20 Aplikasi Edit Foto Kekinian untuk Media Sosial

Zaman sekarang, rasanya jarang ada orang yang tidak membagikan foto-foto mengenai kehidupannya di dunia maya, khususnya media sosial. Untuk mempercantik tampilan fotonya, banyak orang yang mengedit fotonya. Mengedit foto pun kini tidak harus menggunakan perangkat komputer, hanya menggunakan smartphone pun hasilnya sudah cukup kok.

ads

Dukungan smartphone untuk mengedit foto ditunjukkan dengan banyaknya aplikasi edit foto yang bisa diinstal langsung melalui toko aplikasi dari masing-masing smartphone. Nah, apa aja sih aplikasi edit foto kekinian yang lagi hits di tahun 2018 ini? Mari kita simak daftarnya berikut ini.

1. Adobe Photoshop Lightroom

Aplikasi ini adalah aplikasi pengelola foto dan edit foto RAW yang memiliki kualitas yang lebih bagus. Itu mengapa, fungsi Photoshop Lightroom sangat bermanfaat untuk para profesional di bidang fotografi  untuk mempercantik fotonya. Fitur-fiturnya yang lengkap, semakin menambah nilai tambah dari aplikasi ini.

Beberapa fitur edit foto yang ada di aplikasi ini adalah, exposure foto, kontras, highlight, shadow pada foto, vibrance, hue, saturasi, Luminance. serta kurva Shadow dan Midtone.

2. Airbrush: Easy Photo Editor

Dengan menggunakan aplikasi ini, wajah yang kusam dan terdapat bintik bintik hitam pada foto dapat diatasi dengan mudah. Kan lumayan, wajah Anda bisa jadi lebih cantik atau ganteng saat difoto hehehe.

3. Adobe Photoshop Fix

Sat Anda menggunakan aplikasi ini, foto yang Anda hasilkan akan terlihat seperti dijepret menggunakan “kamera mahal”. Loh kok bisa? Karena foto Anda terlihat sangat tajam dan jernih saat diedit dengan aplikasi ini. Jadi, jika performa kamera smartphone Anda kurang maksimal, Anda bisa mengeditnya menggunakan aplikasi ini.

Perbedaan Adobe Photoshop Fix dengan Adobe Photoshop Lightroom adalah fitur-fitur yang disediakannya tidak terlalu banyak, mengingat aplikasi Fix diperuntukkan utuk editing foto yang “tidak terlalu serius”. Bagi Anda yang sudah sedikit mahir, aplikasi ini cocok untuk Anda.

 4. Adobe Photoshop Express

Loh kok ada lagi sih seri aplikasi Photoshop? Nah jika Photoshop Lightroom untuk kalangan profesional dan Photoshop Fix untuk kalangan sedikit mahir, untuk Photoshop Express ini lebih diperuntukkan untuk kalangan pemula. Hal tersebut terlihat dari fitur-fitur edit fotonya yang masih standar. Kelebihan dan kekurangan Photoshop dari masing-masing jenis bisa Anda rasakan sendiri setelah menginstalnya di smartphone Anda

Aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk Anda yang mengedit foto hanya untuk diposting di media sosial yang tidak memerlukan resolusi yang cukup besar. Oh iya, Anda juga bisa menambahkan stiker untuk menyemarakan tampilan foto Anda.


5. VSCO Cam

Aplikasi ini mempunyai banyak preset atau filter yang bisa Anda digunakan sesuai dengan selera tone warna yang Anda suka. Setelah menentukan preset yang dipilih, Anda bisa mengatur exposure, contrast, temperature, saturation, dan lainnya. Sayangnya, aplikasi ini memiliki satu kekurangan, yaitu banyak preset-preset bagus yang sifatnya berbayar. Tetapi, hal tersebut bisa diatasi dengan cara menginstal master file preset VSCO lengkap melalui komputer, baru kemudian dimasukkan ke smartphone.

6. Snapseed

Google pun tak mau kalah dalam merilis aplikasi edit foto kekinian. Mereka punya Snapseed. Kelebihan aplikasi ini adalah tampilannya yang simple dan mudah dalam pengoperasiannya. Anda cukup mengekspor file foto dari galeri, kemudian buatlah preset sendiri. Sehingga Anda tidak terpatok pada preset yang sudah jadi. Namun jika Anda malas mengedit lebih, aplikasi ini mempunyai beberapa preset yang bisa Anda pilih.

7. PicsArt

Fitur edit foto di aplikasi ini cukup beragam dan memiliki keunikan. Bahkan, Anda bisa menghasilkan foto seperti animasi yang terdapat di komik. Meskipun hasil foto yang terlihat akan kurang natural, namun setidaknya masih tetap terlihat menarik.

8. TinyPlanet FX

Ingin mencoba foto dengan mode yang berbeda? Mungkin Anda perlu mencoba Tiny Planet. Hasil editan foto pada aplikasi ini unik, karena aplikasi ini akan mengubah foto dengan format standar menjadi 360 derajat dan hasilnya akan tampak seperti foto yang dijepret dari langit. Penasaran? Instal aja di smartphone Anda.

9. Prisma

Aplikasi satu ini juga menghasilkan foto yang anti-mainstream. Tak sekadar mengubah warna, kontras maupun highlight, namun Anda juga bisa membuat foto Anda menyerupai lukisan. Hal tersebut karena aplikasi ini adlaah aplikasi pengolah foto atau penyunting gambar untuk menjadikannya terlihat seperti sebuah karya seni.

10. Afterlight

Afterlight merupakan aplikasi edit foto kekinian yang memiliki 59 pilihan filter dan 15 alat editing untuk menghasilkan foto yang menarik. Afterlight juga sering digunakan oleh selebgram untuk mengedit foto-fotonya untuk dipajang di media sosial Instagram.

Selain itu, di aplikasi ini juga terdapat 66 texture foto. Anda bisa membuat foto membentuk vertical, horizontal, dan lainnya dengan aplikasi ini. Anda pun dapat menambahkan frame dari total 77 frame yang tersedia di aplikasi ini. Cukup lengkap bukan?

11. PicMix

Aplikasi satu ini merupakan aplikasi edit foto paling populer yang banyak digunakan pengguna Android. Terdapat sejumlah fitur menarik yang diberikan oleh aplikasi ini dan tidak bisa ditemukan pada aplikasi sejenis lainnya. Seperti custom frames, fitur informasi tentang kontes foto kreatif,  stiker penghias foto, frame premium berbayar, dan lainnya.

12. Camly

Camly juga termasuk merupakan aplikasi edit foto kekinian yang terpopuler bagi pengguna Android. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang suka menambahkan stiker lucu pada fotomu. Bahkan, Anda juga bisa mengubah foto Anda menjadi cerita menarik seperti di negeri dongeng dengan banyaknya stiker yang tersedia di aplikasi ini.

13. Airbrush

Jika Anda sering mengedit foto selfie, aplikasi Airbrush bisa menjadi aplikasi edit foto yang cocok untuk Anda. Airbrush dapat membuat tampilan foto selfie Andamenjadi lebih sempurna. Dengan fitur Magic Brush, foto selfie Anda akan menjadi lebih keren dan kinclong dengan tools yang ga ribet saat digunakan.

14. Untold

Anda followersnya Fiersa Besari di Instagram? Mungkin Anda pernah melihat instastorynya yang keren karena memuat foto disertai quotes. Nah, untuk membuat gambar semacam itu, Anda bisa menggunakan aplikasi Untold. Cara menggunakannya gampang kok. Anda cukup menambahkan foto, lalu tulis quote kerennya, dan posting deh di instastory Instagram Anda. Namun, sebelumnya Anda harus mengedit fotonya dulu di aplikasi edit foto lainnya sebelum dimasukkan ke aplikasi ini.

15. PicSay – Photo Editor

PicSay – Photo Editor adalah aplikasi pengolah atau penyunting foto dan gambar yang tersedia di Android, di mana aplikasi ini menyediakan beragam fitur menarik yang bisa Anda gunakan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat foto Up and Up dengan beragam stok foto Up and Up yang banyak tersedia di internet.

16. SuperPhoto – Effects & Filters

Sesuai namanya, aplikasi ini memang super kok. Buktinya, aplikasi ini menyediakan lebih dari 200 efek filter tersedia secara gratis. Selain itu, terdapat fitur standar edit foto yang bisa Anda kombinasikan dengan filter yang tersedia.

17. LemoCam

Aplikasi berlogo kucing ini pernah menduduki peringkat kedua aplikasi terpopuler di Play Store. Pantas saja, di aplikasi ini banyak filter yang tersedia untuk membuat foto menjadi lebih trendi dan mewah. Anda juga dapat membuat kolase dari beberapa foto sekaligus untuk dibagikan di media sosial yang Anda punya.

18. Camera 360

Aplikasi ini juga tak kalah populer dengan aplikasi LemoCam. Menariknya, Anda dapat mengedit foto yang diambil dari video, bisa menambahkan stiker lucu, atau membuat foto Anda seolah-olah menempel pada gelas dan masih banyak filter lain yang tinggal Anda pakai. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah adanya filter Augmented Reality (AR) untuk membuat sticker 3D.

19. B612 – Beauty & Filter Camera

Aplikasi satu ini bisa dibilang sebagai aplikasi fenomenal dan sudah terkenal di kalangan remaja yang suka mengedit fotonya sebelum diupload di media sosial. Aplikasi ini memiliki banyak stiker dengan fitur pengenalan wajah. Selain itu, ada juga filter untuk memperhalus, mempercantik muka, dan filter lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat foto Anda menjadi lebih kekinian.


Selain itu aplikasi ini memiliki stiker Augmented Reality (AR), sebuah teknologi terbaru di bidang kecerdasan buatan, dimana Anda bisa membuat stiker tiga dimensi. Itu mengapa, aplikasi ini juga termasuk aplikasi membuat sticker dari foto Anda di HP.

20. Beauty Plus

Bagi Anda yang suka selfie dan berbagi foto di media sosial, Anda wajib banget untuk instal aplikasi satu ini. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menghilangkan jerawat, membesarkan mata, bahkan sampai dengan memutihkan gigi pada hasil foto Anda. Selain itu, aplikasi ini juga bisa merekam video dengan stiker yang bergerak-gerak sesuai ekspresi wajah Anda. Selain itu, Anda bisa memperbaiki foto yang kurang bagus dan menambahkan frame menarik untuk dibagikan di media sosial Anda.

Gimana, tertarik untuk menginstal salah satu aplikasi edit foto kekinian yang telah kami sebutkan di atas? Daripada penasaran, mending download dan instal aja di smartphone Anda. Jika Anda pengguna Android, pastikan Anda telah melakukan cara mengaktifkan Play Store. Sekian informasi dari kami. Jika Anda butuh aplikasi edit foto kekinian di Instagram, Anda bisa melihat daftar aplikasi edit video Android untuk Instagram yang pernah kami tulis di situs ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Software