7 Cara Membersihkan Silikon HP dengan Pasta Gigi Terampuh

Untuk mencegah casing HP, khususnya casing belakang, tergores atau lecet akibat aktifitas sehari-hari, kini sudah dijual berbagai macam tipe dan model casing HP. Ragam bentuknya juga banyak dan menyesuaikan dengan tipe HP yang Anda punya. Anda tinggal memilih warna, ketebalan, dan model dari casing silikon sesuai keinginan. Bahan untuk membuat softcase sendiri ada yang terbuat dari dove, karet, kain, kulit dan yang paling terkenal yaitu dari plastik silikon. Casing yang terbuat dari plastik silikon yang lentur ini membuat HP Anda bisa terlindung dari segala macam goresan dan lecet.

ads

Casing silikon saat ini sudah menjadi favorit oleh sebagian besar orang. Malahan, bisa dibilang masyarakat Indonesia lebih menyukai casing HP silikon dibandingkan tipe hardcase. Alasannya, karena casing silikon lebih nyaman ketika digenggam tangan dan casing ini bisa meredam benturan lebih baik di saat HP terjatuh. Selain itu, casing jenis ini biasanya memiliki beragam motif dan modelnya lucu-lucu.

Meskipun begitu, casing silikon memiliki satu kelemahan, yaitu tidak sanggup mengalirkan panas. Hal tersebut bisa terjadi karena sifat bahan utama pembuatnya yang menyimpan panas. Jangan heran jika HP Anda menjadi lebih mudah panas ketika menggunakan softcase. Selain itu, casing ini pun lebih mudah kotor jika sering digunakan. Suatu saat nanti, akan tiba saatnya ketika tampilan dari casing tersebut sudah tidak secantik di saat Anda membelinya pertama kali. Selain kotor, mungkin Anda juga akan melihat mulai adanya kotoran, lecet, atau goresan pada silikon HP Anda. Kotornya silikon bisa dibilang wajar, mengingat sering dibawanya HP Anda kemanapun dan kapanpun. Mungkin saja Anda meletakkan HP Anda di tempat yang memang kotor.

Sementara itu, penyebab adanya goresan pada silikon HP bisa bermacam-macam, mulai dari tidak sengaja tergores benda yang agak kasar, tergores kunci motor/mobil ketika memasukkan HP ke saku, atau hal-hal lainnya yang tidak bisa diprediksi oleh kita. Bekas goresan pun akan semakin jelas jika bahan dari casing HP Anda adalah plastik.

Penyebab casing silikon HP kotor pun juga bisa dari berbagai hal. Beberapa diantaranya adalah karena lotion yang sering dipakai pada tangan Anda, keringat yang menempel pada casing, dan casing silikon tersebut terpapar sinar ultraviolet. Tahukah Anda, bahwa bahan silikon bisa menyerap cairan? Nah, hal itulah yang membuat casing HP berbahan silikon menjadi susah sekali ketika dibersihkan.

Casing HP dari bahan plastik silikon, apalagi yang jenis jelly case , akan sangat susah dibersihkan ketika sudah agak kotor. Jika tidak segera diatasi, kotoran tersebut akan mengeras dan kaku. Di saat ada “sesuatu” yang ganjil pada HP, mungkin Anda akan merasa kesel bercampur panik. Sehingga, Anda akan langsung mencari tahu bagaimana cara memperbaikinya. Dalam kasus ini, Anda sedang mencari cara membersihkan silikon HP. Bisa jadi, artikel yang sedang Anda baca ini adalah salah satu hasil pencarian yang Anda lakukan. Jika betul, kami ucapkan selamat karena Anda berada di tempat yang tepat!

Jika casing silikon HP Anda kotor dan kebetulan Anda memang bosan dengan tampilan casing silikon HP Anda, membeli silikon yang baru memang lebih mudah dilakukan. Tetapi, bagaimana jika casing silikon HP tersebut adalah pemberian dari orang yang paling berharga bagi Anda? Contohnya mungkin dari mantan pacar Anda *ehh Atau mungkin model dan warna dari casing silikon tersebut terlalu sulit untuk dicari meskipun Anda sudah pergi ke berbagai tempat penjual casing silikon HP? Atau casing silikon tersebut dulu dibeli dengan harga yang mahal dan sangat sayang untuk dibuang?


Jika casing silikon HP Anda belum terlalu kaku dan masih bisa dipakai, sebenarnya masih ada cara terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membersihkan kotoran pada casing tersebut agar bisa kembali dipakai. Seperti halnya dalam cara membersihkan laptop. Lagipula, jika solusinya cukup membeli yang baru, untuk apa kami menulis artikel ini? Hehe (;

Untuk mencegah casing silikon HP cepat kotor, lebih baik Anda sebisa mungkin menghindarkan HP Anda dari terpaan sinar matahari secara langsung. Jika Anda sedang keluar rumah, sebaiknya masukkan HP Anda ke dalam saku atau tas ketika HP sedang tidak digunakan. Selain itu, bersihkan HP Anda jika terjatuh ataupun terkena kotoran. Anda cukup membersihkannya dengan kertas tisu untuk sehari-hari.

Salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan silikon HP adalah pasta gigi. Mengapa pasta gigi? Tahukah Anda, pasta gigi mengandung bahan abrasif yang dapat menghilangkan kotoran. Oleh karena itu, pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan casing silikon HP. Tak hanya itu, pasta gigi juga digunakan dalam cara menghilangkan goresan di layar HP.

Nah, kali ini kami akan membahas cara membersihkan silikon hp dengan pasta gigi. Inilah beberapa alat dan bahan yang musti Anda siapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pasta gigi (atau sebutan lainnya odol) secukupnya. Pasta gigi yang digunakan pada kali ini sama dengan pasta gigi yang digunakan dalam cara membersihkan casing HP putih yang menguning, yaitu tidak menggunakan pasta gigi berbahan gel. Pakailah pasta gigi biasa yang berwarna putih. Jika tidak ada yang berwarna putih, setidaknya tidak terbuat dari bahan gel. Pastanya tidak usah terlalu banyak, karena kita hanya akan membersihkan silikon HP saja, bukan membersihkan gigi badak 40 ekor.
  • Sikat gigi. Sebaiknya, Anda menggunakan sikat gigi bekas agar setelah membersihkan silikon HP, sikat tersebut bisa dibuang. Jangan pakai sikat gigi orang lain, apalagi kalau sampai Anda tidak izin saat meminjam sikat gigi tersebut.
  • Satu helai kain bersih atau kertas tisu. Jangan pakai kertas HVS, apalagi kertas skripsi Anda yang baru saja selesai dikerjakan.

Setelah alat dan bahan sudah siap, berikut ini kami jelaskan cara membersihkan silikon hp dengan pasta gigi untuk Anda. Perhatikan baik-baik karena setelah Anda menyimak cara-caranya, Anda belum tentu mendapat hadiah hehe:

  1. Lepaskan casing silikon HP dari HP Anda. Masa iya Anda hendak membersihkan silikon HP yang kondisinya terpasang?
  2. Jika silikon sudah terlepas, oleskan sedikit pasta gigi di kain bersih. Anda juga bisa mengoleskannya langsung ke casing silikon HP.
  3. Usap pasta ke seluruh bagian casing silikon HP secara perlahan. Anda bisa mengusapkannya dengan jari, kain bersih, atau kertas tisu.
  4. Setelah semua bagian casing silikon tertutupi dengan pasta gigi, mulailah membersihkan casing silikon menggunakan sikat gigi atau kain bersih.
  5. Usapkan sikat atau kain secara melingkar dan perlahan.
  6. Jika casing silikon HP sudah tidak tampak kotoran, bersihkan sisa pasta dengan kain bersih atau kertas tisu.
  7. Dan voila, casing silikon HP Anda kini telah bersih.

Memang, hasil dari pembersihan yang dilakukan pada casing silikon tidak akan sampai bersih banget seperti saat silikon HP tersebut pertama kali dibeli. Namun, setidaknya casing silikon nyaman dipandang karena terlihat bersih. Akan lebih baik lagi jika Anda rajin membersihkan casing silikon HP Anda. Tak hanya silikon, Anda pun juga harus tahu cara membersihkan HP yang kotor.

Sekian artikel kami pada kali ini. Jika Anda hendak menghilangkan bekas retak pada HP, baca artikel kami seputar cara menghilangkan retak pada HP di situs kami ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , ,
Oleh :