya masuk ke dalam komponen-komponen hardware HP anda.

6. Solatip

Alat perekat satu ini ternyata bukan hanya sekedar untuk merekatkan benda saja. Anda bisa kok menggunakan alat ini sebagai salah satu cara membersihkan layar HP yang berdebu dan kotor. Ternyata eh ternyata, solatip cukup ampuh untuk mengangkat kotoran dan juga debu-debu yang menempel pada layar HP Anda. Namun, Anda harus menggunakannya dengan sangat hati-hati. Berikut ini cara penggunaannya:

  • Siapkan solatip atau isolasi
  • Tempelkan solatip atau isolasi pada layar HP Anda
  • Diamkan solatip atau isolasi yang menempel pada layar HP beberapa saat
  • Lalu, lepaskan solatip / isolasi yang menempel pada layar HP secara perlahan

7. Cairan khusus

Sekarang ini, sudah banyak alat atau bahkan cairan khusus untuk membersihkan layar HP. Nah, Anda bisa menggunakan alat satu ini untuk membersihkan layar HP Anda. Alasannya karena cairan khusus ini memiliki zat kimia tertentu yang mampu mengangkat kotoran bahkan sidik jari yang ada pada layar HP Anda. Anda bisa mencarinya di toko online.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda cukup menuangkan cairan ini sebagai pengganti air pada kain. Selanjutnya, Anda hanya perlu usapkan kain dengan cairan khusus ini pada layar HP Anda. Usapkan secara merata yah.


8. Sinar UV

Mungkin alat satu ini cukup sulit untuk didapatkan, namun alat ini bisa menjadi cara membersihkan HP yang kotor terbaik untuk membersihkan layar HP Anda. Anda bisa menggunakan alat yang bernama Phonesoap’s UV Charger. Alat ini merupakan salah satu produk canggih yang diklaim mampu membasmi kotoran yang ada pada layar HP Anda.

Selain itu juga, alat ini mampu menghasilkan gelombang cahaya yang diklaim bermanfaat untuk membersihkan dan menghancurkan bakteri yang ada pada layar HP. Walaupun, sebenarnya belum dipastikan seberapa hebatnya alat ini untuk membersihkan layar HP.

Sekian artikel kami kali ini seputar alat-alat pembersih layar HP. Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi Anda untuk membersihkan layar HP Anda. Jika Anda hendak membersihkan file-file sampah di HP Anda, simak pembahasan kami seputar fungsi clean master yang sudah kami bahas sebelumnya. Jagalah kebersihan HP Anda yahh,

, , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting