11 Cara Menghilangkan Goresan Di Tempered Glass Paling Mudah

Handphone bisa jadi adalah barang terpenting bagi seseorang, bahkan hampir setiap orang. Handphone yang telah berkembang menjadi smartphone adalah salah satu benda yang tidak pernah ditinggalkan. Karena penggunaan yang penting inilah, kerap kali kita menyimpan smartphone di sembarang tempat. Misalnya menyimpannya di kantong baju dan bergesekan dengan kunci kendaraan

ads

Gesekan dengan kunci kendaraan ini ternyata dapat mengakibatkan goresan pada layar smartphone anda. Goresan di layar smartphone anda pastilah sangat mengganggu aktivitas anda dengan smartphone. Karena layar adalah media utama penggunaan smartphone.

Jika sudah terjadi goresan, apakah bisa diatasi? Inilah beberapa cara untuk menghilangkan goresan di tempered glass :

1. Cairan Pengkilap Motor atau Mobil

Untuk menghilangkan goresan di layar handphone, anda bisa menggunakan cairan pemoles mobil ini. Tapi tentu saja dengan jumlah yang sangat sedikit. Anda bisa menyemprotnya sedikit kemudia menggosok layar handphone menggunakan kain fiber. Selain itu anda juga bisa langsung membasahi kain fiber dengan cairan pengkilap kemudian menggosoknya pada layar handphone.

2. Minyak Sayur/Goreng

Setiap bahan sekitar kita mungkin memiliki manfaat unik. Seperti minyak goreng yang ternyata dapat menghilangkan goresan pada handphone. Bagaimana cara menghilangkan bekas goresan pada layar dengan minyak goreng? Yang dibutuhkan adalah minyak yang dioleskan ke kain halus atau kapas. Gosokkan melingkar pada layar handphone anda, maka goresan lama-lama akan menghilang. Yang perlu diperhatikan adalah, anda harus menggunakan minyak yang masih baru. Jangan menggunakan minyak bekas karena kotoran bisa menempel pada layar handphone dan bahkan meninggalkan goresan yang lain.

Selain itu, penggunaan minyak bekas membuat handphone anda berbau. Setelah selesai menggosok, usap layar handphone anda dengan tisu sehingga sisa minyak terangkat. Selain itu, ternyata kita dapat menghilangkan goresan pada casing handphone dengan minyak goreng

3. Bedak Bayi

Menggunakan bedak bayi untuk menghilangkan goresan mungkin menjadi cara yang disukai. Karena selain wangi, bedak bayi tidak membuat handphone anda kotor dan berbau. Ternyata selain untuk menghaluskan kulit, bedak bayi juga bisa untuk menghaluskan layar smartphone. Caranya yaitu, campur bedak bayi dengan sedikit air sehingga membentuk pasta kental. Usapkan pada kapas, dan gosok memutar pada layar yang tergores. Jika goresan sudah menghilang, usap kembali dengan sedikit air yang telah diteteskan ke lap kering.

4. Pasta Gigi

Peralatan yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari ini rupanya bisa menghilangkan goresan pada layar smartphone. Selain pasta gigi dapat membersihkan silikon handphone, pasta gigi juga dapat digunakan untuk menghilangkan goresan terutama yang berbentuk jel. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kapas dan kain lap kering.

Oleskan pasta gigi ke kain halus atau kapas, kemudian gosokkan kapas berpasta gigi tersebut ke layar smartphone anda secara merata. Usapkan dengan pola melingkar sehingga goresan bisa tersamarkan dan lama-lama hilang. Setelah mulai hilang, anda bisa menyeka smartphone anda dengan kain lap yang telah diberi sedikit air.

5. Kertas Amplas

Kerta amplas memang terkenal berfungsi menghaluskan mebel yang masih kasar. Ternyata kertas amplas juga mampu menghaluskan layar handphone yang tergores. Caranya sama seperti menghaluskan mebel. Hanya saja anda harus menggosokkannya dengan cara yang lebih lembut.


6. Soda Kue atau Baking Soda

Cara menghilangkan goresan pada layar handphone dengan soda kue sama persis dengan menggunakan bedak bayi. Campurlah bubuk soda kue dengan air sehingga membentuk pasta yang kental. Oleskan pasta ke kapas yang kemudian anda gunakan untuk menggosok layar handphone anda. Lama-kelamaan goresan di layar akan menghilang dengan mudah.

7. Pemoles Besi dan Kaca

Pemoles besi dan kaca yang dimaksud adalah bubuk kompon. Campur bubuk kompon dengan sedikit air sehingga berbentuk pasta. Oleskan pasta dengan kain fiber ke layar handphone anda. Pada saat menggosoknya, sering-seringlah memeriksa layar handphone anda agar tidak aus. Setelah selesai menggosok, laplah sisa adonan kompon dengan kain basah. Cara ini efektif untuk layar handphone yang terbuat dari kaca.

8. Putih Telur dan Tawas

Menggunakan putih telur dan tawas untuk menghilangkan goresan di layar handphone memang tidak sesimpel cara yang lain. Tapi cara ini dinilai termasuk paling ampuh untuk memusnahkan goresan di handphone. Caranya adalah :

  • campurkan adonan putih telur dengan satu sendok teh tawas ke dalam sebuah panci.
  • Panaskan campuran tersebut.
  • Masukkan kain fiber ke dalam adonan panas putih telur dan tawas tadi.
  • Kain fiber yang telah dimasukkan tadi kemudian dioven dengan panas 300 derajat celsius.
  • Pada saat mengovennya, kain fiber dibungkus alumunium foil agar kain tidak terbakar.
  • Setelah panas, keluarkan kain fiber dan bilas dengan air dingin selama 20 hingga 30 detik.
  • Kain fiber kini dapat anda gunakan untuk menggosok layar handphone yang tergores.

9. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah bahan yang populer untuk menghilangkan goresan pada handphone. Cara ini biasanya dipakai para pemilik counter handphone untuk mengkilapkan handphone-handphone bekas. Dengan beberapa tetes minyak kayu putih yang ditaruh di layar handphone, anda tinggal menggosoknya dengan kain lembut. Setelah beberapa lama, goresan akan hilang, tergantung seberapa parah goresannya. Cara ini termasuk cara yang paling efektif dan mudah. Selain itu, kita juga dapat membersihkan silikon handphone dengan minyak kayu putih.

10. Pelembab Wajah

Pelembab wajah ini berfungsi sama dengan minyak goreng. Dengan menambah kelembaban pada layar handphone, maka goresan layar handphone anda akan tersamarkan. Caranya dengan mengoleskan pelembab pada kapas atau kain halus. Gosokkan kain halus yang telah diberi pelembab hingga goresan hilang. Basuh layar handphone anda dengan kain basah. 


11. Penghapus

Mungkin anda tidak menyangka bahwa penghapus pensil bisa menghilangkan goresan pada layar handphone anda. Caranya sangat mudah. Yaitu, cukup gosokkan penghapus pensil pada layar handphone yang tergores. Ingat, anda harus menggosoknya dengan lembut. Maka lama-lama goresan di layar handphone anda dapat samar dan menghilang. Cara ini dilakukan jika goresan di handphone anda tergolong sangat kecil.

12. Hand Body Cream

Jika dilihat dari fungsinya untuk melembabkan, hand body dapat menghilangkan goresan sama seperti pelembab wajah. Banyak tukang servise handphone menggunakan cara ini karena hand body adalah bahan yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari dan memungkinkan dibawa kemanapun. Dengan mengoleskannya pada kapas, kemudian gosokkan kapas tadi ke layar yang tergores. Zat-zat kimia dalam hand body akan menutup goresan di layar handphone anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan goresan di tempered glass. Jika anda ingin melindungi dan menghilangkan layar handphone anda dari goresan, lebih baik anda memasang screenguard dengan bahan yang bagus, misalnya tempered glass. Tempered glass memiliki keunggulan yang tidak dimiliki bahan yang lain. Bahan ini akan melindungi layar handphone anda dengan baik. Bahkan sebelum layar handphone anda tergores, screenguard berbahan tempered glass mampu memecahkan diri layaknya kaca. Namun anda juga harus mempelajari cara merawat dan membersihkan tempered glass agar handphone anda juga semakin terjaga.

, , ,